Pengertian Perubahan Sosial Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 7 Juli 2020 10:33
Pengertian Perubahan Sosial Secara Umum dan Menurut Para Ahli
Pengertian perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat.

Pengertian perubahan sosial adalah perubahan dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial, nilai, dan pola perilaku individu di antara kelompok.

Sehingga faktor penyebab perubahan sosial adalah disebabkan adanya dorongan dari faktor internal dan eksternal. Seperti bertambah atau berkurangnya penduduk, konflik dalam masyarakat, serta pengaruh kebudayaan lain.

Namun, tingkat perubahan pada suatu kelompok masyarakat akan berbeda dengan kelompok masyarakat lainnya. Sebab, hal ini tergantung kebutuhan dan kesadaran anggota kelompok tersebut.

Nah, supaya kamu lebih paham dengan pengertian perubahan sosial, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Pengertian Perubahan Sosial Budaya

Pengertian Perubahan Sosial © Diadona

Setiap orang tentu mengalami perubahan ke arah yang lebih baik atau tidak. Meski begitu, kehidupan masyarakat pastinya akan selalu dinamis, dengan kata lain perubahan sosial budaya telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

Pengertian perubahan sosial budaya adalah perubahan yang terjadi pada tata kehidupan masyarakat, yang dimana di dalamnya terjadi pula perubahan nilai-nilai sosial kehidupan masyarakat. 

2 dari 5 halaman

Oleh karena itu, adapun penyebab terjadinya perubahan sosial budaya ialah sebagai berikut:

- Adanya pengaruh kebudayaan lain
- Terjadinya perubahan lingkungan alam
- Adanya konflik atau pemberontakan
- Perubahan jumlah penduduk

Sedangkan faktor penghambat perubahan sosial budaya ialah sistem pendidikan yang stagnan, sikap acuh pada hasil karya orang lain, serta intoleransi terhadap keragaman budaya.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial budaya akan memberikan dampak positif atau negatif. Sehingga, sebagai masyarakat kita diharapkan untuk bijak dalam menghadapi perubahan.

3 dari 5 halaman

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Perubahan Sosial © Diadona

Agar menambah wawasanmu semakin luas, adapun pengertian perubahan sosial menurut para ahli berikut ini:

1. Emile Durkheim

Perubahan sosial ialah perubahan yang terjadi sebagai hasil dari faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional menjadi masyarakat modern.

2. William F. Ogburn

Menurut William F. Ogburn, pengertian perubahan sosial merupakan perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial.

3. Prof. Selo Soemardjan

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan yang nantinya akan mempengaruhi sistem sosialnya.

4 dari 5 halaman

4. John Lewis Gillin dan John Phillip Gillin

Pengertian perubahan sosial ialah suatu variasi dari cara hidup yang diterima, sebagai akibat adanya perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, serta ideologi dalam masyarakat.

5. Robert M.I Lawang

Perubahan sosial menurut Robert M.I Lawang ialah proses yang terjadi dalam suatu sistem sosial dan terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur dalam suatu kurun waktu tertentu.

5 dari 5 halaman

Pengertian Perubahan Sosial Secara Umum

Pengertian Perubahan Sosial © Diadona

Pengertian perubahan sosial secara umum ialah perubahan yang terjadi pada masyarakat mengenai nilai-nilai sosial, norma, ataupun pola dalam kehidupan manusia.

Sebab, hakikatnya setiap masyarakat tentu akan mengalami perubahan-perubahan kalau membandingkan suatu masyarakat di masa tertentu dengan masyarkat di masa lampau.

Sehingga pada dasarnya masyarakat akan terus menerus mengalami perubahan. Namun, perubahan tersebut tidak selalu sama karena terdapat suatu masyarakat dengan perubahan yang lebih cepat dibandingkan dengan lainnya.

Hal ini pun juga dibenarkan oleh pendapat ahli, Samuel Koenig, bahwa perubahan sosial merupakan modifikasi dari pola masyarakat.

Dengan begitu, pengertian perubahan sosial ialah perubahan situasi dalam masyarakat akibat adanya ketidaksesuaian unsur-unsur dan perkembangan teknologi.

Beri Komentar