28 Kata-Kata Mutiara Kehidupan dan Cinta ala Chairil Anwar

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 28 September 2020 08:19
28 Kata-Kata Mutiara Kehidupan dan Cinta ala Chairil Anwar
Inilah kata-kata mutiara Chairil Anwar, penyair terkemuka Indonesia yang sangat inspiratif.

Di kalangan para pencinta karya sastra, nama Chairil Anwar tentunya cukup populer. Chairil Anwar merupakan satu di antara penyair ternama di Indonesia yang telah membuat banyak puisi tentang kehidupan maupun cinta.

Selain sebagai karya sastra, puisi Chairil Anwar juga dinilai mampu menyadarkan seseorang untuk memandang kehidupan dengan perspektif baru. Sehingga, kata-kata mutiara Chairil Anwar dipercaya bisa membangkitkan semangat dan meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan.

Penasaran? Yuk simak ulasan beirkut tentang kata-kata mutiara Chairil Anwar yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Kata-kata Mutiara Tentang

Kata-Kata Mutiara © Diadona

Tak jarang, sebuah kata-kata memiliki peran yang cukup besar untuk membangkitkan semangat seseorang saat sedang merasa tidak baik-baik saja. Meskipun hanya sekedar kata-kata mutiara, namun ungkapan tersebut memiliki makna yang mendalam untuk setiap orang yang merasakannya.

Salah satunya ialah kata-kata mutiara Chairil Anwar tentang kehidupan berikut ini yang bisa membuatmu kembali bersemangat dan memotivasi diri.

1. " Ada yang berubah, ada yang bertahan. Karena zaman tak bisa dilawan. Yang pasti kepercayaan harus diperjuangkan."

2. " Hidup hanya menunda kekalahan, tambah terasing dari cinta sekolah rendah, dan tahu, ada yang tetap tidak diucapkan, sebelum pada akhirnya kita menyerah."

3. " Aku hidup dan berada dalam seluruhnya. Aku sendiri yang berhak atas kebenaran diriku. Dan kenikmatan yang terasa dalam berbuat sesuatu menandakan bahwa aku memang musti melakukannya."

4. " Sekeliling kita hanya berani menjadi sebagian dari mereka sendiri, yang paling disingkirkan ialah untuk membulat, menjadi diri mereka sendiri. Sekeliling kita hanya mencontoh. Contoh yang diturutnya ialah contoh yang dipilihkan baginya karena desakan-desakan, keadaan-keadaan sekeliling mereka pula."

5. " Sesudah masa mendurhaka pada Kata kita lupa bahwa Kata adalah yang menjalar mengurat, hidup dari masa ke masa, terisi padu dengan penghargaan, Mimpi, Pengharapan, Cinta dan Dendam manusia."

6. " Hidup berlangsung antara buritan dan kemudi. Pembatasan cuma tambah menyatukan kenang."

7. " Di air yang tenang, di angin mendayu, di perasaan penghabisan segala melaju. Ajal bertakhta, sambil berkata: Tujukan perahu ke pangkuanku saja."

8. " Kami coba simpan nestapa, kami coba kuburkan duka lara, tapi perih, tak bisa sembunyi. Ia menyebar kemana-mana."

9. " Kami cuma tulang-tulang berserakan. Tapi adalah kepunyaanmu. Kaulah lagi yang tentukan nilai tulang-tulang berserakan."

10. " Aku berbenah dalam kamar, dalam diriku jika kau datang dan aku bisa lagi lepaskan kisah baru padamu."

11. " Aku menyeru, tapi tidak satu suara membalas, hanya mati di beku udara."

12. " Jadi, Isi gelas sepenuhnya lantas kosongkan. Tembus jelajah dunia ini dan balikkan."

13. " Di air yang tenang, di angin mendayu, di perasaan penghabisan segala melaju. Ajal bertakhta, sambil berkata: Tujukan perahu ke pangkuanku saja."

Itulah kata-kata mutiara Chairil Anwar tentang kehidupan dan cinta yang bisa kamu jadikan sebagai motivasi. Semoga bermanfaat!

2 dari 2 halaman

Kata-kata Mutiara Chairil Anwar Tentang Kehidupan

Kata-Kata Mutiara © Diadona

Bagi beberapa orang, tak mudah untuk menuangkan perasaannya melalui tulisan. Sehingga tak banyak juga dari mereka yang langsung memilih untuk mengutarakan langsung daripada menuangkan melalui tulisan.

Namun, ternyata banyak kutipan penyair yang bisa ditiru untuk mewakili perasaan. Misalnya seperti Chairil Anwar. Ia merupakan salah satu penyair legendaris di Indonesia yang cukup terkenal dan dijuluki sebagai " Si Binatang Jalang" .

Untuk itu, berikut kata-kata mutiara Chairil Anwar tentang cinta yang bisa membantumu dalam menyampaikan perasaan ataupun meningkatkan kepekaan.

1. " Bercinta memang mudah, untuk dicintai juga memang mudah. Tapi untuk dicintai oleh orang yang kita cintai itulah yang sukar diperoleh."

2. " Cinta adalah sesuatu yang murni, luhur dan diperlukan. Yang buta adalah bila cinta itu menguasai dirimu tanpa suatu pertimbangan."

3. " Cinta hanya sebuah keindahan perasaan, cinta akan bertukar menjadi tanggung jawab apabila terbinanya sebuah rumah tangga."

4. " Cinta sebenarnya adalah membiarkan orang yang kamu cintai menjadi dirinya sendiri dan tidak merubahnya."

5. " Cinta itu tidak menjanjikan sebuah rumah tangga aman damai, tetapi penerimaan dan tanggung jawab adalah asas utama kebahagiaan rumah tangga."

6. " Kejarlah cita-cita sebelum cinta, apabila tercapainya cita-cita maka dengan sendirinya cinta itu akan hadir."

7. " Kejarlah cinta seperti kamu mengejar waktu dan apabila kamu sudah mendapat cinta itu, jagalah ia seperti kamu menjaga dirimu."

8. " Janganlah kau tangisi perpisahan dan kegagalan bercinta, karena pada hakikatnya jodoh itu bukan ditangan manusia."

9. " Cinta sebenarnya tidak buta. Cinta adalah sesuatu yang murni, luhur dan diperlukan. Yang buta adalah bila cinta itu menguasai dirimu tanpa suatu pertimbangan."

10. " Jika saja kehadiran cinta sekedar untuk mengecewakan, lebih baik cinta itu tak pernah hadir."

11. " Cinta tidak selalu bersama jodoh, tapi jodoh selalu bersama cinta."

12. " Cinta bukanlah dari kata-kata, tetapi dari segumpal keinginan diberi pada hati yang memerlukan."

13. " Cinta seringkali akan lari bila kita mencari, tetapi cinta jua seringkali dibiarkan pergi bila ia menghampiri."

14. " Ibaratkalah kehilangan cinta itu seumpama hilangnya cincin permata di lautan luas yang tiada bertepi dan harus dilupakan."

15. " Jangan mengharapkan balasan cinta, tunggulah sampai cinta berkembang dihatinya."

Beri Komentar