8 Ciri-Ciri Teks Deskripsi secara Umum, Kebahasaan dan Cara Menentukan Isi serta Tujuan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 5 Februari 2021 15:21
8 Ciri-Ciri Teks Deskripsi secara Umum, Kebahasaan dan Cara Menentukan Isi serta Tujuan
Ciri-ciri teks deskripsi yang paling umum yaitu bisa menjelaskan sesuatu hal secara detail .

Ciri-ciri teks deskripsi berbeda dengan teks eksplanasi dan juga teks laporan. Ketiganya memang bertujuan untuk menjelaskan sesuatu hal, namun ada perbedaan dalam ketiganya.

Nah sebelum kita ke bagian tentang ciri-ciri teks deskripsi, kita musti tahu dulu nih kenapa kita musti belajar mengenai ciri dari teks tersebut. Pertama, tentu untuk membedakan jenis teks dalam pertanyaan. Dan nggak kalah penting juga agar kita bisa menulis jenis teks tersebut sesuai dengan kaidahnya. Iya kan?

Lanjut deh.. Apa yang disebut dengan teks deskripsi? Teks deskripsi adalah teks berupa pengembangan gagasan utama secara lebih jelas dan terperinci. Dikutip dari Studio Belajar, pemaparan atau pengembangan gagasan utama tersebut bisa untuk tempat, suasana, benda atau sebagainya. Tapi nggak boleh asal menjelaskan aja nih melainkan tetap harus memperhatikan beberapa detail agar teks deskripsi menjadi bacaan yang enak dibaca dan mudah dimengerti.

1 dari 3 halaman

Ciri Umum Teks Deskripsi

Ciri-Ciri Teks Deskripsi © Diadona

Secara umum, ciri-ciri teks deskripsi adalah sebagai berikut:

1. Menggambarkan dan menjelaskan suatu benda, suasana, tempat.

2. Teks deskripsi harus ditulis secara detail dengan melibatkan unsur indera, seperti indera penglihataan, peraba, penciuman. Makanya dalam ciri-ciri teks deskripsi biasanya termuat gimana bentuk, warna, tekstur dan lainnya secara mendetail.

3. Dari ciri-ciri teks deskripsi sebelumnya, pembaca harus seolah-olah bisa melihat, merasakan, mendengarkan sampai memahami apa yang tertulis pada teks deskripsi

4. Agar mudah dipahami, ciri-ciri teks deskripsi umumnya menggunakan bahasa yang biasa digunakan sehari-hari

5. Banyak ditemukan kata sifat. Ini berkaitan dengan ciri-ciri teks deskripsi yang harus bisa menjelaskan secara detail dan membuat pembaca memahami apa yang sedang dijelaskan.

6. Memuat kata keterangan sebagai informasi tambahan

7. Penggambaran mengenai objek harus menjadi topik yang dituliskan secara rinci.

8. Menggunakan metafora atau bahasa kiasan. Bahasa kiasan ini digunakan untuk menekankan sesuatu yang penting. Sesuai dengan namanya, bahasa tersebut hanyalah kiasan atau nggak menggambarkan makna yang sebenarnya namun termuat dalam bahasa yang indah. Contohnya, lekuk tubuhnya yang indah bagaikan gitar Spanyol.

2 dari 3 halaman

Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi

Ciri-Ciri Teks Deskripsi © Diadona

Sementara itu untuk ciri-ciri teks deskripsi dari segi kebahasaan dikutip dari Pendidikan, yaitu:

1. Memunculkan kata ganti orang

2. Menggunakan frasa yang mengandung kata benda sesuai dengan topik yang dideskripsikan, contoh : seorang kepala keluarga yang bertanggung jawab

3. Memuat kata sifat, contoh : Dua baju lengan panjang

4. Mengandung kata keterangan sebagai informasi tambahan, contoh : dengan tergesa-gesa, di pasar

5. Mengandung kata kerja transitif yait umenerangkan suatu objek. Misalnya nih memukul, memasak, memberi, mendengar. Contoh : Ibu memasakkan nasi goreng untukku.

6. Mengandung kata kerja berupa perasaan atau pendapat penulis. Tujuannya untuk mengungkapkan pendapat penulis mengenai objek yang sedang dijelaskan. Contoh: saya pikir makanan tersebut terlalu mahal

7. Mengandung bahasa kiasan, metafora atau perumpamaan, contoh : dia pergi secepat kilat.

3 dari 3 halaman

Menentukan Ciri, Isi dan Tujuan Teks Deksripsi

Ciri-Ciri Teks Deskripsi © Diadona

Setelah membahas detail mengenai ciri-ciri teks deskripsi, selanjutnya kamu juga harus paham mengenai isi dan juga tujuan dari teks tersebut. Biar nggak bingung, coba kamu perhatikan ulasan Diadona berikut ini:

Menentukan Isi Teks Deskrispi

Dalam teks deskripsi, pokok pikiran adalah suatu pernyataan yang akan dijelaskan lebih detail dalam kalimat lainnya. Dan pokok pikiran dari teks tersebut bisa berada di mana saja di dalam paragraf. Untuk menentukan informasi apa aja dalam teks deskripsi tersebut, ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

1. Membaca keseluruhan teks
2. Memahasi isinya
3. Menentukan ide pokok dalam paragraf

Nah, dan isi dari teks deskripsi merupakan subjek atau objek apa sih yang dijelaskan dalam teks maupun paragarf tersebut.

Tujuan Teks Deskripsi

Kayak yang udah Diadona jelaskan di bagian awal artikel bahwa teks deskripsi ini memiliki tujuan yaitu untuk menggambarkan suatu objek dengan detail dan terperinci. Melansir Yuk Sinau, penggambaran dilakukan secara subjektif atau dari sudut pandang penulis sehingga pembaca mudah untuk memahaminya.

Ciri-ciri teks deskripsi udah jelas kan? Nah semoga paham dan bisa merangkai teks deskripsi yang baik ya!

Beri Komentar