Pelecehan Seksual Bisa Terjadi di Tempat Kerja, Yuk Simak Cara Menghindarinya!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 27 April 2020 07:15
Pelecehan Seksual Bisa Terjadi di Tempat Kerja, Yuk Simak Cara Menghindarinya!
Jangan lupa untuk tetap melindungi diri sendiri..

Kasus pelecehan seksual terhadap perempuan memang semakin marak terjadi. Nggak cuma di tempat-tempat sepi, kejadian ini bahkan bisa terjadi di keramaian juga.

Yang seringkali nggak disadari, pelecehan seksual juga bisa terjadi di tempat kerja lho. Lantas gimana cara menghindarinya ya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1 dari 4 halaman

Perhatikan Penampilan

Memerhatikan penampilan diri sendiri memang sangat diperlukan, tak terkecuali untuk melindungi diri sendiri. Saat bekerja di kantor, hindarilah memakai pakaian yang mengundang nafsu dari lawan jenis, serta hindarilah makeup berlebihan. Karena seringkali pria akan melihat ini sebagai daya tarik seksual.

2 dari 4 halaman

Hindari Lembur sampai Tengah Malam Seorang Diri

Yang namanya bekerja memang kadangkala harus mengalami lembur. Jika memang kamu harus lembur, usahakan agar tidak sampai larut malam dan seorang diri. Hubungi bagian keamanan yang berjaga apabila sewaktu-waktu kamu memerlukan pertolongan.

3 dari 4 halaman

Berani dan Tegas

Pelecehan seksual seringkali terjadi karena korban diam saja dan tidak melawan. Pelecehan seksual tidak selalu langsung berkaitan dengan fisik yang disentuh-sentuh, kalimat vulgar yang tidak senonoh juga bisa dikategorikan sebagai pelecehan seksual. Untuk itu, kamu harus tegas dan berani untuk melindungi diri sendiri.

4 dari 4 halaman

Laporkan pada Pihak Berwenang

Jika kamu sudah mengalami pelecehan seksual entah secara verbal atau bahkan melalui tindakan, jangan ragu lagi untuk melaporkan kejadian ini. Jika memang ada saksi atau korban serupa, kalian bisa menunjukkan hal itu sebagai bukti kepada bagian HRD. Mintalah tindakan tegas agar pelaku pelecehan seksual tidak berbuat semena-mena lagi.


Pelecehan seksual memang bisa terjadi kapan pun dan di mana pun. Untuk itu, kamu tetap perlu berhati-hati dan tetap tegas dalam segala kondisi.

Beri Komentar