12 Lagu Indonesia dengan Judul Terpanjang, Ada yang Sampai 43 Kata!

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 14 Agustus 2020 17:40
12 Lagu Indonesia dengan Judul Terpanjang, Ada yang Sampai 43 Kata!
Nggak belibet tuh ngomongnya?

Judul lagu biasanya digunakan sebagai wajah dari suatu lagu. Umumnya, judul lagu dipilih yang paling mencerminkan isi lagu dan dibuat singkat agar mudah diingat dan diucap.

Namanya seni nggak bisa diatur, beberapa musisi justru tampil beda dengan sengaja memberi judul panjang untuk lagu-lagunya. Beberapa lagu memang berhasil diingat, tapi beberapa lainnya juga jadi sulit untuk diucap gara-gara terlalu panjang.

Berikut ini telah Diadona pilih 12 lagu Indonesia yang punya lirik paling panjang.

1 dari 13 halaman

12. Sheila on 7 - Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki

Lagu ini terdapat di album debut Sheila on 7 yang dirilis pada 1999. 'Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki' termasuk ke dalam golongan lagu berjudul panjang, sesuatu yang kurang umum untuk dilakukan oleh musisi Indonesia di masa itu.

Jumlah kata dalam judul: 5 kata

2 dari 13 halaman

11. Iwan Fals – Antara Kau Aku dan Bekas Pacarmu

Lagu milik Iwan Fals berjudul 'Antara Kau Aku dan Bekas Pacarmu' dimuat dalam album 'Opini' yang dirilis pada 1982.

Jumlah kata dalam judul: 6 kata

3 dari 13 halaman

10. Dewa 19 – Perempuan Paling Cantik di Negeriku Indonesia

Sesuai judulnya, lagu 'Perempuan Paling Cantik di Negeriku Indonesia' yang dinyanyikan oleh Dewa 19 ini memang menceritakan tentang puji-pujian terhadap sesosok perempuan yang dianggap punya level kecantikan paling tinggi di negara ini.

Jumlah kata dalam judul: 6 kata

4 dari 13 halaman

9. Endank Soekamti – Mandiri Dalam Bekerja Merdeka Dalam Berkarya

Trio punk asal kota Yogyakarta, Endank Soekamti, memang selalu punya lagu yang memiliki nada dan lirik memotivasi. Salah satu lagu tersebut berjudul 'Mandiri Dalam Bekerja Merdeka Dalam Berkarya' yang dimuat di album 'Soekamti Day' rilisan 2016.

Jumlah kata dalam judul: 6 kata

5 dari 13 halaman

8. Seringai - Lagu Ini Tak Sependek Jalan Pikiranmu

Unit rock asal Jakarta, Seringai, memiliki lagu berjudul 'Lagu Ini Tak Sependek Jalan Pikiranmu' yang dimuat dalam album kedua mereka, 'Serigala Militia' rilisan 2007. Berbanding terbalik dengan jumlah kata di judul, lagu ini justru punya durasi yang sangat pendek, yakni hanya 11 detik saja.

Jumlah kata dalam judul: 6 kata

6 dari 13 halaman

7. Chrisye & Ahmad Dhani – Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada

Salah satu kolaborasi epic yang pernah terjadi di dunia musik Indonesia. Duet komposer andal Ahmad Dhani dengan penyanyi legendaris Chrisye (almarhum) ini memang nggak boleh dilewatkan. 'Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada' merupakan single yang memiliki pesan religi yang mendalam, namun disampaikan dengan cara yang ringan.

Jumlah kata dalam judul: 7 kata

7 dari 13 halaman

6. Peterpan – Hari yang Cerah untuk Jiwa yang Sepi

Sebelum berganti nama menjadi Noah, Ariel cs sempat merilis lagu berjudul 'Hari yang Cerah untuk Jiwa yang Sepi' di bawah panji Peterpan. Lagu ini ada di dalam album 'Hari yang Cerah' rilisan tahun 2007.

Jumlah kata dalam judul: 7 kata

8 dari 13 halaman

5. Ebiet G. Ade – Nasihat Pengemis untuk Istri dan Doa untuk Hari Esok Mereka

Ebiet G. Ade memang merupakan penyanyi yang dekat dengan lagu-lagu bermuatan sosial. Salah satu lagunya berjudul 'Nasihat Pengemis untuk Istri dan Doa untuk Hari Esok Mereka' yang ada di album 'Camelia I' rilisan tahun 1979.

Jumlah kata dalam judul: 10 kata

9 dari 13 halaman

4. Naif - Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia yang Ada di Seluruh Dunia

Siapa yang nggak kenal dengan band Naif? Gaya retro yang nggak cuma pada tampilan namun juga dalam notasi lagu membuat band asal Jakarta ini mudah diingat. Naif juga cukup nyeleneh dalam menulis lirik dan menentukan judul. Tengok saja lagu berjudul 'Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia yang Ada di Seluruh Dunia' yang ada di album 'Titik Cerah' (2002). Nggak kurang panjang tuh judulnya?

Jumlah kata dalam judul: 11 kata

10 dari 13 halaman

3. Remy Sylado - Sumpah Disambar Gledek Dalam Sejarah Kebudayaan Antero Bangsa Dan Rasmaka (Ini Lagu Terpendek Di Dunia Yang Pernah Dicipta Dan Dinyanyikan Manusia Dengan Segala Kesungguhan Hatinya)

Remy Sylado, memang terkenal sebagai seniman serba bisa. Tak hanya menulis buku dan bermain peran, ia juga mahir mencipta lagu dan menyanyi. Gaya nyentrik khas anak seni ia tunjukkan dalam lagu berjudul 'Sumpah Disambar Gledek Dalam Sejarah Kebudayaan Antero Bangsa Dan Rasmaka (Ini Lagu Terpendek Di Dunia Yang Pernah Dicipta Dan Dinyanyikan Manusia Dengan Segala Kesungguhan Hatinya)'.

Jumlah kata dalam judul: 25 kata

11 dari 13 halaman

2. JKT48 - Kesimpulan Yang Sedikit Membuatku Malu Setelah Beberapa Hari Berpikir Akan Berubah Seperti Apakah Hubungan Kita Jika di Jalan Penuh Pohon Rindang Kukatakan Indahnya Senyum Manismu Dalam Mimpiku

Panjangnya judul lagu musisi mulai nggak masuk akal nih. Idol group JKT48 pernah merilis lagu berjudul 'Kesimpulan Yang Sedikit Membuatku Malu Setelah Beberapa Hari Berpikir Akan Berubah Seperti Apakah Hubungan Kita Jika di Jalan Penuh Pohon Rindang Kukatakan Indahnya Senyum Manismu Dalam Mimpiku' sebagai single ke-17 mereka pada 2017 lalu. Terlalu panjang, judul lagu tersebut kemudian dipangkas menjadi hanya 'Indahnya Senyum Manismu' saja.

Jumlah kata dalam judul: 27 kata

12 dari 13 halaman

1. Shorthand Phonetics - Tragedy in the Tradeoff, or, You Have Been Taken Over by the Goddess of Gossip and It Is Not a Good Look on You, Sister! (Well, That's the Easiest Way to Make You Stop Talking About All the Annoying People You Meet, Brother!)

Shorthand Phonetics © Diadona

Namanya memang nggak familiar. Wajar karena Shorthand Phonetics adalah band independent asal Bandung. Dalam album berjudul panjang 'Cantata no. 6 (Assistants of Assistants) in Varying Keys, Op. 25 for Three Electric Guitars, One Bass Guitar, One Drum Kit, One Tenor and Additional Voices Where Appropriate', terdapat satu track dengan judul yang nggak kalah panjangnya, yakni 'Tragedy in the Tradeoff, or, You Have Been Taken Over by the Goddess of Gossip and It Is Not a Good Look on You, Sister! (Well, That's the Easiest Way to Make You Stop Talking About All the Annoying People You Meet, Brother!)'.

Dengarkan lagu dari Shorthand Phonetics di sini.

Jumlah kata dalam judul: 43 kata

Beri Komentar