10 Nama Nama Malaikat Beserta Tugasnya yang Wajib Kita Ketahui

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 25 November 2021 10:00
10 Nama Nama Malaikat Beserta Tugasnya yang Wajib Kita Ketahui
Pada dasarnya ada banyak sekali jumlah malaikat yang ada. Namun, sebagai umat islam, kita hanya perlu mengetahui dan mengimani yang jumlahnya ada 10.

Nama nama Malaikat beserta tugasnya adalah salah satu hal yang harus kita ketahui dan imani. Apalagi, sebagai umat islam, hal ini wajib kita ketahui sedini mungkin karena ini adalah rukun iman yang kedua.

Pada dasarnya, nama nama Malaikat beserta tugasnya itu jumlahnya sangat lah banyak, bahkan tidak terhitung. Hanya Allah SWT yang tahu jumlah pasti Malaikat yang ada. Tentu saja, masing-masing Malaikat mempunyai tugas sendiri sesuai yang diberikan Allah.

Dari ribuan atau bahkan jutaan nama nama Malaikat beserta tugasnya tersebut. Ada 10 nama nama Malaikat yang wajib untuk kita ketahui dan imani.

Diadona.id Telah merangkum nama nama Malaikat beserta tugasnya dari berbagai sumber. tentu saja in bisa kamu jadikan referensi sederhana jika kamu membutuhkannya. Jadi, yuk simak uraiannya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Nama Nama Malaikat beserta Tugasnya

Nama Nama Malaikat Beserta Tugasnya © Diadona

1. Malaikat Jibril

Pertama, Malaikat Jibril adalah satu dari nama nama Malaikat beserta tugasnya yang wajib kita ketahui. Tugas utama Malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu Allah SWT kepada para Nabi dan Rosul. Malaikat Jibril juga bertugas memenuhi atau menahan hajat manusia, serta membawa rahmat bagi mereka yang menjaga kesucian saat.

Malaikat Jibril juga bertugas untuk meniupkan roh kepada ke janin yang berada di dalam kandungan.

2. Malaikat Mikail

Kemudian, Malaikat Mikail. Malaikat Mikail juga satu dari nama nama Malaikat beserta tugasnya yang oleh Allah SWT diberi tugas sebagai pembagi rezeki atas semua makhluk. Termasuk manusia, hewan, dan juga tumbuhan.

3. Malaikat Israfil

Lalu, ada Malaikat Israfil. Ia adalah juga merupakan satu dari 10 nama nama Malaikat beserta tugasnya yang oleh Allah SWT diberi tugas untuk menjaga dan meniup terompet sangkakala. Allah SWT menugaskan Malaikat Israfil untuk meniup sangkakala ketika hari kiamat sudah datang.

Kemudian, Allah juga menugaskan Malaikat Israfil untuk meniup sangkakala kedua ketika hari kebangkitan telah tiba.

2 dari 4 halaman

Nama Nama Malaikat beserta Tugasnya

Nama Nama Malaikat Beserta Tugasnya © Diadona

4. Malaikat Izrail

Tugas utama Malaikat Izrail adalah mencabut nyawa dari jasad makhluk hidup. Ketika takdir kematian sudah datang, tak ada satupun yang akan terlwatkan oleh Malaikat Jibril.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar adalah Malaikat yang bertugas untuk menanyai manusia di alam kubur setelah mereka meninggal dunia. Malaikat Munkar akan bertanya soal keimanan dan mendatangi manusia yang seringkali berbuat keburukan dalam hidupnya.

6. Malaikat Nakir

Sama halnya dengan Malaikat Munkar, tugas yang diberikan Allah SWT kepada Malaikat Nakir adalah menanyai manusia di dalam kubur setelah mereka meninggal dunia. Malaikat Nakir akan datang ke alam kubur dan menanyai manusia soal kebaikannya.

3 dari 4 halaman

Nama Nama Malaikat beserta Tugasnya

Nama Nama Malaikat Beserta Tugasnya © Diadona

7. Malaikat Raqib

Kemudian, ada Malaikat Raqib. Allah SWT menugaskan Malaikat Raqib untuk mencatat semua amal baik manusia selama hidup di dunia. Amal baik yang dicatat oleh Malaikat Raqib ini lah nantinya yang akan menyelamatakan manusia dari siksa neraka.

8. Malaikat Atid

Sama seperti Malaikat Raqib, Malaikat Atid juga bertugas untuk menjaga amal manusia selama hidup di dunia. Ia akan mencatat semua amal buruk manusia, tidak akan ada keburukan sekecil apa pun yang luput dari pencatatan Malaikat Atid.

9. Malaikat Malik

Kesembilan, Malaikat Malik yang ditugaskan Allah SWT untuk mejaga pintu neraka. Ia adalah sosok Malaikat yang keras dan tidak mempunyai rasa belas kasihan kepada semua penghuni neraka.

10. Malaikat Ridwan

Terakhir, ada Malaikat Ridwan. TUgas yang diberikan Allah untuk Malaikat Ridwan adalah menjada pintu surga. Ia lah nantinya yang akan mengawasi erta menyambut semua hamba yang akan masuk surga Allah SWT.

Berbeda dengan Malaikat Malik yang kasar, Malaikat Ridwan adalah sosok yang lembut dan juga ramah.

Beri Komentar