Teks Deskripsi : Pengertian, Tujuan, Ciri dan Contohnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 27 Juli 2021 14:10
Teks Deskripsi : Pengertian, Tujuan, Ciri dan Contohnya
Teks deskipsi adalah teks yang menjelaskan segala sesuatu secara detail sehingga membuat lima indra pembacanya bisa merasakan apa yang ingin penulis sampaikan.

Teks deskripsi adalah teks yang menjelaskan gagasan utama secara lebih jauh, jelas dan terperinci. Pengambangan teks deskripsi ini bisa untuk tempat, suasana, benda, seseorang atau hal lainnya dalam gagasan utama tersebut. Tapi nggak asal menjelaskan ya, teks deskripsi harus tetap memuat bebrapa kaidah agar teks ini mudah dimengerti dan efektif.

Meski sama-sama menjelaskan tentang sesuatu, teks deskripsi beda dengan teks eksplanasi dan teks laporan. Dan belajar mengenai jenis teks ini penting banget agar kita bisa membuat penjelasan tentang sesuatu hal dengan baik dan enak dibaca. Coba perhatiin deh, banyak penulis terkenal, terutama penulsi fiksi yang punya ketrampilan bagus banget dalam menulis teks deskripsi ini sehingga penggambaran mereka tentang banyak hal di tulisan tetap terasa menyenangkan saat dibaca.

Lebih lanjut tentang teks deskripsi ini yuk pantengin terus ulasan Diadona berikut.

1 dari 5 halaman

Apa itu Teks Deskripsi

Teks Deskripsi © Diadona

Secara umum, teks deskripi adalah teks yang menjelaskan tentang seperti apa seseorang atau sesuatu hal. Melansir British Course, dalam arti luas, kata deskripsi sendiri dijelaskan oleh Kane (2005) sebagai berikut:

Deskripsi adalahtentang pengalaman indrawi tentang bagaimana sesuatu terlihat, terdengar, terasa. Sebagian besar adalah tentang pengalaman visual, tetapi deskripsi juga berkaitan dengan jenis persepsi lainnya.

Maka, teks deskripsi adalah teks yang menjelaskan seperti apa seseorang atau sesuatu itu. Teks ini berusaha untuk melibatkan kelima indera pembaca untuk membangkitkan pemandangan, suara, bau, rasa, dan nuansa subjek teks.

2 dari 5 halaman

Tujuan Teks Deskripsi

Sesuai dengan penjelasan di atas, maka tujuan teks deskripsi adalah teks untuk menjelaskan dan mengungkapkan seseorang, tempat atau benda tertentu. Apakah itu tentang bentuknya, sifatnya, jumlahnya, dan penjelasan lainnya yang bisa ditangkap dari indra manusia. Teks deskripsi akan menggambarkan, mempresentasikan dan mengungkapkan tentang suatu objek baik yang konkret atau yang abstrak.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri-Ciri Teks Deskripsi © Diadona

Berikut ini ciri-ciri dari teks deskripsi:

1. Menggambarkan dan menjelaskan suatu benda, suasana, tempat.

2. Teks deskripsi harus ditulis secara detail dengan melibatkan unsur indera, seperti indera penglihataan, peraba, penciuman. Makanya dalam ciri-ciri teks deskripsi biasanya termuat gimana bentuk, warna, tekstur dan lainnya secara mendetail.

3. Dari ciri-ciri teks deskripsi sebelumnya, pembaca harus seolah-olah bisa melihat, merasakan, mendengarkan sampai memahami apa yang tertulis pada teks deskripsi

4. Agar mudah dipahami, ciri-ciri teks deskripsi umumnya menggunakan bahasa yang biasa digunakan sehari-hari

5. Banyak ditemukan kata sifat. Ini berkaitan dengan ciri-ciri teks deskripsi yang harus bisa menjelaskan secara detail dan membuat pembaca memahami apa yang sedang dijelaskan.

6. Memuat kata keterangan sebagai informasi tambahan

7. Penggambaran mengenai objek harus menjadi topik yang dituliskan secara rinci.

8. Menggunakan metafora atau bahasa kiasan. Bahasa kiasan ini digunakan untuk menekankan sesuatu yang penting. Sesuai dengan namanya, bahasa tersebut hanyalah kiasan atau nggak menggambarkan makna yang sebenarnya namun termuat dalam bahasa yang indah. Contohnya, lekuk tubuhnya yang indah bagaikan gitar Spanyol.

4 dari 5 halaman

Teks Deskripsi © Diadona

Sementara itu ciri kebahasaan teks deskripsi dikutip dari Pendidikan, yakni:

1. Memiliki kata ganti orang

2. Menggunakan frasa yang mengandung kata benda sesuai dengan topik yang dideskripsikan, contoh : seorang kepala keluarga yang bertanggung jawab

3. Memuat kata sifat, contoh : Dua baju lengan panjang

4. Mengandung kata keterangan sebagai informasi tambahan, contoh : dengan tergesa-gesa, di pasar

5. Mengandung kata kerja transitif yait umenerangkan suatu objek. Misalnya nih memukul, memasak, memberi, mendengar. Contoh : Ibu memasakkan nasi goreng untukku.

6. Mengandung kata kerja berupa perasaan atau pendapat penulis. Tujuannya untuk mengungkapkan pendapat penulis mengenai objek yang sedang dijelaskan. Contoh: saya pikir makanan tersebut terlalu mahal

7. Mengandung bahasa kiasan, metafora atau perumpamaan, contoh : dia pergi secepat kilat.

5 dari 5 halaman

Teks Deskripsi © Diadona

Teks deskripsi menciptakan kesan di benak pembaca tentang suatu peristiwa, tempat, orang dan benda. Tulisan teks deskripsi akan mengatur suasana hati dan mengmbarkan sesuatu secar lebih rinci sehingga pembaca bisa merasakan dan seolah melihat apa yang ingin disampaikan oleh penulis.

Agar kamu makin memahami tentang apa itu teks deskripsi, belajar tentang contoh dari teks tersebut yuk!

Contoh Teks Deskripsi

Ombak menghempas dan menari di sepanjang pantai, bergerak naik tuurun dengan irama yang anggun dan menderu.

Matanya yang coklat terlihat dalam dan hangat, membuatmu seolah tenggelam setiap menatapnya.

Teks deskripi adalah teks yang membuat pembacanya seolah ikut melihat, mendenga da merasakan apa yang ingin disampaikan oleh penulisnya.

Beri Komentar