Cara Membuat Kincir Angin Origami Unik dan Menarik dengan Mudah!

Reporter : Nasa
Selasa, 19 Oktober 2021 10:24
Cara Membuat Kincir Angin Origami Unik dan Menarik dengan Mudah!
Yuk simak cara membuat kincir angin unik dan menarik berikut ini yang bisa mengasah kreativitasmu..

Cara membuat kincir angin origami yang unik dan menarik bisa kamu lakukan dengan mudah, dan tentunya bisa meningkatkan kreativitasmu. Kincir angin origami sendiri memiliki beragam kegunaan dan juga manfaat.

Kincir angin origami umumnya terbuat dari kertas warna-warni dengan warna yang menarik. Meski seringkali dianggap sebagai mainan atau bahan pembelajaran anak, kincir angin origami juga bisa loh dimanfaatkan untuk kreatifitas orang dewasa.

Menurut info yang dihimpun dari berbagai sumber, kincir angin merupakan benda berbentuk baling-baling yang bergerak karena dorongan angin. Di Belanda, kincir angin digunakan sebagai salah satu sumber energi pembangkit listri.

Lebih lanjut, kincir angin juga bisa dijadikan sebagai ornamen hiasan ruangan yang membuat suasana di sekitarmu jadi lebih berwarna dan menyenangkan. Kamu juga bisa meletakkannya di sudut dengan sirkulasi udara baik sehingga bisa membuat kincir angin berputar.

Nah ini dia cara membuat kincir angin origami menarik yang mudah dan bisa kamu buat sendiri di rumah :

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Kincir Angin Origami (Alat & Bahan)

Cara Membuat Kincir Angin © Diadona

Untuk membuat kincir angin dari origami sendiri membutuhkan sejumlah alat dan bahan yang cukup mudah di dapat. Penting untuk diperhatikan, bahwa cara membuat kincir angin ini membutuhkan ketelitian yang cukup.

Oleh karenanya, sediakan alat dan bahan yang tepat dengan baik ya. Lebih lanjut, untuk anak kecil sebaiknya selalu didampingi oleh orang dewasa ya. Karena proses pembuatan kincir angin ini menggunakan sejulah alat tajam.

Bahan dan Alat Pembuatan Kincir Angin Origami :

  • Kertas Origami
  • Penggaris
  • Pensil atau pulpen
  • Pewarna untuk kertas seperti spidol, krayon, atau cat
  • Lem kertas
  • Jarum pentul
  • Tongkat kayu kecil

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Kincir Angin Origami (Membuat Pola Gambar)

Cara Membuat Kincir Angin (Menggambar Pola) © Diadona

Membuat kincir angin origami yang unik dan menarik bisa kamu lakukan dengan tahap-tahapan berikut ini. Cara membuat kincir angin origami berikut ini bisa kamu sesuaikan dengan kreatifitasmu.

Ini dia cara membuat kincir angin origami yang unik dan menarik :

  1. Buat pola persegi yang memiliki ukuran 17,5 x 17,5 cm dengan menggunakan penggaris di sebuah kertas yang kosong. Garis kertas tersebut menggunakan pensil, lalu gunting kertas mengikuti garis sesuai pola yang telah dibuat.
  2. Gambar empat persegi pada kertas yang sudah dipotong ukurannya menjadi 17,5 x 17,5 cm. Gunakan penggaris untuk membagi wilayah kertas dengan area yang tepat. Bagian tengah kertas harus berada pata titik 8,75 cm.
  3. Gunakan pensil untuk membuat garis lipat ini, tujuannya agar tidak meninggalkan bekas goresan yang susah untuk dihapus. Warnai keempat bidang yang telah dibagi tadi dengan cat atau bisa juga menggunakan kertas warna lain dengan cara menempelkan kertas warna tersebut dengan menggunakan lem.
  4. Usahan keempat bidang tersebut menggunakan warna yang berbeda, ya. Selain menggunakan kertas warna, kamu juga bisa menggunakan lapisan alumunium, sehingga kincir angin tampak berkilau saat terkena pancaran sinar.
  5. Tunggu kertas yang diwarnai tadi mengering sempurna, agar saat dilipat kertas tidak mudah robek.
  6. Kalau kertas yang diberi warna tadi sudah selesai, selanjutnya membuat garis diagonal dari setiap sudut kertas menuju pada bagian tengah. Buatlah garis secara mirip antar sudut kertas dengan melewati bagian tengah sampai mencapai sudut yang berlawanan.
  7. Buatlah gambar garis di setiap sudut kertas hingga ke jarak 3 cm dari titik tengah. Ulangi proses ini pada setiap sudut yang ada, sehingga pada kertas terdapat 4 garis yang terpusat pada titik tengah.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Kincir Angin Origami (Menggunting Pola dan Melipat)

Cara Membuat Kincir Angin (Menggunting dan Melipat) © Diadona

Proses selanjutnya adalah dengan mulai menggunting dengan pedoman pola gambar yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk proses kali ini sebaiknya dilakukan dengan berhati-hati ya, karena menggunakan benda tajam.

Ini dia cara membuat kincir angin tahap menggunting pola dan melipat :

  1. Gunting kertas mengikuti garis yang telah dibuat tadi, jangan mengguntingnya terlalu panjang. Sisakan jarak sekitar 3 cm dari titik tengah. Setelah itu berikan label di setiap garis misalnya, A, B, C, dan D. Setiap potongan segitiga memiliki satu huruf sebagai tanda.
  2. Menambahkan tiang untuk kincir angin
  3. Setelah itu lipat kertas pada sisi yang sudah diberi tanda A, B, C, dan D tadi ke tengah persegi. Gunakan jari kamu untuk menahan lipatan, setelah itu masukkan jarum pentul tepat di pusat lipatan A, B, C, dan D semuanya bertumpuk menjadi satu. Kemudian pasang sebuah manik kecil pada ujung jarum yang tajam.
  4. Setelah itu letakkan kincir yang sudah jadi, lalu ambil tiang kayu kecil yang telah kamu siapkan. Basahi kayu dengan menggunakan air, lalu tekan jarum pada kayu tadi sampai menancap. Pastikan jarum menancap pada kayu dengan kuat.
  5. Sekarang, kincir angin kertas sudah jadi dan siap untuk dimainkan atau dijadikan dekorasi di rumah.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Kincir Angin dari Botol Bekas

Cara Membuat Kincir Angin dari Botol Bekas © Diadona

Selain  menggunakan bahan kertas atau origami, kincir angin juga bisa dibuat dengan bahan lain loh. Salah satunya adalah dari botol bekas. Kincir angin dengan botol bekas tak hanya bisa mengasah kreatifitas namun juga baik untuk lingkungan :

Ini dia alat, bahan dan cara pembuatan kincir angin yang terbuat dari botol bekas :

Alat dan bahan:

  • Tutup botol plastik
  • Sedotan plastik
  • Batang lidi
  • Kardus bekas
  • Lakban
  • Gunting
  • Steples

Cara Membuat Kincir Angin dari Plastik Bekas:

  • Membuat bagian kincir angin
  • Ambil tutup botol bekas yang telah disiapkan tadi. Kemudian potong pinggirannya menjadi empat bagian, sampai menjadi nampak mekar pada tutup botolnya.
  • Kemudian ambil kardus bekas, buatlah pola baling-baling. Buatlah baling yang aerodinamis agar memudahkan kincir berputar dengan cepat. Jangan lupa untuk mengukur bagian bawah baling dengan tutup botol, ya.
  • Setelah menggambar pola, gunting atau potong pola tersebut. Lalu cetak tiga baling lainnya pada kardus dan potong dengan cara yang sama. Setelah baling-baling selesai dibuat, beri lubang pada bagian tengah tutup botol yang sudah dipotong tadi.
  • Kamu bisa menggunakan kunting atau benda tajam lainnya untuk memberi lubang pada tutup botol. Setelah itu pasang baling-baling yang sudah dibuat tadi ke tutup botol. Gunakan steples untuk merekatkannya.
  • Pasang Baling-baling pada lidi
  • Masukkan batang lidi yang sudah disiapkan tadi ke lubang tengah tutup botol. Agar tidak lepas, kamu tambahkan lakban pada bagian depan kincir anginnya.
  • Masukkan sedotan ke lidi tadi. Lalu tambahkan ikatan karet pada bagian ujungnya agar kincir tidak jatuh dari sedotan. Kamu juga bisa memberikan warna pada kincir angin tersebut sesuai dengan selera, ya.
  • Kincir angin dari bahan sampah plastik sudah selesai. Kamu bisa bermain dengan kincir angin buatan sendiri. Selain cara membuatnya yang mudah, di sini kamu juga turut menjaga lingkungan karena telah memanfaatkan bahan-bahan untuk dijadikan benda bermanfaat.

Nah itu dia cara membuat kincir angin sesuai dengan tahapan-tahapannya. Cukup mudah kan? Selamat mencoba ya!

Beri Komentar