Cara Memandikan Kucing yang Benar Agar Tidak Dicakar dan Berontak

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 8 Agustus 2020 09:54
Cara Memandikan Kucing yang Benar Agar Tidak Dicakar dan Berontak
Inilah cara memandikan kucing yang benar agar tidak berontak.

Kucing memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling digemari manusia. Pasalnya, selain lucu dan menggemaskan, kucing juga bisa memberikan dampak lebih pada kehidupan seseorang.

Namun sayangnya tidak sedikit yang paham bagaimana cara memandikan kucing yang benar supaya tidak berontak, dan akhirnya kamu memilih petshop agar kamu tidak dicakar oleh kucing kesayanganmu.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut kami telah rangkum cara memandikan kucing yang benar supaya tidak berontak, yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Memandikan Kucing Kampung

Cara Memandikan KucingCara Memandikan Kucing © shutterstock.com/skrotov

Para pecinta kucing kampung pasti sudah tahu kalau memandikan hewan bernyawa sembilan ini memang tugas yang menantang. Pasalnya, kucing merupakan binatang yang tidak menyukai air, meskipun ada beberapa yang tidak keberatan saat badannya basah.

Dengan begitu, kamu pun harus tahu bagaimana cara memandikan kucing kampung yang benar.

1. Memilih Waktu yang Tepat

Langkah pertama cara memandikan kucing adalah buat mood-nya senang, sehingga pastikan kucingmu dimanjakan terlebih dahulu sebelum di mandikan ya.

2. Pilih Shampo Kucing yang Tepat

Setiap kucing memiliki jenis dan volume bulu yang berbeda. Itulah mengapa kamu harus tahu jenis sampo apa yang cocok untuk si kucing, selain itu kamu juga bisa memilih sampo kucing anti kutu kalau si meng di rumah sedang kutuan.

4. Gunakan Air Hangat

Cara memandikan kucing berikutnya ialah memandikannya dengan air hangat. Caranya, siapkan satu ember besar yang sudah diisi dengan air hangat, dan pastikan tinggi air tidak merendam seluruh badan kucing ya.

Fungsi air hangat ini ialah untuk menjaga mood kucing tetap nyaman dan tidak panik.

5. Keringkan Kucing

Terakhir, cara memandikan kucing ialah dengan menggosok lembut kucing dari kepala sampai kaki dengan handuk yang lembut. Setelah itu, keringkan kucing di ruangan yang hangat dan jangan biarkan dia keluar sampai dia benar-benar kering.

Untuk mengeringkan bulu-bulunya, kamu bisa menggunakan blower atau pengering rambut ya, guys. Selesai.

2 dari 3 halaman

Cara Memandikan Kucing Persia

Cara Memandikan KucingCara Memandikan Kucing © shutterstock.com/Vera Larina

Seperti yang diketahui, kucing termasuk hewan yang bersih. Pasalnya, ia bisa membersihkan tubuhnya sendiri dengan cara menjilat sekujur tubuhnya dengan lidahnya. Namun, terkadang tubuh kucing terlalu kotor akibat debu, kotoran atau lumpur, sehingga kamu pun harus memandikannya supaya bersih.

Tapi memandikan kucing persia tidak bisa sembarangan, lho! Oleh karena itu, intip dan terapkan langkah-langkah di bawah ini.

1. Memotong Kuku Kucing

Sebelum mulai memandikan, sebaiknya kamu memotong kuku kucing terlebih dahulu guna meminimalkan rasa panik dan tegang kucing saat terkena air. Namun, kamu harus hati-hati suoaya tidak memotong kuku terlalu pendek yang nantinya bisa menyebabkan rasa sakit dan pendarahan.

2. Sikat Bulu Kucing

Langkah selanjutnya dari cara memandikan kucing yang tidak boleh dilewatkan ialah menyikat bulu kucing. Yaps, hal ini berguna untuk menyingkirkan bulu yang kusut dan simpul saat dalam kondisi basah.

Ohya, supaya kucing tidak memberontak saat disikat, berikan snack sebagai treat bagi kucing. Ingat, jangan melewatkan langkah ini, ya!

3. Siapkan Bak Mandi dan Air Hangat

Langkah memandikan kucing berikutnya ialah siapkan bak mandi yang telah terisi air hangat. Mengisi bak mandi dengan air berguna supaya kucing tidak kabur saat kamu memasukkannya ke dalam bak mandi.

4. Beri Shampo Khusus Kucing

Tidak sedikit orang paham bagaimana memandikan kucing, salah satunya ialah saat memberikan shampo sembarangan. Hal ini tentu akan membuat bulu kucing rontok, bahkan menjadi racun bagi kucing.

Jadi, mulai sekarang berilah sampo khusus kucing yang bisa kamu beli di toko hewan (petshop) terdekat.

5. Mengeringkan Kucing

Setelah usai dimandikan, kini saatnya mengeringkan kucing dengan cara tepuk-tepuk handuk supaya air menyerap dan mengeringkan bulu kucing yang basah. Ohya, kamu juga bisa menggunakan hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan. Cara memandikan kucing persia pun selesai, mudah kan?

3 dari 3 halaman

Cara Memandikan Kucing Anggora

Cara Memandikan KucingCara Memandikan Kucing © shutterstock.com/Vera Larina

Mandi bagi kucing ras ini sangatlah penting, sebab bagian belakang telinganya rentan terhadap penyakit scabies pada kucing. Oleh karena itu kamu harus lebih paham bagaimana merawat kucing anggora, terlebih saat memandikan kucing tersebut.

Pasalnya saat melakukan cara memandikan kucing anggora ialah dengan tidak mengupas bulunya. Untuk lebih detailnya, kamu bisa simak ulasan berikut ini.

1. Cara memandikan kucing anggora yang pertama ialah pijit perlahan tubuh kucing supaya mereka tenang dan juga rileks. Setelah itu, gunting kuku kucing agar tidak memberikan cakaran saat proses mandi dimulai.

2. Kemudian berikan basuhan kain hangat pada bulu kucing dan siram perlahan kucing tersebut dengan air hangat. Jangan lupa berikan shampo khusus kucing untuk kesehatan bulunya.

3. Bilas bersih hingga busa shampo semuanya hilang, lalu berikan kondisioner supaya bulunya berkilau dan bilas lagi hingga bersih. Selanjutnya, handuki atau beri angin dari hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan.

4. Selanjutnya, cara memandikan kucing ialah berikan bedan kucing, parfume kucing, dan bersihkan kotoran pada mata, hidung dan kuping. Selesai. Gampang kan?

Itulah cara memandikan kucing yang benar supaya kamu tidak dicakar. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar