25 Nama Nabi secara Berurutan dan Kisahnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 25 November 2021 22:58
25 Nama Nabi secara Berurutan dan Kisahnya
Sudahkah kamu mengenal 25 nama nabi secara berurutan beserta pelajaran yang diambil dari kisah mereka?

Ada 25 nama nabi dan rosul dalam Islam yang telah diketahui secara umum. Namun sebenarnya literatur menyebut ada 1setidaknya ada ratusan ribu nabi dan lebih dari 2300 rosul. Jumlah pasinya belum tak diketahui.

Al-Qur'an menyebut ada 25 nama nabi dan rosul yang wajib diimani. Dikutip dari laman NU Online, lima diantara 25 tersebut memiliki kelebihan istimewa, yakni sebagai Ulul-Azmi yang artinya memiliki ketabahan luar biasa. Diantaranya yakni Nabi Nuh, Nabi Ibrhami, Nabi Musa, Nabi Isa dan Nabi Muhammad SAW.

Nabi dan Rasul ditunjuk oleh Allah untuk menyebarkan agama Islam yang mereka bawa. Dengan tugas yang sedemikian berat, nabi dan rosul memiliki sifat wajib dan sifat yang mustahil atau tak mungkin dimiliki berikut:

  • Benar/Jujur atau shidiq dan tidak mungkin suka bohong
  • Dapat dipercaya atau amanah serta nggak mungkin berkhianat
  • Menyampaikan perintah dan larangan atau tabligh dan tidak mungkin menyembunyikanya
  • Cerdas atau fathonah dan tidak mungkin pelupa atau ghoflatun.

1 dari 5 halaman

25 Nama Nabi25 Nama Nabi © 2021 Fillipe Gomes from Pexels

Dan berikut urutan 25 nama nabi dan rosul dalam Islam beserta kisahnya.

1. Nabi Adam

Merupakan nabi pertama dalam 25 nama nabi. Sehingga Nabi Adam diciptakan langsung oleh tangan Allah dari tanah liat dan jiwanya langsung ditiupkan oleh Yang Mahakuasa sendiri.

2. Nabi Idris

Merupakan nabi kedua dalam 25 nama nabi namun keturunan ke enam dari Nabi Adam as. Semasa hidupnya, Nabi Idris pernah mengintip neraka dan surga sebelum kematian menjemput.

3. Nabi Nuh

Dalam kisah 25 nama nabi, Nabi Nuh dikenal dengan mukjizat bisa membangun kapal yang berhasil menyelamatkan beliau saat banjir akibat azab dari Allah.

4. Nabi Hud

Sama halnya dengan kisah Nabi Nuh, kaum Aad yang hidup di masa Nabi Hud yang tak mau beriman kepada Allah ditimpa adzab berupa kekeringan. Nabi Hu mendapatkan mukjizat dapat menurunkan atas seizin Allah.

5. Nabi Shaleh

Mukjizat nabi Hud adalah lahirnya unta betina dari bongkahan batu gunung. Tapi alih-alih percaya dengan kebesaran Allah, kaum Nabi Shaleh malah membunuh unta betina tersebut.

2 dari 5 halaman

25 Nama Nabi25 Nama Nabi © 2021 Pixabay

6. Nabi Ibrahim

Diantara 25 nama nabi, Nabi Ibrahim dikenal sebagai bapak para Nabi. Kenapa? Karena merupakan bapak dari Nabi Ismail yang menjadi garis keturunan Nabi Muhammad dan Nabi Iskak yang kelak akan melahirkan Nabi Yakub.

7. Nabi Luth

Nabi Luth diutus oleh Allah untuk menyadarkan kaum Sodom yang melakukan kebiasaan berhubungan sesama jenis.

8. Nabi Ismail

Dalam kisah 25 nama nabi, nabi Ismail memiliki mukjizat yang bisa kita lihat hingga saat ini, yakni keberadaan sumur ZamZam.

9. Nabi Ishaq

Dalam kisah 25 nama Nabi, beliau dikenal dengan ilmu dan akhlak yang tinggi. Ditambah, kesalehan beliau mendapatkan pujian langsung dari Allah SWT.

10. Nabi Ya'qub

Dari beliau kita bisa melihat teladan sikap seorang ayah yang tidak membeda-bedakan anaknya dan memberikan maaf saat mereka salah. Nabi Ayub juga memberikan telada tentang kerukunan dalam bersaudara.

3 dari 5 halaman

25 Nama Nabi25 Nama Nabi © 2021 Oday Hazeem from Pexels

11. Nabi Yusuf

Diantara kisah 25 nabi, Nabi Yusuf termasyhur dengan ketampanannya. Namun tahukan kamu kalau Nabi Muhammad ternyata dikaruniu ketampanan yang jauh lebih banyak. Hanya saja, Allah menurunkan 10 tirai untuk menutupi tampannya nabi Muhammad dan membuka satu tirainya di dunia.

12. Nabi Ayyub

Mempelajari kisah nabi Ayyub dalam 25 kisah nabi megajarkan kita betapa ikhlasnya beliau atas ujian yang diberikan Allah. Penyait kulit yang menyedihkan, kehilangan 12 anak serta hilangnya harta benda masih membuat beliau meraa malu untuk meminta kepada Allah.

13. Nabi Syuaib

Nabi Syu'aib AS adalah nabi yang mendapat julukan Khatib al-Anbiya atau juru bicara para Nabi. Sebab, dalam kisah 25 nama nabi, beliau dikenal memiliki argumen yang jelas dan mudah dipahami. Seluruh perkataannya memiliki dasar dan arah tujuan.

14. Nabi Musa

Diantara 25 nama nabi, nabi Musa lah yang paling banyak disebut dalam Al-Quran.

15. Nabi Harun

Nabi Harun dikenal sebagai kakak sekaligus teman Nabi Musa yang setia. Berbeda dari Nabi Musa yang tegas dan pemberani, Nabi Harun dituding lemah namun sangat fasih dalam berbicara.

4 dari 5 halaman

25 Nama Nabi25 Nama Nabi © 2021 Anson Antony on Unsplash

16. Nabi Dzulkifli

Nama asli nabi Dzulkifli adalah Basyar. Dia diangkat sebagai seorang raja setelah menang dalam sebuah sayembara yang syaratnya yaitu orang yang sabar, bertakwa, berpuasa di siang hari dan beribadah di malam hari serta nggak marah.

17. Nabi Daud

Beragam kisah 25 nama nabi menyebut bahwa Nabi Daud punya suara yang merdu, yang membuat gunung dan burung ikut bertasbih bersamanya.

18. Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman dikisahkan bia berbicara degan hewan dan memimpin jin. Beliau juga disbeut punya baya istri. TApi da perbedaan pendapat mengenai jumah pastnya. Ada yang menyebut jumlahnya 90 atau 70.

19. Nabi Ilyas

Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir menjelaskan, Ilyas terpaksa selalu berpindah tempat. Kadang tinggal di rumah orang yang memercayainya, kadang di sebuah gua. Sejumlah sumber juga menyebut bahwa rumah yang disinggahi beliau pasti akan tercium bau makanan.

20. Nabi Ilyasa

Setelah ajaran nabi Ilyasa tak diindahkan oleh Bani Israil dengan terus menyembah berhala, Allah menimpakan adzab kepada mereka. Satu persatu, penduduk meninggal lantaran tak kuat menahan derita hingga cuman bersisa Nabi Ilyasa dan pengikutnya.

5 dari 5 halaman

25 Nama Nabi25 Nama Nabi © 2021 Shot by Cerqueira on Unsplash

21. Nabi Yunus

Setelah menyampaikan ancaman turunnya azab kepada kaumnya, Nabi Yunus terus berjalan hingga di sebuah pesisir. Sayangnya, kepergian Yunus tanpa seizin Allah. Kapal yang diumpagi beliau kelebihan muatan lalu beliau terpilih untuk dilempar ke lautan dan dimakan ikan.

22. Nabi Zakaria

Nabi Zakaria AS adalah sosok yang menjaga, mengasuh, dan merawat Maryam (Ibunda Nabi Isa AS).

23. Nabi Yahya

Semasa muda, Nabi Yahya As dikenal sangat cerdas bahkan mampu menghafal isi taurat di usia yang cukup belia.

24. Nabi Isa

Nabi Isa dikenal dengan gelar Ulul Azmi dengan daftar mukjizat yakni:

  • Dapat berbicara semenjak bayi
  • Membuat burung dari tanah liat
  • Menyembuhkan penyakit vertigo
  • Menghidupkan kembali orang mati
  • Menyembuhkan orang buta
  • Lahir tanpa seorang ayah
  • Diangkat ke langit oleh Allah

Nabi Muhammad

Diantara 25 nama nabi mungkin kamu paling sering mendengarkisah beliau. Al Hafiz Ibnu Katsir dalam Sirah Nabi Muhammad SAW menyebutkan beberapa keistimewaan Rasulullah SAW dibanding utusan yang lain, yakni:

Dari Jabir ibn Abdullah berkata, “ Rasulullah bersabda, “ Aku telah diberi lima perkara yang tidak diberikan kepada seorang Nabi pun sebelumku: (1) aku ditolong dengan rasa takut yang menghinggapi musuh-musuhku dari jarak sebulan perjalanan, (2) bumi ini dijadikan bagiku sebagai tempat sujud dan alat bersuci, maka di mana saja seseorang dari umatku mendapati waktu shalat telah tiba, hendaklah dia mengerjakannya, (3) dihalalkan bagiku harta rampasan perang yang belum pernah dihalalkan bagi seorang Nabi pun sebelumku, (4) diberikan kepadaku hak untuk memberikan syafaat, dan (5) dahulu para Nabi diutus hanya kepada kaumnya saja, sedangkan aku diutus kepada seluruh manusia.” (HR Bukhari).

Wallahualam.

Beri Komentar