6 Penyebab Perang Dunia 2, Konflik Global yang Tewaskan 85 Juta Jiwa

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 24 Agustus 2020 10:36
6 Penyebab Perang Dunia 2, Konflik Global yang Tewaskan 85 Juta Jiwa
Secara umum, penyebab Perang Dunia 2 adalah karena ketidakpuasan pada Perang Dunia 1.

Sebenernya kerusakan dan kehancuran yang terjadi karena Perang dunia 1 bener-bener mengerikan, hingga disebut sebagai perang yang mengakhiri segala perang. Sayangnya, kesepakatan yang mengakhiri Perang Dunia 1 ternyata nggak menyelesaikan perkara dunia. Nah, menurut beberap ahli sejarah, inilah yang kemudian jadi penyebab Perang Dunia 2.

Tapi, itu bukan satu-satunya. Banyak hal yang menjadi penyebab Perang Dunia 2, perang yang melibatkan 30 negara dan disebut sebagai perang paling mematikan di dunia. Jumlah korban diperkirakan mencapai 70 hingga 85 juta jiwa dari kalangan militer dan sipil.

Lalu, apa saja penyebab Perang Dunia 2 dimulai dan berkecamuk?

1 dari 3 halaman

Penyebab Perang Dunia 2

Penyebab Perang Dunia 2 © Diadona

Perang Dunia 2 melibatkan hampir setiap bagian dunia, terjadi pada tahun 1939-1945. Dikutip dari Britannica dan LPCS.org, yang berperang utama adalah kekuatan poros, yaitu Jerman, Italia dan Jepang dan Sekutu yang terdiri dari Prancis, Inggris, Amerika, Uni soviet, dan pada tingkat yang lebih rendah, yaitu China.

Penyebab Perang Dunia 2, antara lain

Perjanjian Versailles dan Pembalasan Dendam Jerman

Pengalaman yang menghancurkan di Perang Dunia 1 membuat negara pemenang berjuang untuk menghindari pengulanga perang. Atas desakan Prancis, lahirlah Perjanjian Versailles yang membuat Jerman mau tak mau harus membayar semua kerugian perang. Jerman harus kehilangan wilayahnya dan dilarang memiliki kekuatan militer yang besar.

Dan justru inilah yang jadi penyebab Perang Dunia 2. Karena, orang Jerman yang nasional semakin terbuka dengan ide yang diajukan siapapun untuk memperbaiki penghinangan Versailles.

Kehancuran Ekonomi

Hiperinflasi menghantam Jerman pada 1923 hingga 1924, yang selanjutnya memfasilitasi perkembangan awal karir Hitler. Memang, kemerosotan ekonomi adalah awal dari semua kondisi kerusuhan sipil, ekonomi, dan internasional.

Ekonomi menyusut, perdagangan berurang, bisnis banyak yang tutup, arga jatuh, bank bangkrut dan penganggurang bertambah. Selama masa tersebut, orang cenderung mencari pemimpin politik yang kuat untuk menyelesaikan masalah mereka. Dan bangkitlah Hitler, menjadi pemimpin Jerman, menjanjikan pemulihan kekayaan dan kekuasaan, dan secara nggak langsung jadi penyebab Perang Dunia 2.

Militer Jerman

Secara diam-diam, Hitler mulai membangun tentara dan persenjataan Jerman. Di tahun 1963, Hitler memerintahkan pasukan Jerman untuk menyusup masuk ke wilayah Prancis, Austria dan Ceko yang menggunakan bahasa Jemrna.

Pada saat itu, Prancis dan Inggris sedang tidak bersiap untuk perang. Pada saat itu juga Jerman membentuk aliansi dengan Italia dan Jepang.

Kegagalan Penenangan

Penenangan berarti menyetujui tuntutan negara lain untuk menghindari konflik. Selama tahun 1930-an, politisi di Inggris dan Prancis mulai mempercayai Perjanjian Versailles
tidak adil bagi Jerman dan bahwa tindakan Hitler dapat dimengerti dan dibenarkan.

Keyakinan ini juga diadopsi oleh Inggris, dengan lahirnya Perjanjian Munich yang mengizinkan Jemrna mencaplok wilayah Ceko di mana tinggal para warga yang berbahasa Jerman.

Namun di bulan Maret 1939, Jerman melanggar janjinya dengan mencaplok seluruh wilayah Ceko. Inilah yang kemudian menjaid penyebab Perang Dunia 2.

Baik Inggris maupun Prancis siap mengambil tindakan militer. Kemudian, pada 1 September 1939, pasukan Jerman menginvasi Polandia. Inggris dan Prancis segera menyatakan perang terhadap Jerman. Perang dunia II telah dimulai di Eropa.

2 dari 3 halaman

Penyebab Terjadinya Perang Dunia 2

Penyebab Perang Dunia 2 © Diadona

Terjadinya Perang Dunia 2 juga ditambah oleh sebab-sebab berikut:

Kegagalan PBB

PBB adalah suatu lembaga untuk menjaga perdamaian dunia. Maksudnya nih untuk menjaga kerukunan antara negara dan menfasilitasi mediasi bagi perselisihan antar negara.

Sayangnya, ide ini gagal. Karena ternyata nggak smeua negara mau bergabung dengan PBB, pun PBB juga nggak memiliki tentara untuk mencegah agresi militer, seperti invasi Italia ke Ethiopia di Afrika atau invasi Jepang ke Manchuria di Tiongkok. Nah, inilah yang kemudian jadi salah satu penyebab Perang Dunia 2.

Militerisme Jepang

Tahun 1931 adalah masa depresi ekonomi yang parah bagi Jepang. Warganya kehilangan kepercayaan kepada pemerintah. akhirnya, mereka beralih menjadi tentara untuk mencari solusi dari masalah ekonomi mereka.

Untuk menghasilkan banyak barang, Jepang membutuhkan sumber daya alam untuk pbrik. Akhirnya, mereka menginvasi Tiongkok yang dikenal punya banyak kekayaan mineral dan SDA.

Selanjutnya, China meminta bantuan PBB, yang tak dianggap oleh Jepang. Jepang mulai menginvasi daerah lain di Asia Tenggara termasuk Vietnam, yang pada akhirnya membuat Amerika Serikat merasa khawatir.

Kondisi yang memanas antara Jepang dan Amerika serikat tersebut memuncak ketika Jepang menyerang pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai, pada bulan Desember 1941. Inilah yang jadi penyebab Perang Dunia 2 benar-benar meletus di Asia.

3 dari 3 halaman

Penyebab Khusus Perang Dunia 2

Penyebab Perang Dunia 2 © Diadona

Deklarasi dimulainya Perangdunia 2 terjadi pada tanggal 8 Desember 1941, sehari setelah Jepang menyerang Pangkalan Militer amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai. Bisa dibilang, inilah penyebab perang Dunia 2 secara Khusus.

Lalu, pasukan Jepang mendarat di Filipina, Vietnam, Laos, Kamboja dan Singapura. Pada April 1942, kawsan tersbeut berada di bawha penjajahan Jepang.

Selama kurun waktu tiga tahun, perang berkecamuk antara kekuatan poros dan sekutu yang menghasilkan kelalahan dari pihak Jerman. Pukulan serangan berturut-turut akhirnya membuat Hitler bunuh diri dan Jerman menyerah.

Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada bulan Agustus 1945, berujung pada penyerahan diri Jepang yang jadi penyebab Perang Dunia 2 berakhir.

Penyebab Perang Dunia bisa dibilang muncul karena pembalasan dendam dari Perang Dunia 1, yang justru malah membuat kerugian lebih besar bagi negara yang kalah.

Beri Komentar