Cara Membuat Origami Burung, Kupu-Kupu dan Bunga, untuk Hiasan Dinding di Rumah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 22 Juli 2020 10:04
Cara Membuat Origami Burung, Kupu-Kupu dan Bunga, untuk Hiasan Dinding di Rumah
Cara membuat origami saat ini masih sering dijumpai saat si Kecil belajar di Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.

Saat duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kamu pasti pernah kan belajar tentang cara membuat origami? Yaps, origami merupakan seni lipat kertas untuk mencipatkan berbagai bentuk menarik.

Selain itu, kertas jenis ini juga sangat mudah dikreasikan dalam beragam bentuk benda dan sebagai media bermain yang seru. Selain hasilnya untuk hiasan ruangan belajar atau kamar tidur, seni melipat kertas origami pun juga bisa melatih kecerdasan anak lho.

Nah, kalau kamu sudah kehabisan akal untuk mengisi kegiataan saat weekend di rumah bersama keluarga, berikut cara membuat origami yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Origami Burung

Cara Membuat Origami Burung © Diadona

Kamu pasti pernah melakukan praktek kerajinan tangan cara membuat origami waktu sekolah? Nah, sekarang kamu bisa memanfaatkan teknik tersebut sebagai hiasan dinding kamar. Tapi, kalau kamu lupa membuatnya, berikut tutorial cara membuat origami burung yang bisa kamu ikuti:

1. Cara membuat origami burung yang pertama ialah, siapkan kertas origami warna-warni, lalu bentuk kertas tersebut menjadi segitiga dengan sisi yang berwarna berada di dalam lipatan.

2. Kemudian tarik satu sisi kertas dan lipat ke bagian bawah, dan tarik ujung atas lalu lipat ke belakang.

3. Lipat terbalik bagian luar origami dan tarik lagi bagian bawah kertas ke depan serta belakang, lalu tarik ke bawah bagian atas kertas.

4. Selanjutnya, buat bentuk kepala burung dengan teknik lipatan ke dalam, dan bagian kiri lipat ke dalam, serta buat bagian ekornya dengan teknik lipatan keluar, burung camar pun siap.

Kalau sudah jangan lupa siapkan benang dan jarum untuk menggantung hiasan tersebut di area dinding kamarmu. Begitulah cara membuat origami yang berbentuk burung.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami

Cara Membuat Origami Burung © Diadona

Selain berbentuk burung, berikut ialah cara membuat bunga dari kertas origami yang bisa kamu coba di rumah yang hanya perlu menyiapkan kertas origami, seloptip, dan gunting.

1. Ambil kertas origami ukuran 6x6 dengan corak menghadap ke atas, lalu lipat seara diagonal dalam kedua arah. Pastikan lipatan tersebut membentuk 'X'.

2. Cara membuat origami selanjutnya ialah balik kertas tersebut dan lipat dari kiri ke kanan lalu buka kembali. Kemudian lipat dari atas turun ke bawah, yang nantinya kertasmu akan berbentuk persegi panjang.

3. Dengan sayap terbuka di dasar, dorong dengan  lembut ujung kiri atas dan kanan atas dari kertas, sehingga lipatan di tengah kertas akan terangkat, serta keempat sudut akan bertemu di dasar.

4. Setelah itu kertasmu akan berbentuk wajik persegi, dan ratakan sampai satu sayap atas di sisi kiri dan satu sayap atas di sisi kanan.

5. Putar wajik 180 derajat, hingga sayap yang terbuka ada di atas, kemudian lipat bagian bawah kiri dan bawah kanan dari wajik menuju lipatan tengah untuk membentuk lipatan seperti laying-layang.

6. Balikkan wajik ke sisi belakang, dan ulangi lipatan yang kamu buat pada sisi depan, lalu buka daun bunga dengan pegang ujung atas dari laying-layang.

7. Cara membuat origami selanjutnya dengam tarik dan lipat ke bawah kira-kita ¾ dari jarak ke bawah layang-layang sampai membentuk lipatan kuat.

8. Gunakan gunting untuk membuat bergerigi pinggir agar menjadi bunga pansy.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kupu Kupu dari Kertas Origami

Cara Membuat Origami Burung © Diadona

Untuk yang pertama, kali ini akan membahas tentang cara membuat origami dengan bentuk kupu-kupu. Adapun bahan yang perlu dipersiapkan ialah satu lembar kertas persegi berwarna solid untuk setiap kupu-kupu origami, atau bisa menggunakan jenis kertas lain, seperti koran dan kertas kado.

Cara membuat origami bentuk kupu-kupu:

1. Lipat kertas menjadi dua bagian sama besar secara horizontal, lalu buka kertas dan lipat lagi menjadi dua bagian sama besar secara horizontal pada sisi berlawanan.

2. Buka dan lipat sepanjang kedua diagonal untuk membuat dua lipatan segitiga lagi. Kemudian, buka lagi dan lipat sepanjang diagonal pada sisi berlawanan dan membentuk segitiga.

3. Lipat kertas mengikuti garis lipatan membentuk segitiga yang lebih kecil, dengan melipat kertas secara horizontal untuk membentuk persegi panjang. Selanjutnya, masukkan sisi kiri dan kanan kertas hingga membentuk segitiga, serta satukan lipatan kiri dan kanan untuk membentuk segitiga yang simetris.

4. Cara membuat origami dengan bentuk kupu-kupu selanjutnya, ialah lipat ke atas bagian ujung kanan segitiga dan lakukan hal yang sama pada ujung kiri, agar membentuk belah ketupat pada bagian depan.

5. Kemudian balik kertas menjadi bentuk segitiga terbalik dan lipat bagian bawah melewati tepi atas sehingga ujung segitiga memanjang di atas.

6. Kalau kamu menggunakan sesuatu yang lebih tebal dari kertas origami, kamu bisa menggunakan sedikit lem untuk menahan lipatan tersebut.

7. Terakhir, lipat kupu-kupu menjadi dua untuk membantu membentuknya.

Bagaimana? mudah bukan? cara membuat kupu-kupu dari kertas origami untuk anak tidaklah rumit, dengan begitu hal inibisa dilakukan siapa saja termasuk anak kecil.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas Origami

Cara Membuat Origami Burung © Diadona

Bagi sebagian orang, menghias dinding ialah aktivitas yang sangat menyenangkan. Sebab, dinding yang telah dihias tentu akan terlihat lebih indah, apalagi menghias dengan cara membuat origami.

Selain lebih murah, cara membuat hiasan dinding dari kertas origami juga mudah dibuatm karena bahan-bahannya pun cukup sederhana, seperti kertas origami, gunting, lem, atau bahan lainnya yang sering kamu temukan di rumah.

Oleh sebab itu, berikut cara membuat origami untuk hiasan dinding yang indah, mudah, dan murah.

1. Cara Membuat Origami untuk Dinding yang Berbentuk Kipas

Ornamen kipas ternyata juga bisa memberikan efek ilusi yang cantik pada permukaan dinding dan ruang kamarmu lho guys. Selain itu cara membuat origami untuk hiasan dinding memang susah-susah gampang, untuk memudahkanmu membuatnya, berikut langkah-langkahnya:

5 dari 5 halaman

1. Siapkan kertas origami warna—warni dengan permukaan mengkilat, gunting, dan lem. Lalu, lipat kertas origami ke depan dan belakang hingga membentuk kipas memanjang.

2. Setelah itu gunting miring bagian ujung kertas sampai membentuk pola bergelombang, dan tekuk bagian tengahnya hingga menyatu dengan bagian ujung kertas.

3. Jangan lupa beri lem pada bagian tengahnya supaya pola kipas bulat terbentuk, dan gabungkan kipas-kipas tersebut hingga menjadi satu bagian utuh.

Kalau mau lebih menarik lagi, kamu bisa melubangi bagian tengahnya dengan jarum dan benang. Sambungkan satu ornamen dengan ornamen lainnya, lalu gantung di area yang kamu suka.

Itulah cara membuat origami dengan berbagai bentuk untuk hiasan dinding di rumah yang bisa dicoba saat weekend. Selamat mencoba!

Beri Komentar