Jangan Diremehin, Pengalaman Magang Sebelum Masuk Dunia Kerja Justru Penting Banget!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 24 April 2020 11:15
Jangan Diremehin, Pengalaman Magang Sebelum Masuk Dunia Kerja Justru Penting Banget!
Kira-kira apa aja ya manfaatnya?

Ada yang beranggapan bahwa magang itu buang-buang waktu dan tenaga aja. Eits, tapi jangan langsung percaya sama rumor itu ya.

Magang tuh justru penting banget buat para mahasiswa dan fresh graduate lho. Momen magang bermanfaat sebelum kamu memasuki dunia kerja.

Kira-kira apa aja sih manfaatnya? Yuk, simak ulasan berikut ini, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Memahami Realita Dunia Kerja

Menjadi pegawai magang bukan sesuatu yang buruk kok, karena saat itulah kamu berkesempatan untuk belajar, berkontribusi, dan memahami dunia kerja secara nyata.

Pengalaman magang akan mengajarkan tentang tujuan karier yang ingin kamu capai. Selain itu, kamu bisa menerapkan pekerjaan yang terkait dengan jurursanmu maupun pilihan karier lainnya.

Memperbanyak Relasi

Saat menjalani masa magang, kamu akan berkesempatan untuk mengikuti meeting maupun event. Nah, momen inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk berinteraksi dan menjalin relasi baru.

Kamu akan belajar untuk berkomunikasi dalam lingkungan profesional. Kamu juga bisa berkenalan dengan banyak sumber dan informasi bermanfaat, yang bisa mengarahkanmu pada berbagai jenis profesional di bidang yang kamu tekuni.

2 dari 4 halaman

Menambah Pengalaman

Biasanya, mahasiswa tingkat akhir atau first jobber akan berlomba-lomba untuk memperindah CV yang mereka miliki. Nah, magang ini bisa jadi salah satu kesempatan untuk mewujudkannya.

Bekerja di suatu perusahaan yang memang berkaitan dengan jurusan yang kamu pilih, bisa jadi nilai tambah yang menguntungkan. Bahkan kalau memang sedang beruntung, perusahaan tempatmu magang bisa saja menarikmu jadi karyawan kontrak lho!

Belajar Manajemen Waktu

Sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, momentum magang bisa kamu manfaatkan untuk belajar manajemen waktu yang baik. Ketika magang, kamu juga akan dihadapkan dengan lingkungan profesional yang sangat menghargai waktu.

Kamu akan belajar mengatur waktu dengan baik dalam segala urusan, baik saat berhadapan dengan meeting, penyelesaian tugas, dan beberapa hal lainnya.

3 dari 4 halaman

Berpotensi Dilirik Perekrut

Pengalaman magang ini benar-benar penting deh. Pengalaman ini akan membuat kamu dinilai memiliki nilai lebih yang bisa diunggulkan. Keunggulan ini bisa bikin kamu lebih mudah dilirik oleh perekrut loh.

Memiliki Fondasi Karier

Dengan memiliki pengalaman magang, kamu akan memiliki fondasi karier yang lebih baik. Untuk itu, penting juga untuk memilih perusahaan manakah yang akan kamu jadikan tempat magang.

Sebisa mungkin, pilihlah industri yang memang sesuai dengan minat dan prospek karier yang kamu inginkan. Pengalaman ini bisa juga dijadikan acuan, apakah kamu bisa dipertahankan oleh perusahaan tersebut.

4 dari 4 halaman

Nah, udah tahu kan kalau magang ternyata punya manfaat yang nggak main-main. Makanya, mulai sekarang, tentukan tempat magang yang tepat dan jangan lupa untuk tetap jaga sikap dan kinerja ya..

Beri Komentar