9 Manfaat Bunga Rosella Kering dan Teh Rosella untuk Kesehatan, Enak dan Kaya Antioksidan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 4 Januari 2021 11:55
9 Manfaat Bunga Rosella Kering dan Teh Rosella untuk Kesehatan, Enak dan Kaya Antioksidan
Manfaat bunga rosella untuk kesehatan ada banyak sekali, mulai dari menurunkan berat badan hingga menurunkan kolesterol darah. Tapi, ada efek sampingnya juga lhooo

Manfaat bunga Rosella sudah dikenal luas untuk kesehatan dan juga kecantikan. Beberapa diantaranya sudah dibuktikan melalui penelitian, namun beberapa lainnya justru memberikan hasil yang kontradiktif. Meski begitu, potensi tanaman ini nggak boleh dilewatkan begitu saja.

Tanaman ini berasal dari Afrika Utara dan Asia Tenggara meski juga banyak tumbuh di iklim tropis dan juga subtropis. Di seluruh dunia, tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai makanan dan juga obat.

Di Indonesia, tanaman Rosella populer banget lho dengan manfaat bunga Rosella dalam pengobatan herbal. Dikutip dari Steemit.com, tanaman ini dulunya dikenal dengan istilah frambozen trus sering dimanfaatkan buat bikin sirup framboze. Saat ini manfaat bunga Rosella lebih dikenal sebagai bahan pembuatan teh Rosella.

Tanaman Rosella berbentuk semak dengan tinggi sekitar 1.5 meter. Bunganya muncul dari ketiak daun, terdiri dari 8-11 helai kelopak yang berbulu dengan panjang 1 cm, pangkalnya saling berlekatan, dan berwarna merah.

Masih menurut Greeners nih, bunga Rosella mengandung banyak banget bahan yang biak untuk tub uh. Dalam 100 gram bunga Rosella misalnya terdapat 85 g air, 3.3 g protein, 0.3 g lemak, 9 g karbohidrat, 1.6 g serat, 213 mg Ca, 93 mg P, 4.8 mg Fe, 4.1 mg b-carotene, 0.17 g Vitamin B1, 0.45 mg vitamin B2, 54 mg vitamin C, 1.2 mg niacin, dengan total energi sebesar 180 kJ.

1 dari 3 halaman

Manfaat Bunga Rosella Merah

Manfaat Bunga RosellaManfaat Bunga Rosella © 2021 steemit.com/

Kelopaknya yang berwarna merah bakalan menghasilkan minuman berwarna merah segar dengan rasa yang enak, yang disebut dengan jus rosella. Sementara itu ketika dibuat teh, bunga rosella merah bakalan menghasilkan warna merah.

Dilansir dari beberapa sumber jurnal penelitian, seperti ini nih manfaat bunga Rosella.

Mencegah Konstipasi

Magnesium yang ada di bunga Rosella bisa membantu sata kmu sembelit lho. Ini karena di dalam bahan tersebut ada senyawa yang membantu melemaskan otot-otot usus, sehingga menghasilkan gerakan yang lebih lembut ketika sedang BAB.

Bunga Rosella juga memiliki kandungan senyawa yang bisa menarik air, membuat tinja jadi lebih lunak dan membuatnya lewat di usus jadi lebih mudah. Meski begitu masih nggak diketahui gimana cara mengkonsumsinya secara benar untuk mendapatkan manfaat bunag Rosella secara optimal.

Menghilangkan Lesu

Bunga Rosella punya kandungan fosor yang memiliki kemampuan buat menghilangkan masalah kesehatan kecil seperti kelemahan otot, mati rasa, kelelahan dan penyakit serupa lainnya. Selain itu, fosfor tersebut juga bsia lho untuk mengobati kelemahan seksual seperti hilangnya libido, impotensi dan motilitas sperma. Meski begitu nggak jelas diketahui gimana cara mengkonsumsi agar manfaat bunga rosella tersebut bisa sampai ke tubuh.

Meningkatkan Kesehatan pada Ibu Hamil

Ibu hamil kudu mengkonsumsi banyak zat besi dibandingkan yang lainnya, dan salah satu makanan yang tinggi adalah bunga rosella ini. Meski begitu masih belum ada nih paduan yang jelas tentang gimana konsumsinya agar manfaat bunga rosella bisa memberikan hasil yang optimal dan aman.

Perawatan untuk Flu

Bunga rosella mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga tubuh dari flu dan batu. Selain itu juga meningkatkan penyerapan zat besi dan menguatkan tubuh dari serangan infeksi serta virus. Sayangnya, beberapa penelitian yang membuktikan manfaat bunga rosella tersebut dilakukan dari ekstrak rosella.

2 dari 3 halaman

Manfaat Teh Bunga Rosella

Manfaat Bunga RosellaManfaat Bunga Rosella © 2021 medicalnewstoday.com

Teh bunga Rosella adalah teh herbal yang dibuat dengan menyeduh kelopak bunga dalam air mendidih. Rasanya asam, mirip dengan buang cranberry dan bisa dinikmati dalam keadaan panas atau dingin.

Mengutip Healthline, saat ini ada banyak banget penelitian yang berhasil menemukan apa aja manfaat bunga rosella yang diolah menjadi teh, mulai dari menurunkan tekanan darah, melawan bakteri, dan bahkan membantu menurunkan berat badan.

Pada penasaran kan dengan manfaat bunga Rosella yang diolah jadi teh tersebut? Yuk intip dalam ulasan berikut ini:

Tinggi Kandungan Antioksidan

Kandungan tinggi antioksidannya telah terbukti mampu memncegah kerusakan dan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan radikal bebas. Tapi sayangnya penelitian ini baru dilakukan pada tikus penelitian sehingga belum diketahui gimana manfaat bunga rosella dalam teh bila diberikan kepada manusia.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat bunga Rosella yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian udah menemukan nih kalau teh bunga Rosella bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Dalam sebuah review lima penelitian di tahun 2015 lalu udah membuktikan kalau manfaat bunga Rosella yang dikonsumsi dalam bentuk teh bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata masing-masing 7,58 mmHg dan 3,53 mmHg.

Tapi penting diingat kalau teh bunga Rosella ini nggak boleh diminum oleh mereka yang sedang mengonsumsi hydrochlorothiazide, sejenis diuretik yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Mengapa? karena kandungan dalam teh bunga Rosella dapat berinteraksi dengan obat.

Menurunkan Kolesterol

Ada banyak ragam hasil penelitain mengenai manfaat bunga rosella terhadap kadar kolesterol dalam darah. Ada yang membutikan keefektivitasannya, namun ada juga yang sebaliknya. Dengan kata lain, masih diperlukan banyak penelitian dengan standar kualiats yang baik untuk benar-benar membuktikan menafaat bahan tersebut pada kolesterol tubuh.

Manfaat Bunga RosellaManfaat Bunga Rosella © 2021 shutterstock.com

Membantu Menurunkan Kadar Lemak Darah

Selain itu, manfaat bunga Rosella dalam teh yakni membantu menurunkan kadar lemak darah, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Sayangnya nih beberapa penelitian menyimpulkan hasil yang berbeda.

Faktanya, dari hasil review pada enam penelitian pada 474 orang membuktikan kalau manfaat bunga rosella dalam bentuk teh nggak terlalu signifikan terhadap pengurangan kadar kolesterol atau trigliserida dalam darah.

Rasanya Enak dan Mudah Dibuat

Manfaat bunga rosella ini makin banyakd iminati karena rasanyta yang enak dan gampang dibikin. Kamu cuman perlu menambahkan bunag rosella ke dalam teko trus tuang air mendidih. Biarkan terendam selama lima menit, lalu saring, tambahkan gula atau madu jika diinginkan dan nikmatilah.

Efek Samping Teh Rosella

Meski merupakan obat herbal tak membuat teh bunga Rosella ini bisa dikonsumis sembarangan lho. Konsumsi teh Rosella dalam dosis tinggi disebut bisa menyebabkan pusing, bahkan pingsan. Ini terutama bagi mereka yang punya kondisi gula darah rendah, disarankan nggak mengkonsumsi teh bunga Rosella secara berlebihan.

Selain itu, mengutip dari Greeners, bahwa teh bunga Rosella bisa menginduksi menstruasi sehingga harus dihindari oleh wanita yangs edang hamil. Bila kamu sedang mengkonsumsi minuman ini dan menjalani pengobatan, sangat disarankan untuk menginformasikan hal tersebut kepada dokter untuk menghindari komplikasi dan efek samping.

Mereka yang memiliki gula darah rendah sebaiknya tidak mengonsumsi banyak.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Bunga Rosella Kering

Manfaat Bunga RosellaManfaat Bunga Rosella © 2021 doyoueventourist.com/

Bunga rosella biasanya dipanen saat masih belum mekar, trus dikeringkan untuk memperpanjang umur simpannya. Bunga kering inilah yang sering dimanfaatkan untuk membuat teh, sirup atau malah biasnaya ditambahkan sebagai bahan masakan tradisional India.

Dengan bunga rosella dalam bentuk yang udah kering tentunya bakalan lebih mudah dalam pengemasan, distribusi dan juga memperpanjang umur simpan. Dengan kata lain, pengeringannya juga akan menambahkan nilai ekonomis dari bahan ini, bukan?

Kamu bisa mendapatkan bunga rosella kering di toko online dengan harga bervariasi.

Manfaat bunga rosella emang banyak dan beragam, meski begitu bila dikaitklan dengan kegunaannya di bidang kesehatan, tanaman herbal ini nggak boleh menggantikan perawatan medis ya! Selain itu konsumsinya juga harus hati-hati serta nggak boleh sembarangan.

Beri Komentar