Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut Secara Alami dan Cepat dalam 1 Hari

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 4 Agustus 2020 11:21
Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut Secara Alami dan Cepat dalam 1 Hari
Inilah cara menghilangkan telur kutu rambut yang membandel, yang bisa kamu coba dirumah tanpa merusak rambut secara alami.

Masalah pada rambut yang cukup membuat banyak orang kesal dan mungkin juga malu adalah memiliki kutu rambut. Kutu rambut merupakan serangga peminum darah yang akan membuat kepala kamu terasa gatal, tentu saja hal ini cukup mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

Meski terdenger sepele, namun penularan kutu rambut ini rentan terjadi pada anak-anak usia sekolah loh. Bahkan orang dewasa juga bisa tertular kalau tinggal serumah dengan anak yang memiliki kutu rambut.

Hal ini disebabkan perkembangbiakkan kutu rambut dengan cara bertelur. Lalu, bagaiaman cara menghilangkan telur kutu pada rambut agar tidak semakin berkembang?

Nah, supaya kamu terhindar dari masasalah ini, berikut cara menghilangkan telur kutu secara alami dan cepat, yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut

Cara Menghilangkan Telur Kutu © Diadona

Telur kutu rambut tentu menjadi salah satu masalah yang menyebalkan, sebab selain membuat kepala terasa gatal, namun hal ini juga bisa merusak penampilan rambut kamu karena cukup sulit dihilangkan.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir. Sebab, ada berbagai cara menghilangkan telur kutu rambut, yang bisa kamu praktikkan dirumah agar tidak semakin berkembang, diantaranya:

1. Pakai Sisir Serit

Salah satu cara menghilangkan telur kutu rambut ialah kamu bisa menggunakan sisir serit. Namun sebelum menggunakannya, basahi dulu rambut atau menggunakan shampo, supaya lebih mudah saat menghilangkan telurnya.

Kamu harus melakukannya ini secraa rutin, supaya kutu dan telur kutu bisa benar-benar hilang.

2. Oleskan Perasan Lemon

Selain menggunakan sisir serit, kamu juga bisa menggunakan perasan lemon untuk menghilangkan telur kutu yang membandel. Kamu bisa melakukannya dengan memeras lemon lalu mengoleskannya pada rambut dan diamkan selama 10 menit.

3. Oleskan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan telur kutu selanjutnya ialah dengan mengoleskan minyak kelapa pada seluruh bagian rambut. Diamkan sepanjang hari untuk hasil yang maksimal, setelah itu cuci rambut hingga bersih dan sisirlah menggunakan sisir serit supaya telur kutu bisa dengan mudah untuk dihilangkan.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut yang Sudah Mati

Cara Menghilangkan Telur Kutu © Diadona

Seperti yang diketahui, kutu rambut yang memiliki ukuran beberapa milimeter ini memang sulit terdeteksi mata. Sehingga, meskipun kamu sudah membasmi kutu dewasa, namun telur-telurnya masih ada dan masih mungkin untuk menetas.

Dengan begitu, berikut cara menghilangkan telur kutu rambut yang sudah mati secara permanen hanya dalam 1 hari, diantaranya:

1. Sebelum memulai menghilangkan telur kutu, adapun peralatan dan bahan-bahan yang perlu kamu siapkan, seperti kondisioner, sampo, alkohol 70%, sisir serit, dan handuk.

2. Setelah itu, cuci rambut kamu sampai bersih dengan menggunakan sampo dan kondisioner, lalu keringkan rambut sampai setengah kering. Kemudian, usapkan alkohol ke kulit kepala dan pastikan tidak ada luka bekas garukan di kepala supaya todak terasa perih.

3. Cara menghilangkan telur kutu yang terlahir adalah diamkan selama 30 menit, dan sisir rambut menggunakan serit secara perlahan dan perhatikan kutu yang berjatuhan akibat disisir. Lakukan hal ini secara rutin sampai kutu dan telur-telurnya bersih dari kepala.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Telur Kutu Pada Kucing

Cara Menghilangkan Telur Kutu © Diadona

Selain dialami oleh manusia, ternyata telur kutu juga bisa menyerang pada kucing atau yang biasa dikenal dengan nama Ctenocephalides felis. Sehingga, hal ini akan menimbulkan masalah kulit pada kucing, hingga bisa membahayakan kesehatan kucing kamu lho.

Oleh karena itu, kamu harus tau bagaimana cara menghilangkan telur kutu pada kucing, diantaranya:

1. Langkah pertama cara menghilangkan telur kutu pada kucing ialah mandikan kucing terlebih dahulu dengan sampo khusus atau bisa menggunakan sabun pembersih piring yang beraroma lemon, kalau kamu tidak punya samponya.

2. Setelah itu keringkan bulu kucing kesayanganmu setelah dimandikan, barulah kamu menyisir bulunya sampai rata pada tiap-tiap sisi badan serta lekukan, untuk menyingkirkan telur kutu yang masih menempel di bulu kucing.

3. Jangan lupa cuci alas tidur ataupun pet bed kucing mengguanakn air panas yang digabung dengan cuka untuk membunuh telur ataupun kutu yang masih ketinggalan di tempat tidurnya.

4. Selain itu, cara menghilangkan telur kutu pada kucing ialah bersihkan rumah secara teratur memakai vacum cleaner, dan ambil kantong vakum yang kamu gunakan tadi lalu taburkan satu sendok tanah diatom, agar telur kucing yang tersedot segera mati.

5. Rebus satu panci air yang ditambah dengan 1/2 irisan buah lemon sampai mendidih dan biarkan sampai dingin. Lalu, tuangkan air rebusan tadi kedalam botol semprot untuk menyemprot semua bulu kucing yang akan digunakan setiap harinya. Taraaa! kucingmu sudah bersih dari telur kutu.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Telur Kutu dengan Cuka

Cara Menghilangkan Telur Kutu © Diadona

Kutu rambut merupakan parasit kecil yang memiliki enam kaki dengan ukuran tubuh kurang lebih sebesar biji wijen (2–3 milimeter). Kutu ini hidup di kulit kepala dengan mengisap sedikit darah dari kulit kepala.

Selain itu, kutu rambut juga bisa berkembang biak dengan cepat dengan cara bertelur, hal inilah yang akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada seseorang. Untuk itu berikut cara menghilangkan telur kutu dengan cuka, yang bisa kamu lakukkan dirumah.

1. Langkah pertama saat menghilangkan kutu dengan cuka ialah kamu harus menyiapkan bahan dan peralatannya terlebih dahulu, seperti 2 sdm cuka, 2 sdm minyak kelapa, dan shower cap.

2. Setelah itu, campurkan 2 sdm cuka dan 2 sdm minyak kepala kedalam wadah, aduk kedua cairan tersebut sampai rata. Lalu, oleskan pada kulit kepala sebelum tidur.

3. Gunakan penutup kepala (shower cap) dan diamkan sampai besok pagi. Setelah bangun dari tidur, cuci rambut kamu hingga bersih menggunakan shampo.

Itulah cara menghilangkan telur kutu dengan cepat dan efisien yang menggunakan bahan-bahan alami, semoga bermanfaat!

Beri Komentar