Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami yang Mudah dan Praktis untuk Dekorasi Ruang di Rumah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 24 Juli 2020 12:29
Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami yang Mudah dan Praktis untuk Dekorasi Ruang di Rumah
Membuat hiasan rumah ternyata cukup belajar dengan cara membuat bunga dari kertas origami lho.

Kamu masih ingat nggak, saat TK sampai SD belajar tentang seni melipat kertas atau origami? Yaps, seni tradisional yang sudah ada sejak dulu di Jepang, saat ini pun masih digeluti oleh masyarakat Indonesia lho.

Meski terlihat sepele, namun kesenian melipat kertas atau origami ini sangat bermanfaat untuk hiasan di rumah, apalagi kalau kamu suka dengan kerajinan tangan. Salah satu yang bisa kamu hasilkan dari kerajinan ini ialah cara membuat bunga dari kertas origami.

Penasaran kan bagaimana hasil akhir dari seni tangan yang satu ini? Langsung saja simak ulasan berikut tentang cara membuat bunga dari kertas origami yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Bunga Sakura dari Kertas Origami

Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami © Diadona

Seperti yang diketahui bunga sakura merupakan bunga yang berasal dari Jepang, yang terkenal akan kecantikan serta keindahannya. Mengingat bunga sakura sendiri selalu hadir dengan warna dan tampilan indah dan cantik, lalu bagaimana kalau bunga sakura tersebut kamu buat dari kerrtas origami?

Nah, bagi kamu yang tertarik cara membuat bunga sakura dari kertas origami, langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

- Langkah pertama cara membuat bunga dari kertas origami adalah siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, seperti kertas origami, gunting, dan lem.

- Setelah itu, lipatlah kertas origami menjadi dua bagian, kemudian lipat salah satu sudut bawah kertas untuk membuat segitiga. Ulangi langkah ini untuk bagian belakang kertas origami yang dilipat, hal ini nantinya akan menjadi kelopak bunga sakura.

- Kalau semuanya sudah dilipat, cara membuat bunga dari kertas origami berikutnya ialah potong segitiga kecil melalui semua lipatan yang sudah dibuat sebelumnya, dan simpan potongan segitiga kecil untuk membuat origami bunga sakura selanjutnya.

- Kemudian beri lem pada salah satu sisi dan rekatkan kedua sisi tersebut yang nantinya akan berbentuk contong es krim, lalu ambilah satu kelopak dan tempelkan dengan lem. Lakukan hal ini sampai menjadi 5 kelopak dan menjadi satu kesatuan.

- Terakhir, cara membuat bunga dari kertas origami ialah satukan kelopak bunga sakura tersbut dengan menekannya secara bersama-sama. Selesai, cantik kan?

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Origami

Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami © Diadona

Kalau pecinta dunia kesenian, tentu tak pernah berhenti berkreativitas untuk menghasilkan karya seni lainnya, apalagi kalau membuat kerajinan dari kertas origami.

Selain bentuk pesawat, ternyata kamu juga bisa mempelajari cara membuat bunga dari kertas origami lho, salah satunya adalah berbentuk bunga mawar.

Namun, sebelum pada tahap cara membuat bunga bawar dari kertas origami, adapun peralatan yang perlu kamu siapkan adalah kertas origami yang berukuran 20 cm x 20 cm.

- Kalau sudah, kamu bisa memberikan garis pada kertas menjadi 16 kotak dan beri tanda pada empat kotak di tengah-tengah agar saat melipat menjadi lebih mudah.

- Selanjutnya, buka lipatan tersebut dan ambilah sudut kanan lalu lipat secara diagonal, yang nantinya akan bertemu pada lipatan di atas. Ulangi proses ini pada ke-empat sisi lainnya.

- Terakhir, cara membuat bunga dari kertas origami adalah membuat lipatan lain pada tiap diagonal dengan lipatan bawah pada empat sudut lainnya. Selesai.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Bunga Kusudama dari Kertas Origami

Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami © Diadona

Selain bentuk bunga mawar dan sakura, ternyata cara membuat bunga dari kertas origami juga bisa menghasilkan sebuah bunga kusudama lho.

Penasaran kan bagaimana cara membuat bunga kusudama dari kertas origami? Langsung siapkan bahanya-bahan-bahannya terlebih dahulu, seperti gunting, lem uhu, dan kertas origami.

- Langkah pertama cara membuat bunga dari kertas origami adalah lipat kertas persegi di bagian diagonalnya, lalu bentuk kertas tadi menjadi segitiga, dan lipat sudut-sudut pojok bawah segitiga hingga titik puncak segitiga.

- Kalau sudah dilipat, buka lipatan kertas yang barusan kemudian lipat menjadi setengah segitiga. Ohya, pastikan lipatan tidak lebih dari sisi persegi yang dibawah ya.

- Selanjutnya, buka salah satu lipatan segitiga barusan dengan cara masukkan jari disalah satu segitiga lalu ratakan. Lakukan hal ini untuk segitiga satunya.

- Kemudian, cara membuat bunga dari kertas origami ialah dengan melipat bagian segitiga yang melebihi persegi, yang dibawah ke arah dalam hingga bagian segitiga yang putih tertutup dan lem pada salah satu bagian segitiga yang dilipat kemudian lekatkan.

- Lakukan hal diatas sampai menjadi 5 kelopak, lalu lem disisi kelopak bunga dan tempelkan pada kelopak bunga yang lain. Tara! Cantik, kan?

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami yang Mudah

Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami © Diadona

Cara membuat bunga dari kertas origami ternyata tidak membutuhkan keahlian khusus lho, pasalnya peralatan dan bahan-bahan yang digunakan pun mudah ditemui di lingkungan sekitarmu.

Untuk itu, berikut cara membuat bunga dari kertas origami yang mudah dipraktikkan di rumah:

- Langkah pertama pada cara membuat bunga dari kertas origami ialah siapkan kertas origami berukuran sedang dengan warna kuning, merah, pink, hijau dan ungu.

- Selanjutnya, karena masing-masing kelopak akan ada dua lapisan, yakni bagian depan berukuran kecil dan bagian belakang berukuran besar, usahakan warna dari masing-masing lipatan itu berbeda dan bagi menjadi empat kelopak atau lima kelopak.

- Cara membuat bunga dari kertas origami berikutnya ialah dengan menyatukan bunga berukuran kecil dan  berukuran besar dengan posisi bunga kecil ada di depan sedangkan bunga besar ada di belakang.

- Setelah itu sediakan tangkai dan masukkan ke bagian tengah bunga. Jangan lupa lapisi tangkai dengan selotip warna atau kertas warna agar terlihat lebih menarik. Selesai, mudah bukan?

Itulah cara membuat bunga dari kertas origami yang mudah dan praktis, sehingga bisa kamu coba di rumah saat weekend. Semoga berhasil!

Beri Komentar