20 Cara Membuat Komik untuk Pemula, Yuk Ketahui Dasar-Dasar yang Mudah Dipahami Berikut Ini

Reporter : Nasa
Selasa, 26 Oktober 2021 10:08
20 Cara Membuat Komik untuk Pemula, Yuk Ketahui Dasar-Dasar yang Mudah Dipahami Berikut Ini
Dasar-dasar cara membuat komik bagi pemula bisa kamu pahami dengan mudah dengan tips-tips berikut ini.

Cara membuat komik yang mudah bagi pemula bisa dilakukan dengan memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu. Berbeda dengan teknik menggambar biasa, membuat komik membutuhkan teknik atau metode khusus, agar alurnya bisa dipahami oleh pembaca.

Komik pada umumnya menyajikan gambar berurutan dalam panel berupa bingkai yang menceritakan sebuah cerita. Itulah mengapa perpaduan gambar dan tulisan dalam komik menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam cara membuat komik bagi pemula.

Sebelum memulai mempelajari cara membuat komik, sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu tentang pengertian atau maksud dari komik itu sendiri. Tujuannya, tentu agar kamu bisa lebih memahami dasar-dasar pembuatan komik yang baik.

Secara harfiah, kata komik berasal dari bahasa Yunani 'komikos' yang artinya adalah bercanda. Sedang pengertian paling umum dari kata komik adalah seni gambar yang tidak bergerak namun dapat menyampaikan cerita.

Menurut Scott McCloud dalam buku Understanding Comics: The Invisible Art (1993), yang dikutip oleh M.S. Gumelar (2011: 6), “Pengertian komik adalah justaposed pictoral and other images in deliberate sequence, intended to convey information and/or produce an aesthhetic response in the reader.”

Berdasar pengertian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa komik tak hanya terdiri dari deretan gambar saja. Melainkan kumpulan gambar yang berjajar dan dilengkapi dengan sedikit teks untuk memperjelas pesan komik. Seorang komikus harus bisa membuat cerita singkat dan ilustrasi gambar yang mudah dimengerti serta dinikmati pembacanya.

Nah setelah memahami terkait pengertian komik, yuk simak cara membuat komik berikut ini :

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Komik (Tahap awal)

Cara Membuat KomikCara Membuat Komik © 2021 imagineforest.com

Tahap awal dari rangkaian cara membuat komik bisa kamu mulai dengan mengumpulkan ide manarik. Kemudian bisa kamu lanjutkan dengan gaya komik seperti apa yang ingin kamu tuangkan dalam karya kamu.

Temukan ide

Pada dasarnya, komik adalah narasi yang diceritakan melalui gambar yang berurutan, disebut frame atau panel. Cara membuat komik yang paling pertama adalah menemukan ide cerita.

Sama seperti karya kisah lainnya, sebuah komik harus memiliki latar belakang, karakter, konflik, tema, dan suasana. Pastikan untuk menyiapkan buku catatan untuk menuliskan dialog, sketsa, dan ide cerita saat muncul di pikiran. Pastikan pula ide ini orisinil, bukan hasil plagiat.

Tulis apa yang diketahui

Cara membuat komik agar terasa realistis adalah dengan menulis apa yang doketahui. Ini juga akan membantu kamu menguasai tulisan, dan mencegah meniru komik lain.

Tentukan gaya

Gaya visual aka menjadi aspek pertama yang ditemui pembaca. Pilih gaya yang cocok dengan nada dan juga cerita, serta gambaran dalam pikiran. Cobalah beberapa gaya yang berbeda sampai kamu menemukan yang paling mudah digambar dan tulis.

Ada beberapa variasi gaya populer yang bisa kamu latih lalu sesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya seperti anime, American Superhero, Sprites, noir, stick figures, atau sunday funny.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Komik (Eksekusi)

Cara Membuat KomikCara Membuat Komik © 2021 imagineforest.com

Pada tahapan ini kamu bisa menentukan format yang ingin kamu gunakan. Format dalam komik memudahkan para pembaca untuk memahami perpaduan gambar dan tulisan yang akan kamu torehkan ke dalam komik.

Pilih format

Tidak ada ketentuan untuk menentukan format, namun komik biasanya jatuh ke dalam 3 kategori: Single frame, Strip, dan Page length (buku komik). Komik single frame biasanya hanya untuk komedi. Komik ini tidak memerlukan pengaturan yang banyak, dan bergantung pada visual lucu serta satu atau dua baris dialog.

Komik strip merupakan suatu urutan frame. Tidak ada ukuran panjang tertentu untuk sebuah strip, walaupun kebanyakan terdiri dari satu atau dua baris yang masing-masing memiliki 2-4 frame. Ini merupakan salah satu format yang paling populer untuk kebanyakn komik web dan lelucon harian.

Comic page lebih besar dari strip. Memiliki satu lembar penuh untuk membuatnya memberikan lebih banyak kebebasan untuk memanipulasi frame, namun juga berarti kamu membutuhkan lebih banyak konten per lembar.

Tulis naskah

Cara membuat komik selanjutnya adalah menulis naskah cerita. Panjang dan detil naskah akan bergantung pada gaya komik. Komik single frame mungkin akan hanya memiliki satu atau dua baris.

Bagaimanapun, tulis naskah untuk membantu menilai bagaimana cerita itu terbaca. Tulis naskah sebagai urutan frame. Buat tiap frame sebagai adegan yang terpisah untuk membantu mengendalikan aliran cerita.

Pastikan dialog tidak mendominasi frame. Komik merupakan medium visual, oleh karena itu kebanyakan aksi dan pengertian akan diberitahukan melalui ilustrasi. Jangan biarkan teks menguasai gambar.

Sketsakan frame

Jangan khawatir mengenai ukuran, detil, atau kualitas yang akurat. Lakukan ini sambil menulis naskah. Ini merupakan draf kasar yang akan membantu memvisualisasikan aliran komik.

Fokus pada bagaimana karakter akan ditempatkan dalam frame, dimana aksi terjadi, dan bagaimana dialog akan cukup dalam gambar. Setelah thumbnail digambar, kamu bisa mencoba menukar urutan atau membuat penyesuaian untuk mengubah pengaruh strip.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Komik (Merancang alur baca)

Cara Membuat KomikCara Membuat Komik © 2021 imagineforest.com

Untuk tahap kali ini, sebaiknya kamu mulai menentukan alur baca yang jelas dan juga teks yang bervariasi. Karena, tak hanya perpaduan gambar dan tulisan saja yang perlu dipahami, melainkan juga penentuan alur baca sampai dengan frame yang ditentukan.

Pastikan alur baca jelas

Cara membuat komik yang penting diingat adalah memastikan alur panelnya jelas. Pastikan pengaturan panel masuk akal. Pengaturan harus memandu mata pembaca dengan mudah melalui panel.

Ingat, pembaca akan bergerak dari kiri ke kanan, atas ke bawah, kecuali saat membaca manga yang dibaca dari kanan ke kiri. Gunakan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda untuk membantu memandu pembaca.

Buat bentuk teks bervariasi

Cobalah untuk membuat bentuk teks yang berbeda-beda. Selain dialog, teks bisa digunakan dengan cara yang berbeda-beda. Ini termasuk gelembung pikiran untuk pemikiran karakter, kotak narasi yang membolehkan narator mengatur sebuah adegan atau menjelaskan suatu aspek cerita.

Bunyi bisa ditunjukkan melalui penggunaan kata yang memberikan " efek suara" , tanda seru bisa digunakan diluar gelembung pembicaraan untuk membuat pengaruh yang lebih besar.

Pastikan tiap frame bermanfaat

Tanya diri sendiri apakah tiap frame bermanfaat. Dalam film, kamu tidak boleh menyimpan adegan yang tidak bermanfaat. Sama halnya dengan komik. Jika frame tersebut tidak menggerakkan cerita, komedi, atau konflik ke depan, potonglah dan ganti dengan sesuatu yang bermanfaat atau buang saja.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Komik (Menentukan frame)

Cara Membuat KomikCara Membuat Komik © 2021 imagineforest.com

Nah, pada tahap ini, kamu bisa mulai mengeksekusi frame yang sebelumnya sudah kamu tentukan. Pastikan struktur framenya sesuai dengan gaya cerita yang sebelumnya sudah kamu tentukan.

Eksperimen dengan struktur frame

Cara membuat komik yang tak kalah penting adalah eksperimen. Banyak komik sukses yang membuat frame tidak sesuai dengan ketentuan. Jika kamu mempublikasikan komik itu sendiri, kamu boleh mencoba pilihan frame sebanyak mungkin. Namun ingatlah bahwa pilihan gaya harus sesuai dengan cerita.

Mulai buat frame

Gunakan penggaris untuk menggambar frame. Lakukan ini pada kertas yang sesuai. Untuk panel yang akan dimasukkan pada sudut yang ganjil, atau tidak sesuai dengan aliran umumnya, kamu bisa menggunakan kertas yag terpisah lalu kombinasikan saat scanning.

Jika berniat membuat komik yang diterbitkan dalam koran, ukuran standar adalah 13’’ x 4’’ (33cm x 10cm) untuk seluruh komik, dengan 4 frame berukuran 3’’ (7.6cm).

Komik web bisa berukuran sesukanya, namun kamu harus memikirkan ukuran layar pembaca umumnya. Jika kamu membuat komik terlihat dengan layar beresolusi 1024 x 768, kebanyakan pembaca tidak akan menemui masalah.

Tambahkan konten pada frame

Gambar dengan pensil tipis agar kamu dapat menghapusnya dengan mudah dan membuat penyesuaian. Teruskan menyesuaikan gambar sampai memiliki garis bentuk untuk tinta akhir.

Pastikan kamu menysakan ruang yang cukup untuk dialog. Sisakan ruang yang kosong untuk diisi gelembung dialog, gelembung pemikiran, kotak narasi, tanda seru, dan kata sound effect.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Komik (Tahap Pindai Gambar)

Cara Membuat KomikCara Membuat Komik © 2021 imagineforest.com

Kemudian sampai pada tahap memindai gambar yang sudah kamu rancang sesuai harmonisasi yang kamu ingin. Pada tahap ini, sebaiknya kamu lakukan dengan teliti agar proses selanjutnya bisa kamu eksekusi dengan baik juga.

Gambar garis akhir

Banyak seniman komik melapisi garis pensil dengan tinta. Ini membolehkan seniman untuk menghapus garisan pensil setelah selesai dengan tinta. Gunakan waktu untuk memastikan garis akhir sudah kering.

Jika menulis dialog dengan tangan, tambahkan sekarang. Buat perbaikan akhir pada dialog dan teks saat menulisnya pada lembaran. Biasanya banyak hal akan berubah saat dipindahkan dari naskah ke dalam komik.

Scan komik

Setelah selesai melapisi dengan tinta, kamu bisa scan komik ke dalam komputer. Ini memungkinkanmu menambahkan teks yang diketik serta menggunakan software penyunting gambar untuk mewarnai komik jika mau.

Melakukan scan komik juga akan memudahkanmu untuk menerbitkannya online. Scan gambar dengan 600 DPI (dots per inch). Resolusi ini akan membuat garis gambar tetap utuh dan terlihat segar.

Jika komik terlalu besar untuk di-scan satu kali, scan bagian terpisah dan gunakan alat lasso pada Photoshop untuk menggerakkan dan menggabungkan frame kembali.

Saat meng-scan gambar hitam putih, pastikan untuk menekan pilihan grayscale. Ini sangat penting terutama untuk gambar dengan bayangan yang banyak.

Bersihkan gambar

Setelah komik di-scan, kamu bisa menggunakan Photoshop untuk menghapus kesalahan kecil atau garis pensil yang tertinggal. Cara membuat komik ini bisa menggunakan alat Photoshop untuk menambahkan bayangan dan garis yang lebih tebal.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Komik (Tentukan jenis font)

Cara Membuat KomikCara Membuat Komik © 2021 imagineforest.com

Kalau kamu sudah dampai tahap ini, itu artinya komik kamu sudah hampir jadi. Namun, pastikan setiap tahapnya kamu lakukan dengan teliti ya. Karena proses ini menjadi akhir dari cara membuat komik bagi pemula yang juga menentukan hasil dari karya kamu.

Buat font

Salah satu cara membuat komik untuk membedakan komikmu dengan yang lainnya adalah dengan menggunakan custom font. Ada banyak variasi program pembuatan font online, ada yang gratis serta bisa dibeli. Salah satu yang palig populer adalah FontCreator.

Tambahkan dialog dan gelembung pembicaraan pada Photoshop

Gunakan alat layers pada Photoshop untuk membuat lapisan yang terpisah untuk teks dan gelembung. Kedua lapisan ini harus terpisah dari lapisan gambar.

Warnai komik

Ini opsional, banyak komik sukses yang dicetak hitam putih. Ada beberapa pilihan saat mewarnai komik. Kamu bisa mewarnai secara langsung pada kertas, menggunakan peralatan mewarnai, atau kamu bisa mewarnai secara digital setelah meng-scan komik ke dalam komputer.

Harmonisasi Warna

Jika kamu memilih untuk memberi warna pada karya komik kamu. maka pastikan perpaduan warnanya sesuai dengan gaya yang sudah kamu tentukan di awal tahap pembuatan yang sudah kamu tentukan.

Pemeriksaan Menyeluruh

Sebelum yakin akan karyamu yang sudah mencapai tahap akhir, kamu bisa mencoba memeriksa secara mendetail seluruh proses atau tahapan yang sudah kamu lakukan. Jika kamu sudah yakin semuanya sudah sesuai, kamu bisa bersiap untuk merilisnya.

Nah itu dia cara membuat komik bagi pemula beserta dasar-dasarnya yang mudah dipahami. Perhatikan setiap tahapnya untuk bisa menghasilkan karya komik yang menarik ya. Selamat mencoba!

Beri Komentar