9 Manfaat Sejarah dalam Mempelajari Kehidupan Masyarakat

Reporter : Sheila Fathin
Kamis, 15 April 2021 16:47
9 Manfaat Sejarah dalam Mempelajari Kehidupan Masyarakat
Belajar sejarah membuat kita tidak hanya semakin kritis, tetapi juga semakin memiliki wawasan yang luas

Manfaat sejarah agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kita semua menjalani hidup di masa sekarang dan merencanakan masa depan. Sejarah membuat kita memahami hal-hal yang tidak harus atau tidak boleh kita lakukan. Sejarah mengajarkan bahwa hal-hal yang terjadi di masa lampau adalah sebuah pembelajaran yang bisa diambil hikmahnya. Maka dari itu, kita perlu mengapresiasi sejarah.

Sejarah memiliki peran penting dalam hidup kita. Hal itu karena sejarah bisa membuat kita semua memahami diri kita sendiri dan dunia disekitar kita. Dengan mempelajari sejarah, kamu akan mendapat banyak ilmu dan pikiranmu akan lebih kritis dari biasanya. Jadi, dengan mempelajari sejarah kamu memiliki banyak manfaat. Kira-kira manfaatnya apa saja ya?

1 dari 3 halaman

Manfaat Mempelajari Sejarah

Manfaat Sejarah © Diadona

Mengembangkan Pemahaman Tentang Dunia

Melalui sejarah, kita dapat mempelajari bagaimana masyarakat, sistem, ideologi, pemerintahan, budaya, dan teknologi masa lalu dibangun, bagaimana mereka beroperasi, dan bagaimana mereka berubah. Sejarah dunia yang kaya membantu kita melukiskan gambaran rinci tentang posisi kita saat ini.

Manfaat sejarah juga dapat mengembangkan pengetahuan kamu tentang sejarah berarti mengembangkan pengetahuan kamu tentang semua aspek di dunia ini dalam banyak sudut pandang.

Menjadi Orang yang Lebih Kritis dan Berwawasan Luas

Manfaat sejarah dengan mempelajarinya memberikan kita beberapa inspirasi dan membangkitkan semangat dan beberapa lainnya menunjukkan hal-hal kacau dan tidak bermoral. Sejarah juga mendorong pemahaman yang lebih tentang sebuah perbedaan. Membuat kita berpikir dari banyak sudut pandang dan tidak serta merta langsung mengiyakan situasi tertentu yang dirasa ketidak benarannya belum terbukti.

Memahami Identitas

Setiap bangsa memiliki cerita sejarahnya sendiri. Cerita-cerita seperti ini membentuk cara pikir kita tentang bagaimana suatu negara terbentuk dan lain sebagainya. Manfaat sejarah memberikan kita tempat belajar tentang bagaimana sebuah lembaga-lembaga dibentuk dan bagaimana mereka berkontribusi di dalamnya. Dengan cara itu membuat kita bisa membangun identitas kita sendiri dan menemukan siapa kita identitas kita sebenarnya.

2 dari 3 halaman

Manfaat Belajar Sejarah

Manfaat Sejarah © Diadona

Belajar sejarah tidak hanya memberikan kita pengetahuan tentang siapa pendiri bangsa kita, dan siapa pemimpin. Belajar sejarah membuat kita tahu dan bisa memilah hal-hal yang bisa dicontoh atau tidak. Berikut ini beberapa manfaat mempelajari sejarah :

Menjadi Terinspirasi 

Manfaat sejarah dari segi cerita-ceritanya dapat membuat individu terinspirasi untuk melakukan hal yang sama untuk melampaui hal-hal yang luar biasa. Belajar sejarah membuat kita mengingat orang-orang brilian dan tindakan-tindakan mereka yang telah mengubah bentuk bangsa. Tentunya, peristiwa-peristiwa yang kita dapat dari belajar sejarah membuat kita bisa termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi dari pendahulu.

Belajar dari Masa Lalu

Masa lalu dipenuhi dengan peringatan-peringatan. Dengan belajar sejarah kamu bisa merefleksikan peristiwa yang membangunnya. Kamu juga bisa belajar dari kesalahan masa lalu dan menolak untuk melakukan hal serupa yang jelas-jelas akan merugikan di masa depan.

Membantu Memecahkan Masalah Saat Ini

Manfaat sejarah membantu kita untuk memahami masalah-masalah saat ini dengan mengajukan pertanyaan yang lebih dalam tentang mengapa segala sesuatunya seperti itu. Belajar sejarah membuat kita bertanya-tanya kenapa kejadian G30SPKI menjadi masalah yang sensitif bagi rakyat Indonesia, kenapa perang di Eropa pada abad ke-20 penting bagi negara-negara di seluruh dunia? Bagaimana hal ini berdampak pada pembentukan dunia kita dan sistem politik global kita saat ini?

Membangun Kewarganegaraan yang Baik

Sejarah adalah aspek kewarganegaraan yang menjadi hal wajib untuk dipelajari.  Inilah salah satu alasan utama mengapa ini diajarkan sebagai bagian dari kurikulum sekolah. Orang-orang yang mendorong sejarah kewarganegaraan hanya ingin mempromosikan identitas nasional yang kuat dan bahkan loyalitas nasional melalui pembelajaran tentang keberhasilan individu dan kolektif.

3 dari 3 halaman

Manfaat Sejarah dalam Kehidupan Masyarakat

Manfaat Sejarah © Diadona

Sejarah juga mempengaruhi bagaimana pola pikir dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu, mempelajari sejarah memberikan manfaat untuk kita, yaitu :

Membuat Kita Belajar Memahami Orang Lain

Manfaat sejarah dalam kehidupan bermasyarakat sangat penting karena sejarah menjadi pengantar penting untuk Negara kita sendiri. Seperti halnya warisan etnis, budaya, dan leluhur. Sejarah juga merupakan alat yang bagus untuk memahami orang-orang yang berbeda dengan kita. Kita akan lebih bisa menjadi pribadi yang bertoleransi tinggi. 

Mendapatkan Karir Melalui Sejarah

Keterampilan yang diperoleh melalui pembelajaran tentang sejarah, seperti berpikir kritis, penelitian, menilai informasi, dll, semuanya adalah keterampilan berguna. Banyak pengusaha melihat keterampilan ini sebagai aset karyawan mereka untuk  mempekerjakan mereka yang memiliki gelar sejarah di berbagai peran dan industri.

Manfaat sejarah bagus sebagai tolak ukur masa lalu dan masa kini agar kita tetap terus bisa maju dan meraih impian kita. Selain itu dengan mempelajari sejarah, kamu akan berubah menjadi pribadi yang kritis dan berpengetahuan luas.

Beri Komentar