8 Ciri-Ciri Perubahan Sosial dan Budaya, Pengertian serta Penyebabnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 3 Februari 2021 20:22
8 Ciri-Ciri Perubahan Sosial dan Budaya, Pengertian serta Penyebabnya
Ciri-ciri perubahan sosial mencangkup perubahan yang terjadi tanpa henti di masyarakat karena mereka membutuhkan hidup yang lebih baik

Ciri-ciri perubahan sosial dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya bisa kita rasakan dan lihat dengan mudah. Salah satu hal yang paling nyata adalah gimana teknologi mengubah gimana cara hidup kita, ya kan?

Contohnya nih kalau dulu metode penyampaian informasi dilakukan dengan tatap muka langsung atau telpon, saat ini hal tersebut sudah bisa dilakukan via grup whatsapp. Mudah, murah, dan tentu saja jadi makin efisien.

Tapi gimana sih suatu kondisi yang berubah dari suatu waktu bisa dikatakan sebagai perubahan sosial? Seperti apa ciri-ciri perubahan sosial tersebut? Nah simak dulu yuk uraian Diadona yang dikumpulkan dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Perubahan Sosial

Pengertian Perubahan Sosial © Diadona

Perubahan sosial didefinisikan sebagai perubahan yang terjadi pada msayarakat dan berlansung tanpa henti. Perubahan ini bakalan terus terjadi sepanjang waktu karena sudah jadi hakikat manusia untuk selalu berubah sesuai dengan kebutuhan, ya kan?

Berikut ciri-ciri perubahan sosial di masyarakat.

Berkelanjutan

Ini adalah ciri-ciri perubahan sosial yang utama. Maksudnya bahwa seluruh masyarakat pasti bakalan mengalami perubahan, di manapun maupun kapanpun, bisa secara cepat atau juga lambat.

Mengapa sih manusia terus berubah? Ini udah jadi bagian dari sifat mereka sebagai makhluk sosial.

Imitatif

Imitatif atau suka meniru. Maksudnya gimana nih? Yakni terjadinya perubahan sosisal pada masyarakat karena masyarakat suka meniru gimana masyarakat lainya. Dan ini terjadi karena mereka saling berhubungan dan akhirnya saling terpengaruh

Disorganisasi Sementara

Perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat tak jarang bikin keadaan jadi agak kacau, atau yang disebut dengan diorganisasi. Ada bagian dari kehidupan masyarakat yang lambat beradaptasi. Tapi ciri-ciri perubahan sosial ini hanya berlangsung sementara saja kok

Hubungan Timbal Balik

Perubahan sosial tidak terbatas pada bidang material atau immaterial saja melainkan terjadi pada keduanya. Ini karena kedua aspek tersebut punya hubungan timbal balik.

Dilakukan dengan Sengaja

Sebagian besar perubahan memang terjadi dengan kesengajaan sebagai usaha masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, dan itu menjadi salahs atu ciri-ciri perubahan sosial. Meskipun dari ada juga nih perubahan dalam masyarakat yang berlangsung tak sengaja. Contohnya gimana?

Inovasi kendaraan agar bisa dioperasikan dengan lebih nyaman dan cepat membantu sistem transportasi masyarakat kita. Namun perlu diakui kalau ada perubahan tak sengaja seperti gimana para pengendara yang jadi ugal-ugalan di jalan.

Pengertian Perubahan Sosial © Diadona

Terjadi di Mana-Mana

Perubahan sossial bisa terjadi di mana aja, baik di masyarakat kota maupun di desa. Tapi ciri-ciri perubahan sosial ini berbeda kecepatannya antar tempat.

Penggolongan Watak

Perubahan sosial ini bisa dikategorikan dalam beberapa bentuk, misalnya proses sosial, perubahan struktur, perubahan struktur kelompok dan juga segmentasi.

Sering Menimbulkan Kontroversi

Konflik biasanya muncul sebagai akibat dari perubahan sosial, dan ini adalah hal yang biasa serta menjadi ciri-ciri dari perubahan sosial tersebut. Contohnya seperti apa nih?

Misalnya nih ketika teknologi bergandengan dengan transportasi dan memunculkan pilihan berupa ojek online, tentu hal ini membuat gesekan antara para pengemudi ojek konvensional dan moda transporasi umum lainnya. Tak jarang ini menjadi penyebab terjadinya konflik sosial di masyarakat, ya kan?

2 dari 3 halaman

Sebutkan Ciri-Ciri Perubahan Sosial dan Pengertiannya

Perubahan Sosial © Diadona

Selain dari ulasan Diadona di atas, kamu bisa mengetahui ciri-ciri perubahan sosial dari defisini para ahli berikut ini.

Max Weber

Dalam bukunya yang berjudul Sociological Writings, Max Weber mengatakan kalai perubahan sosial budaya merupakan perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akibat dari adanya ketidaksesuaian unsur-unsur di dalamnya.

Selo Soemardjan

Perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat, yang memengaruhi sistem sosial termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok dalam masyarakat.

William Kornblum

Dalam definisinya, perubahan sosial budaya adalah perubahan suatu budaya secara bertahap dalam jangka waktu yang lama.

J.L Gillin dan J.P Gillin

Keduanay berpendapat kalau perubahan sosial merupakan variasi dari cara-cara atau mode hidup yang telah diterima, bisa karena perubahan kondisi geografis, komposisi penduduk atau ideologi, dalam kebudayaan materil, maupun disebabkan oleh difusi atau penemuan-penemuan baru dalam kelompok.

Kingsley Davis

Terkait dengan perubahan sosial dan budaya, Kingsley Davis menyatakan kalau perubahan itu mencakup segenap cara berpikir dan bertingkah laku, yang timbul karena adanya interaksi yang bersifat komunikatif.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Perubahan Sosial Budaya dan Penyebabnya

Perubahan Sosial © Diadona

Mengenai kenapa sih perubahan sosial ini bsia terjadi, Horton menyebut kalau ada beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor internal dan juga faktor eksternal.

Faktor internal yakni kondisi atau perkembangan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat, misalnya nih demografis (kependudukan),faktor adanya penemuan baru, serta adanya konflik internal dalam masyarakat

Sementar itu faktor eksternal yang melatar belakangi perubahan sosial yakni kondisi atau perkembangan yang terjadi di luar lingkungan masyarakat yang bersangkutan, tetapi secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi perubahan sosial dalam masyarakat yang bersangkutan. Apa saja? Mulai dari pengaruh lingkungan alam, pengaruh unsur kebudayaan maupun aktualisasi.

Ciri-ciri perubahan sosial yang Diadona ulas dalam artikel berikut ini semoga membantu kamu ya!

Beri Komentar