Beli Rongsokan, Pria ini Justru Dapat Harta Karun Senilai Rp5,6 Miliar dan 100 Ons Emas

Reporter : Kurnia
Jumat, 24 Desember 2021 07:43
Beli Rongsokan, Pria ini Justru Dapat Harta Karun Senilai Rp5,6 Miliar dan 100 Ons Emas
Kaya mendadak nih namanya

Nasib manusia memang tidak pernah bisa diraba. Begitu juga dengan nasib mujur seorang pembeli barang-barang rongsokan di Kanada pada beberapa waktu lalu.

Dalam sebuah unggahan video di kanal YouTube, seorang pria bernama Alex Archbold sedang bernasib mujur setelah memborong barang-barang rongsokan milik seorang wanita langganannya yang sudah meninggal dunia.

Penasaran seperti apa kisah lengkapnya? Seperti dirangkum dari laman Liputan6.com berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Memborong barang rongsokan

Bermula dari memborong semua barang-barang rongsokan peninggalan seorang guru musik, Alex membayar semua barang usang yang ditinggalkan Bette-Joan Rac. Diketahui, Madam Rac ini adalah seorang guru les piano yang hidup seorang diri.

Semasa hidupnya, pemborong barang-barang rongsokan ini telah mengenal lama Madam Rac. Wanita ini dikenal dengan dandanannya yang stylish dan cukup nyentrik.

2 dari 5 halaman

Membeli mobil pemilik harta karun

Madam Rac semasa muda (kanan) tua berdandan nyentrik (kiri) © Diadona

Alex memutuskan untuk membeli barang-barang rongsokan milik Madam Rac karena sebelumnya mereka sudah kenal cukup lama. Mereka pertama kali bertemu ketika Madam Rac menjual mobil tuanya pada Alex Archbold. Kala itu, guru les piano itu tengah mengalami kesulitan ekonomi.

" Saat melakukan transaksi mobil waktu itu, aku tak masuk ke dalam rumahnya karena ia mengatakan bahwa ia harus membereskannya terlebih dahulu, sehingga tanda tangan untuk berkas di halaman. Selanjutnya aku pun menjalin hubungan baik dengannya dan saling bertegur sapa saat bertemu di kafe," kenang Alex menceritakan Madam Rac pada Kamis (4/2/2021) lalu.

3 dari 5 halaman

Membeli barang usang milik Madam Rac

Rumah Madam Rac seperti kapal pecah berisi barang-barang rongsokan © Diadona

Setelah Madam Rac meninggal, Alex membayar seluruh isi rumahnya termasuk perabotan dan barang peninggalan lainnya dengan harga $10.000 atau senilai dengan Rp14 Juta. Alex dan istri pun tak berharap banyak dari pembelian ini karena ia mengetahui  bahwa pemasukan Madam Rac sebagai seorang guru les piano tak berjumlah banyak.

Ketika memasuki rumah tersebut, Alex tak berharap banyak namun setidaknya ia akan mendapatkan sebuah piano yang sangat antik dan bagus. Menariknya, di sela-sela rongsokan ia justru menemukan banyak harta karun yang nilainya mencapai miliaran rupiah.

4 dari 5 halaman

Temukan harta karun

Harta karun di rumah Madam Rac © Diadona

Bukan rejeki nomplok, hari pertama Alex membersihkan rumah mendiang Madam Rac ia tak menemukan harta karun sama sekali. Pria yang juga kolektor barang-barang antik ini justru mendapatkan banyak tumpukan sampah dan rongsokan hingga berbentuk bukit.

Akhirnya, harta karun yang sesungguhnya pun ia temukan temukan ketika mulai menyisir tempat dan membersihkan pamflet, majalah, koran, dan sepatu yang ada di ruang tamu. Dan, woala pembeli barang rongsokan ini menemukan dompet penuh uang, sebatang perak seberat 100 ons, beserta tas yang berisikan emas dan cincin berlian.

" Tak kusangka ternyata mendiang guru les piano nyentrik yang kukenal ini merupakan seorang jutawan," ungkap Alex.

5 dari 5 halaman

Harta karun Rp3,5 miliar

Setelah selesai menyisir seluruh tempat tersebut, kemudian Alex dan timnya memulai lelang pertama dan menghasilkan uang senilai dengan $250.000 atau senilai dengan Rp3,5 Miliar.

" Kami hanya membeli seluruh barang dengan harga Rp 14 Juta, namun setelahnya kami dapat menjual seluruh barang dengan nilai Rp 5,6 Miliar setelah melakukan acara lelang sebanyak 3 kali. Benar-benar pembelian terbaik yang pernah aku lakukan," pungkas Alex.

Beri Komentar