Cara Membuat Artikel Ilmiah yang Baik dan Benar untuk Tugas Kuliah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 25 Juli 2020 10:16
Cara Membuat Artikel Ilmiah yang Baik dan Benar untuk Tugas Kuliah
Inilah cara membuat artikel yang menarik untuk pelajar ataupun mahasiswa sebagai tugas kuliah.

Pada umumnya, cara membuat artikel yang menarik itu ngga sesulit apa yang kamu bayangkan. Hanya saja butuh effort, seperti pekerjaan-pekerjaan pada umumnya.

Artikel sendiri merupakan karangan pendek yang berisikan 300 sampai 1.000 kata, yang membahas tema tertentu untuk menyampaikan sebuah pikiran terhadap sebuah fakta, konsep ataupun pendapat tertentu.

Bagi sebagian orang, cara membuat artikel itu mudah, karena mereka hanya tinggal menuangkan pada isi kepalanya dalam sebuah tulisan. Tapi, tak sedikit juga yang mengalami kesulitan saat menulis artikel, apalagi sebagai karya ilmiah untuk tugas kuliah.

Nah, untuk mengasah hal tersebut, langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara membuat artikel yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Artikel Ilmiah

Cara Membuat Artikel © Diadona

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, tugasnya tentu tidak pernah lepas dari yang namanya artikel. Hal ini disebabkan untuk membiasakan seseorang dalam menulis karya ilmiah, skripis, ataupun cara membuat artikel lainnya.

Oleh karena itu, supaya kamu bisa mengerti cara membuat artikel ilmiah, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Tentukan Tema

Hal yang harus diperhatikan pada saat cara membuat artikel adalah tema tulisan kamu harus spesifik. Artinya, kalau tema yang kamu miliki semakin spesifik, maka semakin menarik juga minat baca orang atas tugas yang kamu miliki.

Sebab, kebanyakan artikel, apalagi artikel jenis deskripsi dan narasi, tak sediikit yang menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan tersirat.

2. Rumuskan ide pokok atau masalah

Setelah menentukan tema, cara membuat artikel ilmiah ialah harus merumuskan ide pokok di setiap paragraf. Misalnya, kamu ingin menerangkan masalah di paragraf pertama, maka contoh masalah ada di paragraf kedua, penyebab di paragraf ketiga, dampak di paragraf empat, serta solusi di paragraf lima.

3. Buatlah Kesimpulan

Pada langkah yang satu ini, jangan sampai kamu lupa mencantumkan dalam pembahasan yang kamu tulis disebuah artikel, yakni kesimpulan.

Dari ketiga point tersebut, namun hal yang tak boleh terlewatkan saat membuat artikel ialah harus terdiri dari unsur 5W+1H, sesuai fakta, dan jangan menyinggung personal atau kelompok.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar

Cara Membuat Artikel © Diadona

Kalau kamu sebagai salah satu orang yang suka menulis, tentu kamu terus mencari referensi-referensi yang cukup baik untuk dijadikan panduan dalam membuat artikel yang baik dan benar. Ya, kan?

Oleh karena itu, yuk kita belajar bersama-sama menciptakan konten yang berkualitas dan memberi manfaat, dengan belajar cara membuat artikel yang baik dan benar seperti berikut ini.

1. Minimalkan Jarak Antara Pembaca dengan Cerita di Paragraf Pertama

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa paragraf pertama dalam sebuah artikel ternyata mempengaruhi sikap pembaca dalam membaca sebuah tulisan.

Berikut, cara membuat artikel yang baik dan benar ialah cukup tulislah paragraf pembuka yang singkat dan to the point.

2. Persingkat Sebuah Paragraf

Menyingkat sebuah paragraf memang sebuah tantangan tersendiri, namun hal ini memiliki tujuan kepada pembaca akan tetap bisa terus menyimak paragraf demi paragraf tanpa merasa kelelahan.

Kalau hal ini sulit menurut kamu, adapun caranya ialah hanya dengan memberikan ruang kosong dengan potong beberapa paragraf menjadi beberapa kalimat saja.

3. Buatlah Artikel dengan Singkat Namun Tetap Manis

Sebenarnya untuk menjadikan sebuah artikel yang baik dan benar, kamu hanya membutuhkan kalimat-kalimat efektif, dan bukan kalimat yang bersayap atau bertele-tele.

Artikel yang manis sendiri berarti bahwa artikel tersebut memiliki kesan dan tetap layak untuk dibagikan pada orang lain.

4. Berikan Isi yang Bernilai

Sering kali kita menemukan sebuah artikel yang tidak ada maknanya sama sekali alias hanya fokus pada viewer atau lalu lintas situs saja.

Oleh sebab itu, jangan pernah menulis artikel hanya sebuah konten. Tapi, tulislah artikel demi sebuah makna dan pemahaman.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Artikel yang Menarik

Cara Membuat Artikel © Diadona

Mungkin bagi para pelaku media online, seperti blogger ataupun praktisi SEO, cara membuat artikel ialah makanan sehari-harinya. Namun, lain halnya bagi pemula, hal ini tentunya akan membuatnya merasa pusing tujuh keliling.

Padahal sebenarnya cara membuat artikel yang menarik tidak memilik banyak aturan, sebab meskipun kamu punya gaya menulis bebas, gaya kupu-kupu, agak nyastra, semuanya boleh asal well written. Untuk itu, berikut cara membuat artikel yang menarik ialah:

1. Riset dan Membuat Kerangka Artikel

Jadi, sebelum kamu mulai menulis artikel, tentukan dulu kamu mau nulis topik apa, karena semakin detail, nantinya tulisanmu juga makin bagus.

Sembari menggali topik terbaik, sekalian aja kamu bikin kerangka artikel ya, guys. Dengan begitu, proses menulismu akan lebih mudah, komplet, dan mengalir.

2. Siapkan Data Pendukung Artikel

Sebelum menulis artikel sebanyak mungkin, salah satu yang harus diperhatikan saat membuat artikel adalah kamu harus menyiapkan data pendukungnya terlebih dahulu.

3. Paragraf yang Singkat Namun Padat

Perlu kamu catat garis bawahi, meskipun menulis artikel membutuhkan imajinasi, bukan berarti kamu akan menulis paragraf panjang layaknya novel ya.

Untuk itu, cara membuat artikel sebaiknya satu paragraf berisi 3-5 baris tulisan dan tidak lebih dari 5 kalimat.

4. Best Fonts to Catch Reader’s Attention

Udah menarik belum nama subjudulnya? Yah, mungkin kamu udah paham banget poin ini, tapi gak ada salahnya kalau di kupas.

Bagi sebagian orang mungkin kegiatan eksplorasi, font baru dalam sebuah tulisan menjadi kegiatan menyenangkan, tapi mungkin tidak untuk pembaca. Sebab, ada font-font tertentu dalam penulisan yang memang sudah menjadi standar baku untuk memudahkan orang saat membaca sebuah tulisan.

5. Judul yang Nampol

Pada saat membuat artikel yang menarik, maka judul yang kamu pakai pun harus menarik juga. Sebab, hal ini akan membuat calon pembaca mau ngeklik dan membaca. Buat apa artikel sempurna, tapi kalau tidak ada yang baca?

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Artikel untuk Tugas Kuliah

Cara Membuat Artikel © Diadona

Menulis artikel untuk tugas kuliah memang berbeda dengan artikel pada umumnya, Sebab, artikel yang dibuat mahasiswa untuk tugas kuliah biasanya bersifat ilmiah.

Dengan kata lain, cara membuat artikel untuk tugas kuliah harus dipahami secara serius guna memenuhi penilaian dari dosen. Berikut langkah-langkah dalam penulisan artikel untuk tugas ialah:

1. Mempelajari Jenis Artikel yang Akan Ditulis

Saat menulis artikel sebagai tugas kuliah, maka kamu harus paham dengan jenis artikel yang akan kamu tulis. Sebab, setiap tulisan mempunyai tipe dan karakteristik yang berbeda.

2. ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi)

Sebagai seorang pelajar yang memiliki tugas membuat artikel, maka kamu harus melakukan penelitian terlenih dahulu untuk memperkaya diri dengan berbagai referensi yang up to date. Kalau sudah, temukan polanya dan modifikasi dengan riset supaya dipandang sebagai tulisan yang akurat.

3. Kroscek Data yang Digunakan

Untuk membuat artikel sebagai tugas kuliah, maka referensi yang kamu rujuk perlu memenuhi kaidah akademik. Seperti adanya pembanding, pengulangan, dan meliputi kentetuan statistik.

4. Memastikan Tak Ada Masalah Kepemilikan Hak Cipta

Kasus plagiasi (plagiat di sebuah kampus, saat ini pun masih sering ditemui. Sebab, beberapa mahasiswa suka mencari data dari internet dan menyalinnya tanpa penyaringan.

Sehingga, untuk menghindari hal tersebut, pastikan rujukan atau referensi yang kamu gunakan memang ditulis oleh penulisnya dan bukan hasil jiplakan.

5. Dokumentasi atau Foto Penunjang Lainnya

Agar dosen-dosenmu semakin percaya dengan tugas yang telah kamu kerjakan, maka kamu juga harus melampirkan dokumentasi atau foto penunjang lainnya.

Itulah cara membuat artikel yang baik dan benar agar terlihat lebih menarik dimata pembaca. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar