10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diketahui dan Diimani oleh Umat Islam

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 7 April 2022 09:00
10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diketahui dan Diimani oleh Umat Islam
Sejatinya ada banyak sekali jumlah malaikat, namun 10 nama malaikat dan tugasnya ini yang wajib diimani

Sebagai umat islam wajib hukumnya kita mengetahui dan mengimani 10 nama malaikat dan tugasnya. Bahkan, hal ini sudah menjadi bagian rukun iman yang haris diimani oleh seluruh umat islam.

Sama seperti manusia ataupun setan dan jin, Malaikat juga merupakan makhluk ciptaan Allah. Hanya saja mereka diciptakan untuk patuh terhadap perintah Allah serta diciptakan tanpa nafsu.

Ada banyak sekali jumlah Malaikat, hanya Allah SWT yang mengetahui jumlah persisnya. Namun, ada 10 nama Malaikat dan tugasnya yang wajib diimani oleh umat Islam. Berikut adalah 10 nama malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui oleh Allah SWT.

1 dari 6 halaman

10 Nama Malaikat dan Tugasnya © Diadona

1. Malaikat Jibril

Nama malaikat dan tugasnya yang peratama adalah malaikat Jibril. Tugas Tugas utama Malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu Allah SWT kepada para Nabi dan Rosul.

Tapi selain itu, malaikat Jibril juga bertugas memenuhi atau menahan hajat manusia, serta membawa rahmat bagi mereka yang menjaga kesucian saat. Juga, ia diperintah Allah SWT untuk meniupkan roh kepada ke janin yang berada di dalam kandungan.

2. Malaikat Mikail

Nama malaikat dan tugasnya yang kedua adalah malaikat Mikail. Tugas malaikat Mikail ialah mengatur rezeki seluruh makhluk. Jadi, malaikat Mikail adalah satu dari empat malaikat yang diberi tugas untuk mengurusi dunia, dan dalam hal itu, Malaikat Mikail bertugas mengatur hujan dan makanan.

2 dari 6 halaman

3. Malaikat Israfil

Kemudian untuk nama malaikat dan tugasnya yang ke tiga adalah malaikat Israfil. Tugas utama yang diberikan Allah SWT kepadanya adalah meniup sangkakala. Tiupan pertama akan mengejutkan seluruh makhluk dan membuat mereka meninggal. Tiupan kedua menjadi awal dua kejadian, yakni kematian dan kebangkitan.

Selain itu, malaikat Israfil juga bertugas mengayomi makhluk dan alam semesta.

4. Malaikat Izrail

Lalu ada nama Malaikat Izrail, ia adalah salah satu dari 10 nama malaikat dan tugasnya yang bertugas mencabut seluruh nyawa makhluk hidup. Semua takdir kematian akan menjadi tugas malaikat Izrail.

3 dari 6 halaman

10 Nama Malaikat dan Tugasnya © Diadona

5. Malaikat Munkar

nama malaikat dan tugasnya yang selanjutnya adalah malaikat Munkar. Ia diperintah oleh Allah SWT untuk menanyai manusia di alam kubur. Malaikat Munkar akan bertanya soal keimanan dan mendatangi manusia yang seringkali berbuat keburukan dalam hidupnya.

6. Malaikat Nakir

Sama seperti malaikat Munkar, malaikat Nakir juga diperintah Allah SWT untuk menanyai manusia di alam kubur setelah mereka meninggal dunia. Bedanya, Malaikat Nakir akan datang ke alam kubur dan menanyai manusia soal kebaikannya.

4 dari 6 halaman

7. Malaikat Raqib

Selanjutnya untuk 10 nama malaikat dan tugasnya ada nama Malaikat Raqib. Ia diperintah Allah SWT untuk mencatat semua amal manusia selama hidup di dunia, khususnya amal baik.

Kelak, amal baik yang dicatat oleh Malaikat Raqib ini lah nantinya yang akan menyelamatakan manusia dari siksa neraka.

8. Malaikat Atid

Kemudian ada Malaikat Atid yang juga bertugas mencatat amal buruk manusia selama di dunia. Malaikat Raqib dan Atid akan selalu berada di sisi manusia untuk mencatat semua amal manusia selama masih hidup di dunia.

5 dari 6 halaman

9. Malaikat Malik

Lalu ada nama Malaikat Malik yang merupakan penjaga pintu neraka. Malaikat Malik juga merupakan pemimpin para malaikat Zabaniah.

Malaikat Zabaniah adalah Malaikat penyiksa di dalam neraka yang begitu bengis serta kasar.

10. Malaikat Ridwan

10 nama Malaikat dan Tugasnya yang terakhir adalah malaikat Ridwan. Ia adalah malaikat yang ditugaskan oleh Allah SWT menjaga pintu surga serta menyambut hamba-hamba ahli surga.

Malaikat Ridwan berbeda dengan malaikat Malik yang merupakan sosok kasar, ia merupakan sosok yang ramah dan juga lembut.

Jadi itulah 10 nama malaikat dan tugasnya yang sebagai umat Islam wajib untuk kita ketahui dan kita imani. Semoga infromasi sekaligus uraian ini bisa bermanfaat buat kita semua ya.

Beri Komentar