Ambisius dalam Bekerja Justru Menguntungkan buat Karir atau Malah Menjatuhkan?

Reporter : Mila
Kamis, 23 April 2020 13:57
Ambisius dalam Bekerja Justru Menguntungkan buat Karir atau Malah Menjatuhkan?
Bagaikan pisau bermata dua, penting untuk mengendalikan sikap ambisius.

Semua orang pasti punya goals dan tujuannya masing-masing. Beberapa diantaranya akan melakukan apapun untuk mencapai tujuan tersebut. Selalu fokus dan punya tekad yang kuat, itulah ciri dari orang yang ambisius.

Dalam dunia kerja, tentunya nggak asing dong sama orang-orang begitu semangat dalam menyelesaikan tugas. Entah itu untuk mencapai target bekerja, atau biar pekerjaan bisa terselesaikan dengan segera.

Tapi, segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Begitupun dengan ambisi. Punya ambisi itu bagus, tapi jangan sampai ambisi yang menggebu-gebu justru mengacaukan karirmu.

1 dari 3 halaman

Ambisi Positif

Pekerja Ambisius © Diadona

Nggak bisa dipungkiri, orang yang ambisius itu punya semangat yang kuat untuk bisa meraih satu tujuan. Saat kamu berambisi akan sesuatu, bakal terus berusaha sampai ambisi tersebut berhasil diraih.

Perkembangan jaman yang semakin maju, membuat persaingan dunia kerja semakin ketat. Orang yang ambisius punya kemungkinan yang lebih tinggi untuk meraih kesuksesan. Hal ini karena semangat dan sifat pantang menyerah dari orang tersebut.

2 dari 3 halaman

Ambisi Negatif

Pekerja Ambisius © Diadona

Karena besarnya ambisi itu tadi, orang yang terlalu ambisius akan menghalalkan segala cara hingga risiko tertinggi sekalipun. Kalau gagal, biasanya mereka akan stres.

Hal ini disebabkan karena hampir setiap saat, yang ada dipikiran mereka cuma beban pekerjaan. Karena terlalu fokus dengan tujuan, orang ambisius juga sering kali menjadi pribadi yang anti-sosial. Nggak jarang juga ambisius membuat seseorang jadi kurang cermat dalam mengambil keputusan atau gegabah, karena nggak pikir panjang terlebih dulu.

 

3 dari 3 halaman

Emang bener sih, ambisi itu diperlukan supaya kita tetap fokus dan semngat dalam satu tujuan. Tapi, jangan sampai ambisi mengendalikan dirimu dan menyusahkan orang-orang sekitar, ya!

Beri Komentar