Pengertian Artikel, Tujuan, Ciri serta Cara Menulis Artikel yang Menarik

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 25 Agustus 2021 16:54
Pengertian Artikel, Tujuan, Ciri serta Cara Menulis Artikel yang Menarik
Memahami pengertian artikel berikut akan membantu kamu membedakan artikel dan jenis tulisan lainnya

Ada banyak sekali jenis tulisan, tapi mungkin kamu nggak mengerti apakah tulisan tersebut bisa disebut artikel atau bukan. Pengertian artikel adalah tulisan yang berisi ide, pendapat atau fakta dengan tujuan untuk memberikan informasi, hiburan dan lainnya terus disebarkan ke khalayak luas dengan bantuan pers. Bisa melalui media cetak, daring atau lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel merupakan suatu karya tulis yang ditulis secara lengkap.

Melansir Vendatu, ada berbagai jenis artikel yang dimuat di media, mulai dari artikel di koran, artikel SEO, artikel opini, dan masih banyak lagi. Menulis artikel bisa dibilang mudah atau susah. Gini, semua orang sih bisa menulis ya kan, tapi nggak semua bisa bisa menghasilkan kualitas tulisan yang sama.

Agar lebih jelas mengenai pengertian artikel, jenis dan cara menulisnya, nggak ada salahnya nih pantengin terus artikel Diadona berikut ini.

1 dari 4 halaman

Pengertian Artikel Menurut Ahli

Berikut ini adalah pengertian artikel menurut beberapa ahli.

Ensikologipedia Pers Indonesia

Artikel ialah karangan prosa di dalam media massa dengan pembahasan pokok masalah yang dibahas secara lugas.

Al-Aqli

Al-Aqli memberikan pengertian artikel sebagai tulisan yang membahas suatu masalah dengan cara tuntas, tugas, tegas agar pembaca bisa mengambil informasi inti dari apa yang ingin disampaikan penulis. Artikel ditulis sesuai dengan disiplin ilmu penulisnya.

Sumandiria

Pengertian artikel menurutnya adalah karya tulis lepas yang berisi opini mengenai masalah yang aktual dan biasanya kontroversial.

2 dari 4 halaman

Format Penulisan Artikel

Menulis artikel sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang. formatnya juga sederhana dan mudah dengan rangkaian sebagai berikut

  • Satu paragraf pengantar singkat
  • Konten utama terdiri dari dua sampai tiga paragraf
  • Satu paragraf kesimpulan

Jangan lupa sertakan gambar yang sesuai dengan isi artikel untuk memberikan pandangan terhadap pembaca mengenai isi artikel ya!

3 dari 4 halaman

Pengertian Artikel Ilmiah

Pengertian Artikel © Diadona

Pengertian artikel ilmiah adalah tulisan yang menyajikan temuan penelitian dan ditulis oleh para peneliti dan ilmuwan. Bagian-bagian dalam artikel ilmiah diantaranya:

Abstrak
Ringkasan tulisan

Pendahuluan
Berisi informasi latar dengan kutipan artikel yang diterbitkan sebelumnya. Di bagian ini dicantumkan masalah atau pertanyaan yang akan dibahas dalam artikel.

Metode
Berisi rincian teknis tentang gimana penelitian dilakkukan dan dibahas

Hasil
Penyajian data yang dihasilkan dari percobaan.

Pembahasan
Interpretasi hasil penelitian

Kesimpulan
Menempatkan hasil penelitian dalam situasi di lapangan

Referensi
Sumber yang dirujuk oleh penulis

4 dari 4 halaman

Cara Menulis Artikel

Yes, semua orang memang bisa menulis tapi ngak semuanya bisa menghasilkan kualitas tulisan yang sama. Dan biar artikel kamu setidaknya memenuhi kaidah kepenulisan, enak dibaca, informatif dan juga menarik, coba ikuti lima hal berikut ini:

Mengenali Pembaca

Biar artikel kamu bisa berbicara dengan tepat dan menarik, kamu harus tau siapa pembaca kamu. Apakah orang dewasa dengan tingkat pendidikan tinggi, remaja muda yang menykai hal-hal menarik di sekeliling mereka?

Menarik Perhatian

Bisa dengan topik yang sedang dibicarakan atau dengan judul yang mengundang klik pembaca. Bisa juga dengan menyelipkan humor, cuilan kisah nyata atau kutipan.

Mudah Dibaca

Gunakan paragraf dan kalimat yang efektif dan pastikan ide-ide tulisan kamu terorganisir dengan baik. Agar pembaca terus membaca tulisan kamu, bikin mereka penasaran.

Bikin Akhir Tulisan yang Kece

Kalau menulis esai sih kamu perlu mencantumkan poin-poin bahasan dia khir tulisan trus menarik kesimpulan darinya. Nah tapi kalau dalam sebuah artikel, ajukan pertanyaan lagi dan ajak mereka buat berpikir atau meninggalkan komentar.

Pengertian artikel telah kamu ketahui begitu juga sususan dan cara bikin artikel yang kece. Nah, siap bikin tulisan yang menarik?

Beri Komentar