Tanpa Disadari, Mendengarkan Musik saat Bekerja Ternyata Penting Banget loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 3 Juli 2020 11:15
Tanpa Disadari, Mendengarkan Musik saat Bekerja Ternyata Penting Banget loh!
Siapa nih yang suka dengerin musik waktu kerja?

Saat bekerja, ada rutinitas-rutinitas kecil yang seringkali kita lakukan. Entah sambil ngemil atau sambil mendengarkan musik, semua bisa menjadi pelengkap hari-hari para pekerja.

Tapi tahu nggak sih, merangkum dari Times of India, mendengarkan musik ternyata bisa memberi manfaat di tempat kerja loh. Simone Ritter dari Radboud University (Belanda) dan Sam Ferguson dari University of Technology (Australia) mencoba mengulik bagaimana genre musik yang didengarkan bisa mempengaruhi proses pemikiran seseorang.

1 dari 3 halaman

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mendengarkan musik yang bahagia, cenderung meningkatkan kemampuan kita untuk berpikir kreatif. Namun terungkap juga fakta lain, bahwa mendengarkan musik tidak membantu dalam pemecahan masalah dan logika.

Penelitian serupa yang dilakukan di University of Miami juga mengungkapkan bahwa mendengarkan musik saat bekerja ternyata bisa melahirkan ide-ide yang lebih baik. Bahkan seseorang bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih cepat.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Mendengarkan Musik saat Bekerja © Diadona

Tim peneliti menyarankan agar pekerja memilih jenis musik yang tepat. Jangan sampai memilih lirik yang rumit karena fokus pekerja justru akan teralih pada musik yang diputar.

Jika kamu termasuk yang tidak suka mendengarkan musik saat bekerja, tim peneliti juga punya saran yang lain. Kamu tetap perlu mendengarkan musik agar bisa menghilangkan stres sekaligus menambah motivasi kerja.

Beri Komentar