Baper sampai Menyayat Hati, 15 Lagu Indonesia ini Ceritakan Lika-Liku Kisah Cinta Beda Agama

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 5 September 2020 18:15
Baper sampai Menyayat Hati, 15 Lagu Indonesia ini Ceritakan Lika-Liku Kisah Cinta Beda Agama
Hayo, siapa yang sering dengerin lagu-lagu ini?

Kisah cinta beda agama memang salah satu kisah cinta yang agaknya cukup miris di negara ini. Jika di negara lain pasangan beda agama masih bisa mempertahankan hubungan sampai jenjang pernikahan, agaknya hal serupa nggak banyak terjadi di Indonesia.

Kebanyakan, perbedaan agama justru menjadi penyebab kandasnya jalinan cinta pasangan kekasih. Bicara soal lika-liku kisah cinta beda agama, ternyata banyak musisi yang sudah menuangkan kisah tersebut dalam sebuah lagu loh.

Terasa baper bahkan sampai menyayat hati, berikut adalah 15 lagu Indonesia yang menceritakan lika-liku kisah cintya beda agama. Check this out!

1 dari 8 halaman

1. Tak Bisa Bersama - Vidi Aldiano feat Prilly Latuconsina

Baru beberapa waktu dirilis, lagu yang dinyanyikan Vidi dan Prilly ini berhasil menjadi trending loh. Dalam penggalan liriknya terdapat kalimat " tak lama sudah kau dan aku mencoba tuk tentukan arah, t'rus menunggu salah satu iman kita menyerah" nih. Fix beda agama banget kan?

 

2. Kumau Dia - Andmesh Kamaleng

Andmesh Kamaleng ternyata pernah mengangkat kisah cinta beda agama dalam sebuah lagu yang dinyanyikannya. Menceritakan seseorang yang menginginkan perempuan jadi miliknya, meski banyak perbedaan di antara mereka.

 

2 dari 8 halaman

3. Kita yang Beda - Virzha

Lagu yang satu ini begitu jelas menggambarkan kisah cinta beda agama. Lewat lirik " Tuhan kita cuma satu, kita yang berbeda, hingga tak mungkin menyatu.." pendengar pun serasa ikut merasakan pedihnya menjalani kisah cinta beda agama.

 

4. Peri Cintaku - Marcell Siahaan

Lagu bertajuk Peri Cintaku yang dinyanyikan Marcel ini pun bertahun-tahun menemani kisah anak manusia yang harus berjuang menghadapi cinta beda agama. Bahkan lewat lirik " Aku untuk kamu, kamu untuk aku. Namun semua apa mungkin, iman kita yang berbeda" Marcell pun bertanya, bisakah kisah cinta beda agama itu bersatu?

 

3 dari 8 halaman

5. Sepatu - Tulus

Kisah cinta beda agama menjadi jadi salah satu kisah percintaan yang pelik. Dalam lagu bertajuk Sepatu pun, Tulus mengungkapkan bahwa " kita sadar ingin bersama, tapi tak bisa apa-apa" . Nyesek banget gak sih?

 

6. Perbedaan - Samson

Tak jarang, kisah cinta beda agama pun harus berakhir di tengah jalan. Seperti yang pernah dipopulerkan oleh grup band Samson lewat lagu bertajuk Perbedaan, " Sudahlah kita tak mungkin bersama, perbedaan membuat kita terpisah.."

 

4 dari 8 halaman

7. Dosakah Aku - Nidji

Peliknya mencintai seseorang yang berbeda keyakinan dengan kita, kadangkala menimbulkan suatu pertanyaan. Lewat lagu bertajuk Dosakah aku, Nidji pun menyampaikan " Oh Tuhan, dengarkan doa dari cinta yang terlarang.."

 

8. Jalan Terbaik - Seventeen

Hubungan cinta beda agama mungkin bisa berhasil di luar sana, tapi belum tentu berhasil dengan apa yang mungkin sedang kamu jalani dengan pasangan. Grup band Seventeen pernah berujar " Hanya luka jika kita bersama, karena jalan ini memang berbeda" lewat lagu bertajuk Jalan Terbaik yang dipopulerkannya.

 

5 dari 8 halaman

9. Mengapa ini yang Terjadi - Tere

Tapi, nggak semua pasangan beda agama menyerah dengan keadaan. Ada juga yang bertahan dan berpedoman seperti lagu bertajuk Mengapa ini yang Terjadi, yang dipopulerkan oleh Tere. " Karena tak seharusnya perbedaan menjadi jurang, bukankah kita diciptakan untuk dapat saling melengkapi?"

 

10. Engga Ngerti - Kahitna

Lewat lagu bertajuk Engga Ngerti, Kahitna pun mempertanyakan kisah cinta beda agama. " Mengapa harus keyakinan memisah cinta kita" begitulah sepenggal lirik yang bisa jadi mewakili pejuang cinta beda agama di luar sana.

 

6 dari 8 halaman

11. Perbedaan - Repvblik

Lewat lagu Perbedaan yang dilantunkan Repvblik, muncul suatu pertanyaan. " Adakah kejujuran kau mencintaiku, meski berbeda keyakinan yang teguh berdiri.."

 

12. Faith - Vierratale

Saat terjebak dalam kisah cinta beda agama, pernah nggak sih kamu terpikir satu hal seperti yang diungkap Vierratale lewat lagu Faith.. " Cinta kita mengapa beda agama, apa mungkin Tuhan punya rencana?"

 

7 dari 8 halaman

13. Melebur Beda - The Finest Tree

Hubungan beda agama itu klise sih, tapi sebenarnya bisa diusahakan. Lewat lagu Melebur Beda, The Finest Tree mengungkapkan " Percaya kebaikan Tuhan.. Percayakan doa pada Tuhanmu, akupun mencoba dengan caraku"

 

14. Perbedaan - Ari Lasso

Tak bisa dipungkiri, perbedaan itu hanya akan mengarah pada 2 hal. Kalo nggak berakhir di pelaminan, ya berakhir di tengah jalan. Harusnya yang semacam ini sudah dipahami ya, karena Ari Lasso pun pernah berujar " Segala perbedaan itu membuatmu jauh dariku.."

 

8 dari 8 halaman

15. Tetap Milikmu - Dygta

Fase patah hati usai putus dari kisah cinta beda agama, tentu meninggalkan luka yang menganga. Meski perbedaan harus memisahkan, cinta tak mudah digantikan. " Kita berbeda jalani keyakinan, tapi kau yang kuinginkan dari s'galanya.." ungkap Dygta lewat lagu bertajuk Tetap Milikmu.

 

Nah itu dia, sederet lagu Indonesia yang mengangkat kisah cinta beda agama. Jangan langsung didengerin semuanya secara terus-terusan ya, nanti yang ada malah baper berkepanjangan deh..

Beri Komentar