Biasa Pamer Body Goals, Erika Carlina Ungkap Kena Penyakit Autoimun Sejak 3 Tahun Lalu

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 16 April 2024 16:37
Biasa Pamer Body Goals, Erika Carlina Ungkap Kena Penyakit Autoimun Sejak 3 Tahun Lalu
Erika update kesehatannya di unggahan Instagram Story-nya.

Kabar kurang mengenakkan datang dari model sekaligus aktris cantik Erika Carlina. Ternyata, sudah bertahun-tahun ia menderita penyakit autoimun. Pemeran film sekaligus series ini memberi pengakuan mengejutkan tersebut melalui postingan story Instagram hanya beberapa jam yang lalu. Scroll untuk informasi selengkapnya ya!

1 dari 5 halaman

Instagram Story Erika Carlina © Diadona

Erika Carlina bukan sosok asing di dunia hiburan Tanah Air. Ia beberapa kali telah tampil di berbagai judul film hingga series dan juga tampil dengan artis kenamaan lainnya. Erika sering membagikan potret proyek modelling hingga aktingnya di media sosial. Kecantikannya yang sering terlihat sering dipuji netizen.

Namun, ada yang berbeda dari postingan terbaru Erika kali ini. Melalu tulisan di story Instagram, ia menyatakan bagaimana dirinya telah berjuang menghadapi penyakit autoimun selama tiga tahun terakhir.

2 dari 5 halaman

“ Ini sudah tiga tahun. Aku berjuang dengan penyakit autoimunku,” tulis pemeran film Rumah Kaliurang ini, dilansir dari Instagram-nya @eri.carl (16/4).

Rupanya, Erika telah melakukan pengobatan dan kondisinya telah membaik. Sayangnya, ia mulai kembali merasakan gejala penyakit tersebut setelah sekian lama, seperti rasa nyeri di kepala hingga rambut yang menipis drastis.

“ Dan sekarang baru ngerasain gejala itu lagi setelah sekian lama, triggernya bisa dari apa aja termasuk stress atau banyak pikiran,” tulis Erika Carlina.

 

3 dari 5 halaman

Potret Erika Carlina pakai kebaya hijau emerald © Diadona© instagram.com/loritayoung_mua

“ Otak bisa kesemutan, dan kepala bisa botak. (Ini gejala yang menyerang tubuhku). Gejalanya beda-beda tergantung jenis autoimmune-nya,” ia melanjutkan.

Di akhir tulisannya, Erika menjelaskan bagaimana penyakit ini tidak bisa dilihat oleh mata, jadi tidak ada orang yang tahu jika orang lain mengidap penyakit ini karena gejalanya yang tidak terlalu terlihat. Meskipun begitu, Erika menekankan bagaimana autoimun tidak bisa diremehkan dan siapapun harus lebih waspada terhadap gejala dari penyakit ini.

“ Tapi tolong temen-temen, jangan pernah anggep remeh autoimmune. Kalo kamu memang pengidap minta tolong orang sekitarmu untuk menyadari dulu bahaya dari autoimmune ini di diri kamu biar kamu dan sekitarmu lebih sadar begitu gejalanya kembali lagi,” tulis Erika Carlina

4 dari 5 halaman

Sebagai informasi, penyakit autoimun adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang jaringan sehat dalam tubuhnya sendiri.

Biasanya, sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit dengan menyerang bakteri, virus, dan zat asing lainnya. Namun, dalam kasus penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh keliru mengenali jaringan sehat sebagai ancaman dan menyerangnya. (bbi)

Beri Komentar