10 Nama Dewi Yunani Kuno Paling Populer dalam Mitologi Romawi serta Kisahnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 22 November 2021 23:54
10 Nama Dewi Yunani Kuno Paling Populer dalam Mitologi Romawi serta Kisahnya
Yang membuat kisah dan nama Dewi Yunani menarik yakni karena mereka juga digambarkan punya emosi layaknya manusia, seperti marah, cemburu, bernafsu dan lainnya.

Nama Dewi Yunani nggak hanya indah didengar, namun juga sebagai makna simbolis yang misalnya. Dewi Rhea yang keibuan yang bahkan berani menentang suaminya sendiri demi menyelamatkan anak-anaknya, atau Dewi Hera yang menjadi ratu para Dewi atau Dewi Athena yang sangat dihormati oleh dewa dan juga manusia.

Dikutip dari ancient History List, aama halnya dengan Dewa Yunani Kuno, sebagian besar dewi ini tinggal di alam surga di atas Gunug Olympus. Merekapunya kekuatan khusus dan bisa mengendalikan aspek kehidupan tertentu.

Karakter mereka dipopulerkan kemudian diabadikan oleh dramawan Yunani Kuno yang terkenal seperti Homer dan Hesiod. Yang membuat kisah mereka menarik adalah kisah kisah yang tak seperti kisah agama kuno lainnya. Nama Dewa Dewi Yunani lekat dikaitkan dengan hal-hal yang ada pada diri manusia, tak hanya penggambaran fisik tapi juga emosi lainnya. Mulai dari marah, cemburu, hingga hasrat membara.

Dikutip dari greekmythology.com, berikut ini daftar nama Dewi Yunani paling populer beserta kisah menarik mereka.

1 dari 10 halaman

Nama Dewi Yunani - Athena

Nama Dewi Yunani - AthenaNama Dewi Yunani - Athena © 2021 Dimitrios P./Shutterstock

Athena berada dalam daftar atas nama dewi Yunani sebagai dewi kebijaksanaan, penalaran, dan kecerdasan. Athena adalah dewi yang unik dengan kepopularitasan yang tak terduga di antara para dewa dan manusia.

Athena biasanya digambarkan sebagai wanita yang agung, dengan wajah cantik namun tegas, bibir penuh tanpa senyum, mata abu-abu dan tubuh anggun, memancarkan kekuatan dan otoritas. Dia juga dikenal ganas dalam berperang. Tapi nggak seperti Ares, Athena nggak pernah terlihat marah dan selalu percaya dalam memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Tapi nggak seperti Ares, Athena nggak pernah terlihat marah dan selalu percaya dalam memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

2 dari 10 halaman

Nama Dewi Yunani - Hera

Nama Dewi Yunani - HeraNama Dewi Yunani - Hera © 2021 masstrek.fandom.com

Bersama dengan Athena, Hera masuk menjadi salah satu nama dewi Yunani paling populer. Dia merupakan istri Zeus, Dewa tertinggi alam semesta. Dia memerintah di atas langit dari puncak tahta emasnya.

Meski sebagai istri, Zeus takut pada Hera. Hera juga cemburuan terhadap selingkuhan-selingkuhan Zeus yang daftarnya sangat panjang itu, dan dia memastikan bahwa permaisurinya bisa mengalami kesulitan akibat kecemburuannya.

Hera digambarkan sebagai wanita keibuan berpakaian lengkap dengan kecantikan yang anggun. Dia biasanya mengenakan mahkota silinder atau rangkaian bunga di kepalanya serta veil/kerudung. Kadang, Hera membawa tongkat yang ditutup dengan delima dan kukuk – yang pertama adalah simbol kesuburan, yang terakhir adalah tanda cara dia dirayu oleh Zeus.

Hera adalah Dewi yang paling cantik dalam daftar nama Dewi Yunani, makannya Zeus bisa jatuh cinta kepadanya.

3 dari 10 halaman

Nama Dewi Yunani - Artemis

Nama Dewa Dewi Yunani - ArtemisNama Dewa Dewi Yunani - Artemis © 2021 ancient-literature.com

Artemis adalah saudara kembar Apollo dan dalam dewi Yunani, dia dikenal sebagai dewi berburu dan lingkungan alam.

Dia pernah bersumpah buat menjadi perawan seumur hidup gara-gara memlihat gimana susahnya ibunya menjadi istri Zeus.

Saat Artemis masih kecil, dia meminta Zeus buat menjaga keperawanannya selamanya. Makanya saat dia berburu dan mandi telanjang, Acteon yang melihatnya langsung diubah menjadi rusa jantan dan mengarahkan anjing-anjingnya kepadanya. Kisah lain adalah tentang Orion, teman berburunya yang kemudian dicintainya. Saat Orion mencoba melepas jubah Artemis, sang Dewi membunuhnya. Namun versi lain menyebut kalau Orion mati karena kalajengking yang dikirim oleh Gaea atau panah Apollo. Para Dewa menjaga keperawanan Artemis bahkan saat dia sendiri nyaris tak bisa mempertahankannya.

Artemis digambarkan sebagai pemburu muda, cantik dan kuat yang membawa anak panah dengan panah dan memegang busur, biasanya mengenakan tunik pendek setinggi lutut dan sering ditemani oleh beberapa hewan. Namun sebagai Dewi Bulan, sosoknya digambarkan mengenakan jubah panjang dan mahkota bulan sabit.

4 dari 10 halaman

Nama Dewi Yunani - Demeter

Nama Dewi Yunani - DemeterNama Dewi Yunani - Demeter © 2021 thewitchesmoon.com

Demeter merupakan Dewi Biji-ijian dan Pertanian. Dalam nama Dewi Yunani, simbol ini terkait dengan kemampuan memberkati orang-orang dengan panen yang berlimpah, menciptakan musim yang menyenangkan untuk bercocok tanam. Keadaan berubah ketika suasana hatinya buruk gara-gara Hades menculik putri kesayangannya, Persephone, dan membawanya ke dunia bawah, tanaman jadi layu dan mati.

Demeter biasanya digambarkan sebagai seorang wanita berpakaian lengkap dan tampak keibuan, baik bertahta dan duduk agung atau berdiri dengan bangga dengan tangan terulur. Kadang-kadang dia digambarkan mengendarai kereta bersama dengan sang putrinya Persephone, yang hampir selalu berada di sekitarnya.

5 dari 10 halaman

Nama Dewi Yunani - Aphrodite

Nama Dewa Dewi Yunani - AphroditeNama Dewa Dewi Yunani - Aphrodite © 2021 DerHexer

Aprodhite merupakan salah satu nama Dewi Yunani yang paling terkenal dengan kecaikannya. Gelarnya adalah dewi kecantikan, cinta, dan hasrat. Penampilannya bak malaikat, bisa memikat hati yang paling keras sekalipun.

Aprodhite mewakili tubuh ideal wanita. Penggambarannya sering kali dalam keadaan telanjang sebagai tubuh sempurna yang tak bisa dijangkau.

Untuk mencegah malapetaka gara-gara kecantikan Aphrodite, Zeus buru-buru menikahinya dengan Hephaestus, salah satu nama Dewa Dewi Yunani yang paling jelek. Apakah taktik tu berhasil? Tidak, karena Aphrodite nggak berencana untuk setia.

Aprodite mulai mengembara dari satu hati ke lainnya. Bahkan setelah dihitung-hitung, kayaknya cuman dua Dewa dari nama Dewa Dewi Yunani yang nggak jatuh dalam pesonanya : Zeus dan Hades. Tapi nama kedua dalam daftar tersebut bahkan nggak tinggal di Olympus, dan nama pertama kemungkinan adalah ayah Aphrodite sendiri.

6 dari 10 halaman

Nama Dewi Yunai Kuno - Rhea

Nama Dewi Yunani - RheaNama Dewi Yunani - Rhea © 2021 maicar.com

Rhea adalah salah satu Titan , putri Uranus dan Gaea . Dia adalah saudara perempuan dan istri Cronus , juga seorang Titan. Rhea adalah yang melahirkan generasi pertama dewa Olympian – Hestia, Hades, Poseidon, Hera, dan Zeus. Karena alasan ini, dia sering disebut ibu para dewa – gelar yang jauh lebih pantas daripada dewi pendahulunya seperti Gaea dan Cybele.

Gelar ini makin kuat dalam deretan nama Dewi Yunani gara-gara dia berani menipu suaminya sendiri Kronos untuk menyelamatkan anak-anaknya. Kronos yang ketakutan karena gelarnya mungkin dilengserkan, memakan anak-anaknya sendiri. Maka, ketika Zeus lair, Rhea malah ngasih sebuah batu ke Kronos. Zeus akirnya tumbuh dewasa dan bikin Kronos memuntahkan semua saudaranya yang udah ditelannya.

7 dari 10 halaman

Nama Dewi Yunani - Leto

Nama Dewi Yunani - LetoNama Dewi Yunani - Leto © 2021 ancienthistorylists.com

Leto ia merupakan salah satu dewi pertama dan kekasih Zeus. Mereka sangat saling mencintai. Tapi, dalam daftar nama Dewi Yunani, dia jauh lebih dikenal dengan perjuanyannya sebagai dewi Keibuan.

Kayak yang sering diceritakan, Hera adalah istri Zeus yang paling cemburuan. Dia dikenal nggak sean-segan memberikan penderitaan kepada permaisuri Zeus lainnya dan selingkuhan Zeus. Dan meskipun Leto dinikahi Zeus sebelum Hera, dia tetap aja dibuat menderita bahkan saat dia sedang hamil Apollo dan Artemis.

Setelah melahirkan dua nama Dewi Dewi Yunani yang terkenal itu Leto kembali mendapatkan kehormatannya yang hilang. Artemi dan Apollo berhasil memuliakan statusnya dalam mitologi Yunani.

Kultusnya mulai menyebar saat dia mengembara dari satu tempat ke tempat lain bersama anak-anaknya. Dia berhasil mengukir namanya dalam mitologi Yunani sebagai sosok yang sederhana, keibuan, dan disegani.

8 dari 10 halaman

Nama Dewi Yunani - Nemesis

Nama Dewi Yunani - NemesisNama Dewi Yunani - Nemesis © 2021 somersetlive.co.uk

Nemisis adalah dewi pembalssan, seperti namanya. Dia bakalan melakukan penghakiman dan menatuhkan hukuman buat mereka yang jahat. Dia dianggap sebagai dewi tanpa belas kasihan.

Meski begitu, dia nggak pernah mejatuhkan suatu hukuman berdaarkan kepentingan pribainya. Dia bakalan meneliti setiuasi sebelum memutukan apa yang berhak diterima. Dia menebarkan kebahagiaan dan di waktu yang sama membagikan kesengsaraan.

9 dari 10 halaman

Nama Dewi Yunani - Hebe

Nama Dewi Yunani - HebeNama Dewi Yunani - Hebe © 2021 ancienthistorylists.com

Merupakan putri bungsu dari Hera dan Zeus dan dianggap sebagai personifikasi illahi dari kecantikan dan awet muda Dia punya pesona yang abadi, dan dalam daftar nama Dewi Yunani, dia adalah simboldewi pemuda. Namanya sendiri berarti 'muda' dan banyak yang percaya kalau dia bisa mengembalikan keremajaan.

10 dari 10 halaman

Nama Dewi Yunani - Hestia

Nama Dewi Yunani - HestiaNama Dewi Yunani - Hestia © 2021 Museum of Classical Archaeology Databases

Hestia dipercaya sebagai salah satu dewi Perawan dari tiga nama Dewi Yunani kuno berama dengn Athen adan Artemis. Apollo dan Poseidon nggak berhenti mengejar cintanya. Tapi Hestia lebih memilih buat menemapti janjinya kepada Zeu buat tetap suci dan tak ternoda.

Namanya berarti perapian, dan statusnya menunjukkan seperti gimana pentingnya perapian dalam kehiupan dan keagamaan. Dan Hestia menjadi perwujuduannya.

Dia melambangkan kehangatan sebuah rumah dari api yang menyala-nyala di perapian. Orang Yunani kuno percaya kalau Hestia merepresentasikan ketenangan ilahi dalam keluarga yang normal. Tapi banyak bukti sejarah yang menyebu bahwa dalam nama Dewi Yunani Kuno, Hestia tak populer ama. Dua bahkan pernah ditendang keluar dari jajaran dewa Olympian.

Biasanya, ia digambarkan sebagai wanita paruh baya yang sederhana dan bercadar. Terkadang, dia berdiri di dekat api unggun besar, membawa tongkat atau memegang beberapa bunga di tangannya.

Beri Komentar