Bikin Geram! Konten YouTuber Ini Dicolong Akun Medsos Lain Hingga Rugi Puluhan Juta

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 13 Juni 2020 11:52
Bikin Geram! Konten YouTuber Ini Dicolong Akun Medsos Lain Hingga Rugi Puluhan Juta
Bikin videonya aja butuh effort lebih, eh malah dicolong. Duh, ada-ada aja deh!

Aplikasi YouTube belakangan ini memang menjadi salah satu platform pilihan untuk membuat sebuah karya. Banyak YouTuber yang sudah berhasil membuat banyak konten video dengan perolehan jutaan view.

Namun, gak semua konten creator seperti halnya YouTuber selalu senang dengan view yang mereka peroleh loh. Belakangan ini banyak sekali kasus plagiat karya yang bisa merugikan si pencipta aslinya.

1 dari 4 halaman

Video Dicolong

Konten Video YouTube yang Diunggah Tanpa Izin Pencipta © Diadona

Seperti halnya kasus yang dialami oleh YouTuber ini. Lewat Instagram Story, akun @mass.arkan memposting pengalaman pahit saat mengetahui video yang telah ia unggah di Channel YouTubenya telah dipublikasikan oleh pengguna media sosial Facebook.

" Lagi2 video dicolong orang dan viewnya berkali-kali lipat dari video gue di Yutup" tulis pemilik akun YouTube, Mas Arkan.

Ia mengungkapkan bahwa video asli dalam akun YouTubenya hanya memperoleh 400 Ribu view. Hal ini sangatlah berbeda jauh dari perolehan view akun Facebook Mitsubishi motors (@trizkiananda) dengan 1,9 M view. Duh, miris banget ya.

Instagram Story Pemilik Video Asli Channel Youtube Mas Arkan © Diadona

2 dari 4 halaman

Hitungan Rugi Puluhan Juta

Lanjutnya, akun Instagram @mass.arkan juga membagikan postingan story kolom percakapan DM dengan salah satu followersnya. Diketahui, sang pemilik akun Facebook yang dikabarkan mencuri videonya tersebut bisa untung Rp28,5 Juta.

" CPM FB indo skrg 15ribuan x 1,900 = 28,5jt. Berarti lo udh kasih 1 unit Nmax tu ke dia, cuma cuma lagi" tulis followersnya.

Instagram Story Pemilik Video Asli Channel Youtube Mas Arkan © Diadona

3 dari 4 halaman

Ini Adalah Video Aslinya di Channel YouTube Mas Arkan

Bukan hanya memposting ulang tanpa izin, diketahui pemilik akun Facebook Mitsubishi motors (@trizkiananda) ini sengaja memotong video asli berwatermark. Nah, hal inilah yang semakin membuat pemilik video asli dari Channel YouTube Mas Arkan emosi.
" Udah"
" Di cut bagian watermarknya" tulis akun @mass.arkan.

Instagram Story Pemilik Video Asli Channel Youtube Mas Arkan © Diadona

 

4 dari 4 halaman

Wah, ada-ada aja ya. Jujur sih, kalau saya jadi si pemilik video asli, bakal ikutan kesel! Tapi beda lagi ya kalau si pemilik akun Facebook izin dulu sama yang punya video. Bikin konten video gitu  perlu effort lebih loh. Hem, yang sabar ya Mas Arkan.

Bagaimana menurut kalian gaes? Share jawaban kalian di kolom komentar ya.

 

Beri Komentar