Nggak Selalu Menguntungkan, Ternyata Sosmed Bisa Juga Menghambat Peluang Kerja lho

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 15 Mei 2020 11:15
Nggak Selalu Menguntungkan, Ternyata Sosmed Bisa Juga Menghambat Peluang Kerja lho
Inilah kenapa kita harus cerdik menggunakan sosmed.

Di masa sekarang, sosial media seolah punya peranan dalam setiap aspek kehidupan yang kita jalani. Nggak cuma masalah sosial, sosmed ternyata juga berpengaruh pada peluang karier seseorang lho.

Sosmed yang seringkali kita lampirkan dalam CV ternyata dijadikan sebagai salah satu referensi perusahaan dalam mencari dan menentukan calon karyawan yang akan direkrutnya.

1 dari 4 halaman

Mengutip dari laman Forbes, Rosemary Haefner, Vice President of Human Resource di CareerBuilder menyatakan, " Media sosial adalah sarana komunikasi utama saat ini, dan karena sebagian besar komunikasi itu bersifat publik, jadi tidak mengherankan kalau para pencari kerja menggunakannya."

Senada dengan hal itu, para perekrut pun memanfaatkan media sosial tersebut untuk mengethaui siapakah soosk calon pekerja yang akan mereka rekrut. Hal ini juga untuk mengetahui karakter dan kepribadian sang pelamar kerja, sekaligus memastikan kecocokan sang pelamar dengan visi misi perusahaan.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Kecewa saat Melihat Ponsel © Diadona

CareerBuilder pun mengungkapkan bahwa para pelamar kerja sebaiknya mulai bijak mengelola sosmed pribadinya. Pasalnya, sekitar 65% perekrut memanfaatkan sosmed untuk melihat apakah sang pelamar merupakan seorang yang profesional atau tidak.

Kemudian, 51% perekrut mengaku ingin mengetahui apakah sang pelamar sesuai dengan budaya perusahaan atau tidak. Dan 45% perekrut ternyata ingin menilai kualifikasi diri seseorang.

3 dari 4 halaman

Mengetahui pentingnya peranan sosmed terhadap peluang kerja yang mungkin kamu miliki, maka sudah selayaknya kamu lebih mawas diri mengenai setiap unggahan dan interaksimu di sosmed.

Biar sosmed nggak menghambat peluangmu untuk diterima kerja, maka ada beberapa poin yang bisa kamu terapkan.

4 dari 4 halaman

1. Jangan mengunggah hal provokatif

2. Gunakan bahasa yang baik

3. Pasang foto profil yang sesuai

4. Jangan mengunggah bukti kebiasaan buruk

5. Berkomunikasilah dengan baik.

 

Nah, udah tau trik aman main sosmed kan? Semoga sosmed nggak menjadi penghalang peluang kariermu ya!

Beri Komentar