Jadi Andalan Warga Arab Saudi, Tolak Angin Sido Muncul Mulai Masuk Pasar Modern UEA

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 15 Agustus 2023 14:26
Jadi Andalan Warga Arab Saudi, Tolak Angin Sido Muncul Mulai Masuk Pasar Modern UEA
Makin mendunia aja nih Tolak Angin

Sebagai orang Indonesia kita pasti sudah tidak asing lagi dengan Tolak Angin ya, Diazens. Nah, kalian tau nggak sih, kalau PT. Industri Dan Farmasi Sido Muncul, TBK memperluas penjualan produknya ke luar negeri loh.

Produk andalan yang mereka bawa ke luar negeri tersebut tidak bukan dan tidak lain adalah Tolak Angin. Kini, salah satu tujuan ekspor Sido Muncul selanjutnya adalah Uni Emirat Arab dan sejumlah negara di Timur Tengah. Makin mendunia aja nih ya Tolak Angin.

1 dari 3 halaman

Sudah Masuk ke 15 Negara

Tolak Angin Sido Muncul © Diadona

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat mengatakan produk unggulan mereka sudah masuk ke-15 negara. Di antaranya Arab Saudi, Amerika, Australia, Nigeria, Filipina, Malaysia, Singapura dan lain-lain.

Produk yang diperdagangkannya bahkan telah melalui proses pengawasan serta kualitasnya berstandar Eropa dan Amerika loh Diazens. Ternyata banyak juga ya orang luar negeri yang suka dan cocok dengan Tolak Angin.

" Kami sudah masuk ke 15 negara, termasuk kerja sama dengan distributor dari Arab Saudi sejak 2019. Kami memilih Arab Saudi karena proses pendaftarannya ketat sekali dan kelas standarnya European," kata Irwan usai menerima kunjungan dari distributor asal Arab Saudi, Mizanain Trading & Marketing, Kamis (10/8).

2 dari 3 halaman

Tolak Angin di UEA dan Arab Saudi

Tolak Angin Sido Muncul © Diadona

Abdillah selaku Direktur Mizanain, mengatakan bahwa di Saudi Arabia terkait penjualan produk Sido Muncul melalui jamu Tolak Angin sudah banyak berkembang. Kamu bisa menemuinya terutama di outlet-outlet untuk penjualan produk herbal. Maka dari itu, kemudian banyak orang-orang lokal mulai minat dengan herbal.

" Jadi produk herbal jamu Tolak Angin di pasaran sudah banyak berkembang outlet-outlet di Saudi Arabia. Peminatnya orang orang lokal arab yang suka herbal, jamaah haji kedepannya akan lebih prospek," katanya.

Kemudian, secara bertahap produk-produk seperti Tolak Angin telah menyebar ke toko mainstream dan dikonsumsi masyarakat Arab Saudi. Bahkan fakta menariknya, lanjut Ricardo, penjualan Tolak Angin Sido Muncul naik sekitar 140%.

" Jadi setelah ini, kami akan masuk ke The Gulf Cooperation Council (GCC) seperti Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, dan Uni Emirat Arab," ujar Ricardo.

3 dari 3 halaman

Strategi Sido Muncul Masuk ke Pasar Modern

Tolak Angin Sido Muncul © Diadona

Jadi, Pabrik Sido Muncul, Bergas, Kabupaten Semarang telah menerima kunjungan dari Abdillah Junaid Bawazeer selaku Direktur Mizanain. Menurut Abdillah, penjualan Tolak Angin di Arab Saudi menyasar ke ribuan toko tradisional dan bahkan bisa masuk ke toko ritel modern loh.

Pihaknya juga akan menambah wilayah penjualan Tolak Angin, tak hanya di Arab Saudi.

" Nanti akan dipasarkan di negara-negara sekitarnya, misalnya Yaman. Di Yaman sebagian sudah masuk," kata Abdillah.

Lebih lanjut, saat menerima kunjungan tersebut, Irwan menjelaskan bahwa mereka membahas mengenai ide produk untuk masuk ke pasar modern. Menurut Irwan, untuk bisa masuk pasar modern, dia menyarankan kepada distributor untuk membubuhkan rekomendasi waktu konsumsi dan khasiat dari Tolak Angin pada kemasan yang akan dipasarkan di Arab Saudi.

" Sebenarnya untuk masuk ke pasar-pasar modern itu mudah. Kalau pasar tradisional, distribusinya satu-satu, sedangkan pasar modern misalnya ada seribu namun yang punya cuma lima orang," ujar Irwan.

Wah ternyata Tolak Angin Sido Muncul sudah Go International aja ya. Beruntung banget sih di Indonesia sini sudah nggak perlu ribet cari produk ini. Kalian sering nggak minum Tolak Angin ini, Diazens?

Beri Komentar