5 Ciri-Ciri Jagung, Lengkap Tiap Bagian Tumbuhan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 18 Maret 2021 17:02
5 Ciri-Ciri Jagung, Lengkap Tiap Bagian Tumbuhan
Ciri-ciri jagung akan dibasa mulai dari akar, batang, daun hingga bunganya

Ciri-ciri tanaman jagung sangat mudah disebutkan terlebih bila kamu sudah akarab dengan tanaman ini. Tapi ada banyak ciri khusus lainnya mulai dari morfologi dan lainnya.

Tahu nggak sih, tanaman jagung sebenarnya telah dikenal sejak 5000 tahun yang lalu di Amerika dan punya peran penting dalam budaya Amerika kuno. Tanaman ini kemudian menyebar ke Spanyol di abad ke -6 dan bisa ditemui di seluurh dunia dengan budidaya yang memperhatikan sistem irigasi dan cuaca agar bisa bertumbuh dengan baik.

Jagung nggak cuman untuk bahan pangan makania, tapi juga untuk pakan ternak, bahan bakar nabati hingga bahan baku industri. Selengkapnya tentang jagung dan ciri-ciri jagung bisa kamu intip di artikel Diadona berikut ini.

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Tanaman Jagung

Ciri-Ciri Jagung © Diadona

Tanaman jagung berasal dari keluarga Graminae ( Poaceae ), umumnya dikenal sebagai keluarga rumput. Jagung merupakan tanaman rumput tahunan yang tumbuhnya bisa mencapai tinggi 2 meter.

Akar

Jagung masuk dalam kelompok tumbuhan berkeping satu atau monokotil, sehingga ciri-ciri jagung adalah berakar serabut. Tapi, serabutnya kuat lho karena bisa tumbuh dengan kedalaman antra 20 sampai 80 sentimeter.

Melansir Padang Ekspress, akar serabut jagung juga sering muncul ke permukaan tanah untuk menopang tumbuhan yang sudah dewasa. Akar ini disebut dengan akar adventif.

Batang

Sebagai tumbuhan monokotil, ciiri-ciri jagung adalah pada batangnya yang tak berkayu. Tinggi batang tanaman jagung bisa mencapai 2 – 2.5 m dengan ruas yang berjarak setiap 20 cm.

Di ruas batang terdapat buku-buku yang jadi tempat menempelnya daun. Ciri-ciri jagung yaitu punya tiga bagian batang, yakni bagian pusat, jaringan pembuluh, dan kulit luar yakni epidermis yang punya tekstur seperti gabus, tapi bagian luar yang memang cukup keras. Bagian ruas batang biasanya ditutupi oleh pelepah yang berfungsi melindungi batang.

Daun Pohon Jagung

Daun jagung memiliki panjang bisa mencapai 1.2 meter dengan helai lebar sekitar 9 cm. Ciri-ciri jagung adalah daunnya yang sempurna karena memiliki helai, pelepah, dan tangkai daun. Di antara tangkai dan pelepahnya terdapat ligula.

Daun jagung punya tekstur yang licin atau berambut, dua tekstur utama dalam daunnya. Stomatanya bakal mengontrol kekurangan air pada sel daun dan sangat berperan penting saat tumbuhan mengalami kekeringan. Apa yang stomata lakukan?

Lubang stomata akan menutup dan penguapan akan dikurangi dengan cara melipat daun ke bawah.

Tongkol atau Bonggol

Yakni tempat di mana buah akan tumbuh dan letaknya ada di ketiak daun. Dalam satu tanaman jagung terdiri dari 1-5 buah tongkol, namun hanya satu atau dua saja yang produktif. Tongkol ini diselimuti oleh dinding pericarp yang akan melindunginya dari luar.

Bunga

Ciri-ciri jagung adalah memiliki bunga sempurna. Apa itu? Yakni keberadan bunga jantan dan juga bunga betina.

Bunga jagung berperan untuk menghasilkan buah tongkol atau bonggol yang selanjutnya bisa menjadi buah jagung. Bunga jagung jantan terletak terpisah dengan bunga betina, yaitu berada di ujung atas tanaman. Bunga betinanya sendiri terletak di ujung tongkol.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Pohon Jagung dan Kandungan Gizinya

Tanaman ini memang bnyak dikonsumsi masyarakat di dunia. Namun sayangnya, jagung punya nilai gizi yang lebih rendah ketimbang sereal lainnya. Proteinya punya kualitas yang buruk dan juga rendah niasin. Apa itu? Yakni vitamin B3 yang banyak ditemukan di produk sereal.

Dikutip dari Web MD, jagung kaya akan vitamin C , antioksidan. Warna kuning pada jagung adalah sumber karotenoid lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata dan membantu mencegah kerusakan lensa yang menyebabkan katarak

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Tumbuhan Jagung dan Manfaatnya

Ciri-Ciri Jagung © Diadona

Untuk kepentingan komersial, jagung dibedakan berdasarkanm tekstur kernelnya, termasuk jagung manis, jagung popp corn, lekuk jagung dan juga jagung India.

Ciri-ciri jagung berdasarkan kelopok ini yakni:

Jagung manis, berwarna kuning atau putih dan punya rasa manis saat dimasak

Jagung pop corn, memiliki bagian tengah yang lembut dan bertepung yang dikelilingi olhe vangkang keras berwarna emas. Di dalamnya terdapat kandungan setets air yang saat dipanaskan di wajan untuk membuat pop corn, kelembaban di dalamnya mengeluarkan uang. Uap tersebut akan membentuk tekanan sampai di titik di mana bagian kernel jagung meledak dan bagian tengahnya terbuka membentuk pop corn.

Jagung India atau jagung flint lebih keras ketimbang jagung manis dan bisa berwarna merah, putih, hitam atau biru. Biasanya jagung ini digunakan untuk dekorasi.

Lekuk jagung yang punya warna putih dan kuning. Dinamakan demikian karena punya lekukan di bagian atas setiap bijinya, dimanfaatkan untuk pakan ternak dan makan seperti tortilla atau bubur jagung.

Ciri-ciri jagung berikut ini semoga bisa membantu kamu lebih memahami tentang morfologi tanaman ini ya!

Beri Komentar