25 Nama Nama Nabi Berurutan Beserta Kisahnya yang Jarang Diketahui

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 19 November 2021 11:25
25 Nama Nama Nabi Berurutan Beserta Kisahnya yang Jarang Diketahui
Islam memiliki 25 nama nama Nabi dan Rasul yang wajib diimani. Kisah para Nabi ini sangat menginspirasi dan bisa menjadi refleksi kehidupan kita sehari-hari.

Sebagai muslim, kita mengenal 25 nama nama Nabi yang wajib dikethaui dan diimani. Kamu mungkin mengetahui sebagian besar kisah hidup mereka, mukjizat dan keutamaannya.

Beragam literatur menyebut ada 124 ribu nabi dan 315 rasul. Salah satu hadist yang mengungkapnya yaitu hadist Imam Ahmad yang bersumber dari Abu Umamah. “Aku bertanya, “Ya Rasulullah, ada berapakah jumlah nabi? Rasulullah menjawab, “Nabi ada 124.000 dan di antara mereka ada para rasul sebanyak 315. Mereka sangat banyak”.

Meski begitu jumlahnya berbeda di setiap sumber, dan mengenai bilangan serta nama nama nabi tersebut nggak ditemui dalam Al-Quran.

Lalu pertanyaannya, mengapa kita haya mengenal 25 nama nabi nabi dan Rasul?

Sebenarnya ini berkaitan dengan siapa yang disebut dengan nabi maupun rasul. Melansir Muslim.or.id seperti yang diringkas dari Aqidah Al Islamiyah, karya Syaikh Umar Sulaiman Al Asyqar, hal 92-64, seorang Rasul menerima syariat yang baru dan diiperintahkan untuk menyampaikan kepada kaumnya. Nabi juga diutus untuk menyampaikan namun nggak membawa syariat baru, hanya menjalankan serta mendakwah syariat yang dibawa oleh Rasul sebelumnya.

Seluruh Rasul adalah Nabi namun tidak semua Nabi adalah Rasul. Ada perbedaan jumlah Nabi dan Rasul bila mengacu pada berbagai sumber, namun kemungkinan ada 120 ribu orang nabi tanpa memastikan berapa dan ada 300 Rasul tanpa memastikan berapa jumlahnya.

Namun ada 25 Nabi dan Rasul dalam Islam yang wajib diketahui. Berikut urutan nama nama Nabi serta kisah lain mereka yang jarang diketahui:

1 dari 11 halaman

Nama Nama NabiNama Nama Nabi © quranicconnection.tv

Nabi Adam

Karena merupakan manusia sekaligus yang pertama diantara nama nama nabi, Nabi Adam diciptakan langsung oleh tangan Allah dari tanah liat dan jiwanya langsung ditiupkan oleh Yang Mahakuasa sendiri. Beliau juga memiliki akal yang membuatnya mampu mempelajari, mengamati, dan memahami sesuatu lebih dari yang dimiliki oleh para malaikat, sebagaimana yang ditulis dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 33.

Syekh Hasan Bashri menyatakan, Nabi Adam diturunkan dari surga ke bumi di tanah Inia, sementara Hawa turun di Jeddah. Bersamaan dengan turunnya Nabi Adam, Allah menurunkan juga emas di dunia.

Nabi Idris

Nabi Idris adalah keturunan ke enam dari Nabi Adam AS. Dia adalah putra dari Qabil dan Iqlima (putra dan putri Nabi Adam). Kitab tafsir menulis, Nabi Idris lahir 1.000 tahun setelah Nabi Adam wafat

Dalam nama nama Nabi, Nabi Idris dikaruniai kecerdasan dan ketrampilan dalam berbagai disiplin ilmu, serta kemampuan untuk menciptakan alat-alat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Beliau juga gigih berjuang di jalan Allah. Karena keistimewannya, nabi Idris mendapatkan julukan Asadul Usud yang berarti 'Singa di atas singa'.

Nabi Idris juga dikenal dekat dengan Malaikat Izroil. Bahkan pernah nih Malaikat Izroil meminta izin kepada Allah buat menjenguk Nabi Idris karena kangen dengan beliau.

Semasa hidupnya, Nabi Idris AS pernah mencoba merasakan sakaratul maut. Melihat sakit yag dirasakan Nabi Idris, malaikat Izrail nggak tega trus meminta Allah untuk menghidupkannya kembali. Dan karena pengalaman ini, Nabi Idris jadi makin semangat mengajak umatnya buat berdakwah.

Nabi Idris juga merupakan nama nama Nabi yang pernah mengintip neraka dan surga sebelum kematian menjemput. Suatu ketika, Nabi Idris pernah meminta malaikat buat nengok ke dalam surga dan neraka. Keadaan neraka membuat beliau pingsan saking seramnya, sementara saat sampai di surga, beliau juga hampir pingsan karena indahnya dan pengen menetap di sana. Akhirnya beliau meninggalkan sandalnya di bawah sebuah pohon. Saat akan pulang, beliau beralasan kepada kalau sandalnya tertinggal dan bolehkah bila masuk lagi ke dalam surga? Lalu malaikat mengizinkannya.

Namun ternyata Nabi Idris sembunyi di dalam surga dan nggak mau pulang. Nabi Idris menjawab, “ Aku tidak akan keluar, karena Allah Ta’ala berfirman: ‘Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati’ (QS. Ali Imran: 185). Dan aku sudah merasakannya'

Kemudian Allah berfirman: ‘Dan tidak ada seorang pun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu’ (QS. Maryam: 71).

Trus Nabi Idris menjawab, 'Sungguh, aku juga sudah mendatanginya. Lalu Nabi Idris berkata lagi, “ Allah berfirman: ‘dan mereka sekali-kali tidak akan dikeluarkan daripadanya’ (QS. Al-Hijr: 48). Maka, siapa yang akan mengeluarkanku darinya.'

Kemudian Allah Ta’ala berfirman kepada Malaikat Maut, “ Tinggalkanlah dia, sesungguhnya Aku sudah menetapkan di alam azali, bahwa dia adalah penghuni surga.”

Maka diantara nama nama Nabi lainya, Nabi Idris merupakan Nabi yang mendapatkan surga tanpa merasaakn kematian.

2 dari 11 halaman

Nama Nama NabiNama Nama Nabi © 2021 Simon Infanger on Unsplash

Nabi Nuh

Bila mendengar Nabi Nuh diantara nama nama Nabi, mungkin kamu bakalan teringat dengan kisah banjir dan kapal beliau.

Nabi Nuh adalah keturunan kesembilan Nabi Adam dan keturunan ketiga dari Nabi Idris. Beliau diangkat menjadi Nabi saat berumur 480 tahun dan berdakwah selama 500 tahun. Hanya saja selama 500 tahun tersebut, beliau hanya mendapatkan sedikit pengikut. Kisah Nabi Nuh mengajarkan tentang pedihnya adzab Allah bagi mereka yang tidak mau beriman. Dalam kasus ini yakni ditimpakannya hujan dan banjir yang membuat mereka binasa.

Nabi Hud

Nabi Hud diutus oleh Allah untuk memberi peringatan kaum Aad, yang merupakan keturunan nabi Nuh. Dan serupa, karena tak mau beriman, Allah menurunkan adzab dalam beberapa tahapan.

Pertama, berupa bencana kekeringan yang berujung pada habisnya stok makanan. Kaum Aad yang makin kafir dengan menyembah berhala, membuat Allah jadi murka. Lalu Allah menurunkan awan hitam yang sempat dikira sebagai penanda hujan. Tapi ternyata datanglah angin kencang yang dingin dan membinasakan yang berputar selama delapan hari tujuh malam.

Nggak ada yang bersisa dari kaum ini selain Nabi Hud AS dan kaumnya yang bersembunyi di sebuah lembah.

Nabi Shaleh

Dalam urutan nama nama Nabi, Nabi Shaleh adalah nabi kelima. Salah satu kisah yang menarik tentang beliau yakni keberadaan unta betina yang lahir dari sebuah batu. Bagaimana ceritanya?

Jadi seperti halnya kaum Aad di masa Nabi Hud, kaum Tsamud yang hidup bersama dengan Nabi Shaleh juga menyembah berhala. Ada beberapa orang yang menerima dakwah Nabi Shaleh namun nggak sedikit yang menolaknya. Untuk membuktikan kebenaran ajarannya,mereka meminta Nabi Shaleh buat menunjukkan suatu mukjizat.

Lalu Nabi Shaleh berdoa kepada Allah biar diberikan mukjizat yang kemudian berupa lahirnya unta betina dari bongkahan batu gunung. Disebutkan pula unta ini bisa mengeluarkan air susu yang mampu memenuhi kebutuhan umat kala itu lho!

Tapi alih-alih percaya, kaum Tsamud makin berani menentang ajaran Nabi Shaleh dan berencana buat membunuh unta betina tersebut. Karena itu Allah kemudian menurunkan adzab kepada mereka berupa gempa hebat yang membuat mayat mayat mereka bergelimpangan di antara bangunan.

3 dari 11 halaman

Nama Nama NabiNama Nama Nabi © 2021 Ben Vaughn on Unsplash

Nabi Ibrahim

Dalam nama nama Nabi, Nabi Ibrahim dikenal sebagai bapak para Nabi. Kenapa? Karena merupakan bapak dari Nabi Ismail yang menjadi garis keturunan Nabi Muhammad dan Nabi Iskak yang kelak akan melahirkan Nabi Yakub.

Kita mengenal Nabi Ibrahim dalam nama nama Nabi dengan kisah terkenalnya yang menghancurkan berhala dan mengalungkan kapak pada salah satunya. Saat dihukum dengan dilemparkan ke bara api, beliau ditolong oleh Allah dengan membuat api menjadi dingin. Momen itu menjadi salah satu mukjizat untuknya.

Dari kerelaan nabi Ibrahim menyembeli Ismail lah, lahir ibadah kurban setiap tahunnya. Kisah lain, saat sang istri, panik berlarian ke sana kemari mencari air untuk putranya yang menangis, hentakan kaki Ismail memunculkan air jernih di antara Shafa dan Marwah. Kelak, sumer air tersebut dikenal dengan sumur ZamZam.

Nabi Luth

Ayah Nabi Luth, Haran merupakan saudara Nabi Ibrahim. Itu berarti dia masih sepupu dengan Nabi Ismail dan Nabi Ishaq.

Nabi Luth diutus oleh Allah diantara kaum penyuka sesama jenis. Berbagai usaha dakwah dilakukannya tapi tak membuahkan hasil.

Awal Mula Munculnya penyuka Sesama Jenis

Ada kisah lain bagaimana kaum tersebut menjadi penyuka sesama jenis. Jadi, awalnya kaum sumat Nabi Luth AS termasuk kaum yang banyak dikaruniai kelebihan. Mereka hidup makmur dengan bergotong royong. Iblis nggak menyukai hal itu dan melakukan banyak cara untuk menghancurkan hasil pekerjaan kaum tersebut.

Mereka kesel banget dan akhirnya sepakat kalau tertangkap, pelakunya bakalan dikasih hukuman yang berat. Lalu iblis kemudian menjelma jadi seorang anak muda menawan dan ditangkap sebagai pelaku perusakan. Pelaku dihukum kurungan dengan penjaga sambil menunggu siapa tahu ada saudaranya yang datang.

Dalam penjagaan, anak itu pura-pura sedih dan berteriak meratap. Dia bilang kalau sebelum tidur dia selalu dipeluk oleh ayahnya. Karena kasian, penjaga tersebut memeluknya. Trus anak itu justru membuat hal hal yang memancing syahwat orang tersebut dan dalam pengajaran anak itu, terjadilah sodomi pertama dalam sejarah peradaban manusia.

Pagi harinya ketika bangun, anak itu sudah nggak ada. Penjaga yang terlibat dengan kejadian semalam menceritakan dengan berapi api dan mencontohkannya. Hingga pada akhirnya, tindakan itu menyebar dan menjadi kebiasaan luas.

Mereka tak mengindahkan saat Nabi Luth menyampaikan kebenaran. Akhirnya, Allah menjatuhkan adzab yang pedih yang membinasakan mereka.

Nabi Ismail

Salah satu mukjizat dari Nabi Ismail yang masih bisa kita lihat sampai sekarang yakni keberadaan sumur ZamZam. Saat masih kecil, Nabi ismail juga pernah akan disembelih oleh Nabi Ibrahim sebagai bukti ketaatan beliau kepada Allah. Padahal, kelahiran Nabi Ismail telah lama ditunggu-tunggu oleh Nabi Ibrahim dan istrinya, Siti Hajar.

Kisah lain yang terkenal dari Nabi Ismail diantara nama nama Nabi yakni saat Nabi Ibrahim datang ke rumah beliau. Nabi Ibrahim bertemu dengan istri Nabi Ismail dan menanyakan kondisi rumah tangga mereka. Sang istri menjawab bahwa keadaan mereka susah dan miskin, tanpa dia ketahui kalau laki-laki tersebut adalah ayah mertuanya.

Sebelum pulang, Nabi Ibrahim meninggalkan pesan kepada Nabi ismail buat mengganti gagang pintu rumah mereka, yang merupakan kode buat menceraikan istrinya. Di kunjungan lain di istri selanjutnya, Nabi Ibrahim memberikan pesan buat menjaga gagang pintu rumah, yang merupakan kode buat mempertahankan istrinya yang ini.

4 dari 11 halaman

Nama Nama NabiNama Nama Nabi © 2021 Shot by Cerqueira on Unsplash

Nabi Ishaq

Nabi Ishaq AS adalah keturunan dari Nabi Ibrahim AS dengan istrinya yang bernama Siti Sarah dan lahir saat keduanya sudah lanjut usia. Nasib yang sama juag dialami oleh Nabi Ishaq yang tak kunjung memiliki putra hingga di usianya yang senja. Beliau pun kemudian memanjatkan doa sama seperti yang dilakukan oleh sang ayah. Lalu lahirlah Iishuu dan Nabi Ya'qub yang kelak menjadi cikal bakal lahirnya Bani Israil.

Kelahiran Nabi Ishaq disampaikan oleh malaikat. Lahir dari seorang yang mulia, kepribadian Nabi Ishaq juga mulia pula. Dalam nama nama Nabi, beliau dikenal dengan ilmu dan akhlak yang tinggi. Ditambah, kesalehan beliau mendapatkan pujian langsung dari Allah SWT.

Nabi Ya’qub

Nabi Yakub merupakan putra Nabi Ishaq bin Ibrahim AS serta merupakan ayah dari Nabi Yusuf. Dari sekian nama nama Nabi, salah satu kisah Nabi Yaqub bisa menjadi keteladanan kita tentang menjadi orang tua dalam menjaga kerukunan di dalam keluarga.

Nabi Yaqub lahir kembar dengan saudara yang diberi nama Ishu. Sayangnya, hubungan mereka tidak rukun. Ishu keliatan iri karena Nabi Yaqub lebih disayang oleh ibunya. Apalagi ditambah ketika Nabi Yaqub sudah diajukan Rifqah untuk didoakan dan diberkahi oleh Nabi Ishaq selaku ayah. Biar nuansa permusuhan mereda, Nabi Ya'qub kemudian disarankan buathijrah ke Irak.

Dari keempat istrinya, Nabi Yaqub memiliki 12 anak, dua diantaranya yakni Nabi Yusuf dan Nabi Bunyamin. Beliau berusaha bersikap adil dan mencurahkan kasih sayang yang sama. Namun kelebihan Yusuf yang nampak olehnya, justru membuat anak-anaknya yang lain jadi iri. Sampe pada suatu hari, Nabi Yaqub berpesan kepada seluruh anaknya buat nggak boleh berlaku zalim kepada saudara sendiri.

Sayangnya, kecemburuan anak-anak Nabi Yaqub tersebut tak terbendung. Mereka membuang Yusuf ke sumur tapi melapor bahwa Yusuf diterkam serigala. Nabi Yaqub sedih dan terus mendoakan keselamatan anaknya tersebut. Sekian tahun berlalu saat kemudian beliau tahu bahwa anak-anaknya membohonginya tentang keberadaan Nabi Yusuf, beliau tidak marah tapi tetap mendoakan mereka.

“ Aku akan memohonkan ampunan bagimu kepada Tuhanku. Sungguh, Dia Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.” kata Yakub sesuai surat Yusuf ayat 98.

5 dari 11 halaman

Nama Nama NabiNama Nama Nabi © 2021 islamiclandmarks.com

Nabi Yusuf

Ngomongin Nabi Yusuf, mungkin kamu langsung teringat tentang kisah ketampanannya diatara nama nama Nabi lainnya? Memang benar bahwa Nabi Yusuf sangat tampan, namun ada fakta lain tentangnya.

Jadi, Allah menurunkan ketampanan pada hamba-Nya dalam tiga baik. lima puluh persen ketampanan diberikan kepada Nabi Muhammad, sementara Nabi Yusuf mendapatkan jatah ketampanan sebanyak 25 persen. Lalu siapakah laki-laki yang dianugerahi sisa ketampanan tersebut? Jawabannya adalah seluruh umat manusia. Jadi, 25 persen ketampanan yang setara dengan Nabi Yusuf dibagi ke seluruh manusia di bumi hingga kiamat nanti.

Tapi kenapa ya ketampanan Nabi Yusuf nampak seolah sangat dikenal melebihi Nabi Muhammad dan nama nama Nabi lainnya? Ternyata ada alasannya lho!

Menurut Sayyid, jatah 50 persen ketampanan yang diberikan kepada Nabi Muhammad turun bersamaan dengan turunnya 10 tirai cahaya. Tirai ini membuat Nabi Muhammad nggak tampil menonjol.

Bila sepuluh tirai Nabi Yusuf dibuka di dunia, maka Allah cumam membuka satu tirai cahaya saja di wajah Nabi Muhammad. Sisanya? Bakalan dibuka di akhirat kelak. Makanya, diantara nama nama Nabi, itulah mengapa nabi Yusuf sellau disebut Nabi yang tampan.

 

6 dari 11 halaman

Nama Nama NabiNama Nama Nabi © 2021 Abdul Muizz on Unsplash

Nabi Ayyub

Dalam kisah dan nama nama Nabi, Nabi Ayub dikenal dengan nabi dengan kesabaran yang dipuji langsung oleh Allah. Bagaimana enggak ya, kemaslahatan dunia serta 12 anak yang dicintainya tiba-tiba tiada dalam waktu tiga hari saja.

Hari pertama diuji, beliau terkena penyakit kulit bernanah yang membuatnya dijauhi seluruh negeri. Di hari kedua, rumah beliau rubuh dan menimpa anak-anaknya hingga tiada yang bersisa. Dari yang semula tinggal di rumah mewah, Nabi Ayub dan sang istri harus hidup nelangsa.

18 tahun susah, Nabi Ayub masih malu meminta kepada Allah untuk kesembuhannya karena merasa bahwa Allah telah memberikannya 20 tahun hidup nyaman. Namun Allah Maha Melihat. Di tengah susahnya, Nabi Ayub berdoa dan tetap ikhlas atas apa yang diberikan Allah kepadanya.

Bahkan Allah SWT juga berfirman,

“ … Sesungguhnya Kami dapati dia (Ayyub) seorang yang sabar. Dialah sebaik-baik hamba. Sungguh, dia sangat taat (kepada Allah).” (Q.S Shad: 44).

Nabi Syuaib

Nabi Syu'aib AS adalah nabi yang mendapat julukan Khatib al-Anbiya atau juru bicara para Nabi. Sebab, diantara para nama nama Nabi, beliau dikenal memiliki argumen yang jelas dan mudah dipahami. Seluruh perkataannya memiliki dasar dan arah tujuan.

Beliau diutus untuk menyadarkan kaum Madyan yang terkenal dengan kecurangan dalam berdagang. Namun karena hanya segelintir orang yang beriman, Allah kemudian mendatangkan azdab yang pedih kepada kaum tersebut sebagaimana adzab yang ditimpakan kepada beberapa nama nama Nabi seperti Nabi Nuh, Nabi Hud dan juga Nabi Shaleh.

Adzab datang berupa cuaca yang panas, awan yang hitam serta kobaran api yang membuat mereka binasa.

7 dari 11 halaman

Nama Nama NabiNama Nama Nabi © 2021 twitter.com/islamandlifeof

Nabi Musa

Mendengar nama Nabi Musa, ingatan kita pasti akan melayang pada perjalanan beliau menentang kekuasaan Firaun dan membelah lautan. Dan diantara nama nama Nabi, Nabi Musa adalah nabi yang paling banyak disebut dalam Al-Quran.

Benarkah Nabi Musa Cadel?

Salah satu kisah yang paling dikenal dari Nabi Musa dalam nama nama Nabi adalah bahwa Nabi Musa merupakan seorang cadel sehingga ucapan serta kata-katanya nggak jelas. Ini terjadi karena saat kecil, beliau pernah memakan bara api akibat diuji oleh Firaun.

Fir’aun sendiri juga mengejek ucapan Nabi Musa tidak jelas:

“ Bukankah aku lebih baik dari orang yang hina ini (Musa) yang hampir tidak dapat menjelaskan perkataannya” (Az Zukhruf: 52)

Itu makanya Nabi Musa berdo’a kepada Allah, yang ungkapan beliau itu dinukilkan Allah dalam surat Thaha ayat 25-28:

“ Ya Tuhanku, lapangkan lah untukku dadaku, mudahkan untukku urusanku, dan lepaskan lah ikatan dari lidahku, hingga ia paham perkataanku”

Beliau juga meminta kepada Allah agar Nabi Harun menjadi pembantu beliau, karena Nabi Harun lebih fasih berbicara ketimbang lidah nabi Musa.

Namun hal itu kontradiktif dengan kisah berikut ini:

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “ Bani Israil biasa mandi dengan bertelanjang, satu sama lain saling melihat anggota badan temannya. Tetapi Nabi Musa mandi seorang diri. Mereka mengatakan, ‘Demi Allah! Tidak ada yang melarang Musa mandi bersama-sama dengan kita kecuali karena dia berpenyakit, buah pelirnya besar.’

Nah pada suatu ketika, Nabi Musa mandi seorang diri dan kainya diletakkan di sebuh batu. Namun batu tersebut membawa kabur kain beliau. nabi Musa menyusulnya sambil berteriak. Sehingga, Bani Isaril dapat melihat (aurat) Nabi Musa, lantas mereka berkata, ‘Demi Allah! Musa tidak berpenyakit apa-apa.’ Lalu Nabi Musa mengambil kainnya dan dipukulnya batu itu.” Hingga terdapat enam atau tujuh bekas pukulan pada batu tersebut.

Dari kisah itu kita bisa mengambil hikmah bahwa seluruh nama nama Nabi memiliki paras sempurna dan tanpa cacat kekurangan. Kemungkinan, ejekan Firaun muncul karena Nabi Musa berbicara dengan dua bahasa, yakni Ibrani (bahasa bangsa Yahudi) bahasa ibunya dan bahasa Qibti (bahasa asli bangsa Mesir).

Dari kisah tersebut, ada beragam kisah yang bisa kita petik bahwa seluruh nama nama Nabi memiliki paras sempurna serta keutamaan rasa malu yang merupakan akhlak mulia.

8 dari 11 halaman

Nama Nama NabiNama Nama Nabi © 2021 Ankhesenamun on Unsplash

Nabi Harun

Dalam nama nama Nabi, Nabi Harun dikenal sebagai kakak sekaligus teman Nabi Musa yang setia. Berbeda dari Nabi Musa yang tegas dan pemberani, Nabi Harun dituding lemah namun sangat fasih dalam berbicara.

Maka, ketika beliau diminta untuk menggantikan Nabi Musa sebagai pemimpin kala Nabi Musa saum di Bukit Sinai, umat Nabi Musa berulah. Mereka mengumpulkan emas lalu membuat patung anak sapi untuk disembah. Nabi Harun tak kuasa mencegah mereka. Dan saat Nabi Musa pulang dan melihat hal tersebut, beliau marah banget kepada Nabi Harun.

Nabi Harun nggak iri kepada Nabi Musa yang diangkat menjadi nabi terlebih dulu. Bahkan, beliau mendukungs audaranya dalam menyeru agama Allah meski banyak ujian.

Nabi Dzulkifli

Ada yang menyatakan bahwa Dzulkifli adalah putera Nabi Ayyub AS. Mewarsi sifat ayahnya, dalam nama nama Nabi, Nabi Dzulkifli dikenal sebagai nabi yang saleh, sabar, adil dan bijaksana juga seorang yang sederhana.

Nama aslinya adalah Basyar. Dia diangkat sebagai seorang raja setelah menang dalam sebuah sayembara yang syaratnya yaitu orang yang sabar, bertakwa, berpuasa di siang hari dan beribadah di malam hari serta nggak marah. Saat menjadi raja, beliau tampil dengan sederhana dan memuliakan seluruh rakyatnya.

Nabi Daud

Beberapa riwayat menyebut bahwa Nabi Daud memiliki suara yang merdu, diantara nama nama Nabi. Saking merduanya, saat melantunkan kitab Zabur, gunung dan burung burung ikut bertasbih bersamanya.

Kisah ini disampaikan oleh Allah dalam Q.S Saba' ayat 10,

Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud kurnia dari Kami. (Kami berfirman): " Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud" , dan Kami telah melunakkan besi untuknya."

9 dari 11 halaman

Nama Nama NabiNama Nama Nabi © 2021 abukhadeejah.com

Nabi Sulaiman

Dalam nama nama Nabi Nabi Sulaiman dikisahkan dapat memimpin jin dan berbicara dengan hewan. Dikisahkan ketika beliau melintas bersama bala tentaranya yang terdiri dari jin, manusia, dan burung-burung hendak menyeberang lembah yang ternyata banyak dihuni oleh semut.

Salah seekor semut berteriak kepada teman-temannya agar masuk ke dalam lubang agar tak terinjak. Mendengar suara semut, beliau tertawa. Lalu Nabi Sulaiman memerintah tentaranya bat hati-hati saat berjalan.

Nabi Sulaiman dan Istri - Istri Beliau

Diantara nama nama Nabi, Nabi Sulaiman diketahui memiliki banyak istri. Suatu ketika beliau pernah mengatakan " ‘Saya akan menggilir 100 istri se-malam ini, masing-masing istri akan melahirkan anak lelaki, yang nanti akan berjihad di jalan Allah.’ Namun Sulaiman lupa untuk mengucapkan ‘InsyaaAllah’. Lalu Sulaiman menggilir seluruh istrinya, akan tetapi tidak ada yang melahirkan anak, selain satu istri yang melahirkan anak yang cacat.

Lalu Rasulullah berkomentar, “ Andai Sulaiman mengatakan, ‘InsyaaAllah’ maka sumpahnya tidak gagal dan akan mendapatkan apa yang menjadi keinginannya.” (HR. Ahmad 7715 dan Bukhari 5242).

Ada perbedaan pendapat mengenai jumlah istri Nabi Sulaiman. Ada yang menyebut jumlahnya 90 atau 70.

Nabi Ilyas

Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir menjelaskan, Ilyas terpaksa selalu berpindah tempat. Kadang tinggal di rumah orang yang memercayainya, kadang di sebuah gua. Sejumlah sumber juga menyebut bahwa rumah yang disinggahi beliau pasti akan tercium bau makanan.

Nabi Ilyas masuk menajdi salah satu dari empat nama nama Nabi yang dipercaya masih hidup hingga kini. Namun, beberapa sumber menyebut hal itu tidaklah benar.

Nabi Ilyasa

Sebagaimana Nabi Ilyas, Nabi Ilyasa juga kembali memperingatkan Bani Israil dari kebiasaan mereka menyembah berhala dan kembali ke ajaran Allah. Tak diindahkan, adzab Allah berupa kekeringan panjang datang. Satu persatu, penduduk meninggal lantaran tak kuat menahan derita hingga cuman bersisa Nabi Ilyasa dan pengikutnya.

10 dari 11 halaman

Nama Nama NabiNama Nama Nabi © 2021 tawheed.com.au

Nabi Yunus

Dalam kisah dan nama nama Nabi, Nabi Yunus dikenal dengan cerita beliau yang masuk ke dalam perut paus dan tetap hidup berkat kekuasaan Allah.

Jadi, setelah menyampaikan ancaman turunnya azab kepada kaumnya, Nabi Yunus terus berjalan hingga di sebuah pesisir. Sayangnya, kepergian Yunus tanpa seizin Allah. Makanya, Allah menggambarkan sang nabi dengan “ melarikan diri,” sebagaimana dilansir Al-Qur’an, “ Sesungguhnya Yunus benar-benar salah seorang rasul, (ingatlah) ketika ia lari ke kapal yang penuh muatan,” (QS Ash-Shaffat [37]: 139-140).

Kapal yang ditumpanginya kemudian kelebihan muatan dan beliau termasuk salah satu nama yang diundi untuk dijeburkan ke laut.

Berikut ini salah satu doa Nabi Yunus saat berada di dalam perut ikan:

" Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin Artinya: “ Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.”

Nabi Zakaria

Nabi Zakaria AS adalah sosok yang menjaga, mengasuh, dan merawat Maryam (Ibunda Nabi Isa AS). Salah satu bentuk kasih sayangnya yakni ruang khusus untuk Maryam melakukan ibadah yang disebut dengan Mihrab. Makanya, itulah kenapa dalam nama nama Nabi, nabi Zakaria sebagai orang pertama yang tercatat dalam membuat Mihrab.

Nabi Zakaria sempat putus asa karena nggak memiliki keturunan sebab istrinya yang mandul. Tapi kemudian Allah mengabulkan doanya dengan memberikan anak yang kelak menjadi Nabi Yahya.

Nabi Yahya

Semasa muda, Nabi Yahya As dikenal sangat cerdas bahkan mampu menghafal isi taurat di usia yang cukup belia. Pemberian lainnya dari Allah yakni ilmu tentang rasa cinta terhadap sesama makhluk dan alam semesta.

Dalam nama nama Nabi, Nabi Yahya merupakan nabi yag meninggal di usia muda, yakni 32 tahun. Beliau wafat karena dipenggal oleh Raja Hedonus dan Putri Herodia yang tak senang karena Nabi Yahya menyebut pernikahan keduanya tak halal. Begitu pula Nabi Zakaria, sang ayah. Atas izin Allah, Nabi Zakaria masuk ke dalam suatu pohon yang waktu itu membelah diri jadi dua dan kembali sedia kaa begitu Nab Zakaria berada di dalamnya.

Petugas mencari keberadaan beliau dan menganggap Nabi Zakaria memiliki zihir. Pohon tersebut digergaji dan Nabi Zakairia meninggal di dalamnya.

11 dari 11 halaman

Nama Nama NabiNama Nama Nabi © 2021 abna24.com

Nabi Isa

Dalam nama nama Nabi, nabi Isa dikenal dengan gelar Ulul Azmi. Salah satu mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Isa adalah ia dilahirkan tanpa seorang sosok ayah. Berikut ini daftar mukjizat Nabi Isa :

  • Dapat berbicara semenjak bayi
  • Membuat burung dari tanah liat
  • Menyembuhkan penyakit vertigo
  • Menghidupkan kembali orang mati
  • Menyembuhkan orang buta
  • Lahir tanpa seorang ayah
  • Diangkat ke langit oleh Allah

Nabi Muhammad

Diantara nama nama Nabi, sebagai seorang muslim, mungkin kamu telah mendengar banyak sekali kisah keteladanan Nabi Muhammad. Beliau juga menjadi teladan bagaimana seorang suami bersikap romantis kepada istrinya. Tapi mungkin ada beberapa kisah unik dan menyejukkan hati berikut yang belum pernah sampai ke kamu:

Dalam suatu pertemuan yang dihadiri oleh istri istri beliau, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa 'istrinya yang dia beri hadiah malam sebelumnya, adalah istri yang paling dia cintai'. Padahal, beliau memberikan hadia tersebut kepada seluruh istrinya. Istri-istri beliau senyum-senyum sendiri, merasa senang sebab mereka merasa yang paling disayang oleh Rasulullah.

Diantara nama nama Nabi di atas, kisah mana yang jadi favoritmu?

Beri Komentar