7 Manfaat Dzikir Pagi dan Petang, Bikin Hati Jadi Tenang hingga Dijanjikan Surga

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 30 Maret 2021 12:31
7 Manfaat Dzikir Pagi dan Petang, Bikin Hati Jadi Tenang hingga Dijanjikan Surga
Salah satu manfaat dzikir pagi dan petang bisa mendekatkan diri pada Allah SWT.

Setiap orang pasti punya masalah dalam hidupnya. Sehingga, bagi umat Islam, Allah telah memerintahkan hambanya untuk membaca dzikir pagi dan petang agar bisa keluar dari kegelapan. Oleh karena itu, dzikir disunahkan untuk dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Ya, walaupun bisa dilakukan kapan saja, namun dzikir sangat dianjurkan pada pagi dan sore hari. Sebab, manfaat dzikir pagi dan petang ini bisa menjadi bentuk rasa syukur serta memiliki keutamaan yang luar biasa kalau terus dilakukan.

Lantas, apa saja manfaat dzikir pagi dan petang bagi umat muslim? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Dzikir Pagi dan Petang

Manfaat DzikirManfaat Dzikir © shutterstock.com/Mrs_ya

1. Mendapat Kasih Sayang Allah

Manfaat Dzikir pagi dan petang ialah mendapatkan kasih sayang Allah SWT. Hal ini tertulis dalam QS. Al-Ahzab: 42-43 sebagai berikut:

“ Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan sore, Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman”.

Sehingga, orang yang berdzikir diibaratkan seperti orang yang mencintai Allah karena selalu mengingatNya dalam keadaan serta aktifitas apapun, tentunya setiap kebaikan yang dilakukan seorang hamba akan mendapat kebaikan berlipat dari Allah, yaknin Allah akan memberi kasih sayangNya pada hamba tersebut melebihi apa yang bisa dibayangkan dan dipikirkan.

2. Mendekatkan Diri pada Allah

Manfaat dzikir pagi dan petang juga bisa mengingatkan diri pada kehidupan setelah kematian, serta membuat selalu ingat akan kebesaran-Nya.

Oleh karena itu, berdzikir adalah salah satu amalan yang paling disukai Allah SWT. Hal ini tertuang dalam hadis yang berbunyi:

“ Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para Sahabat yang hadir berkata: “ Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “ Dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

2 dari 3 halaman

3. Dijanjikan Surga

Ilustrasi tangan berdoaIlustrasi tangan berdoa © liputan6.com

Dikarenakan termasuk amalan yang disukai Allah SWT, maka manfaat dzikir tentunya memiliki ganjaran yang luar biasa, yakni siapa pun yang berdzikir setiap harinya akan dijanjikan surga oleh Allah SWT.

Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“ Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari (7/150, no. 6306).

4. Diberikan Rezeki Barokah

Seperti diketahui, bahwa rezeki bukan hanya berupa materi, namun juga keluarga yang harmonis, teman-teman yang mendukung dan kesehatan jasmani serta rohani.

Akan tetapi, kata rezeki memang tak bisa dipisahkan dari urusan materi. Sehingga, banyak orang yang sudah memiliki uang banyak, rumah besar, dan mobil mewah, masih merasa kekurangan. Mungkin hal ini disebabkan rezeki yang didapatkannya tidak berkah.

Nah, agar tidak termasuk golongan orang-orang yang kurang bersyukur, maka berdzikirlah. Sebab, manfaat dzikir yang satu ini ialah supaya rezeki yang kamu dapatkan diberkahi oleh Allah SWT.

3 dari 3 halaman

5. Mengingat akan Kehidupan Setelah Kematian

Ilustrasi KuburanIlustrasi Kuburan © https://kathmandupost.com

Manfaat dzikir ternyata juga akan mengingatkan kamu akan kematian lho, guys. Dimana hal tersebut adalah perbuatan yang dianjurkan supaya jauh dari dosa, tentunya hal ini karena selalu mengingat Allah. Dengan berdzikir pagi dan petang, maka kamu akan selalu takut untuk berbuat dosa sebab ingat kematian bisa datang kapan saja.

6. Amalan Paling Baik di Mata Allah

“ Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para Sahabat yang hadir berkata: “ Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “ Dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

Dalam islam tentunya banyak amalan yang mendatangkan pahala, namun yang menjadi salah satu amalan tertinggi di mata Allah ialah berdzikir. Oleh karena itu, manfaat dzikir yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja mengingat amalan berdzikir ini merupakan sesuatu yang mudah dan tak perlu dengan modal apapun, hanya cukup menyebut serta mendalami bacaan dzikir yang diucapkan.

7. Mendapat Anugrah Rasa Sabar

Manfaat dzikir yang terakhir adalah kamu akan mendapatkan anugrah rasa sabar yang luar biasa. Hal ini tertuang dalam hadis yang berbunyi:

“ Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya)” (QS. Qaf: 39).

Wah, ternyata manfaat dzikir pagi dan petang bagi umat Muslim sangat luar biasa ya, guys. Semoga setelah mengetahui manfaatnya, mulai sekarang kamu jadi rajin berdzikir.

Beri Komentar