Kenali 'Toxic Success', Saat Ambisi Merenggut Kebahagiaan Diri Sendiri

Reporter : Mila
Kamis, 7 Januari 2021 15:57
Kenali 'Toxic Success', Saat Ambisi Merenggut Kebahagiaan Diri Sendiri
Jangan senang dulu kalau kamu sedang sukses!

Punya ambisi yang tinggi gak selamanya berakhir baik. Kadang, ambisi yang berlebihan justru bisa membuat kita celaka, itulah yang dinamakan toxic success.

Kamu pasti udah gak asing lagi sama orang-orang yang rela bekerja keras siang dan malam, lembur, sampai lupa istirahat, dan akhirnya jatuh sakit demi sebuah kesuksesan. Kalau kesuksesan ini sudah diraih, maka standarnya akan terus meningkat lagi.

Nah, apa orang-orang yang kamu kenal juga ada di posisi ini? Atau malah kamu salah satunya? Langsung aja yuk simak penjelasan lengkapnya!

1 dari 2 halaman

Tidak Pernah Merasa Puas

Kenali 'Toxic Success', Saat Ambisi Merenggut Kebahagiaan Diri Sendiri © Diadona

Psikolog bernama Paul Pearsall melalui bukunya berjudul Toxic Success: How to Stop Striving and Start Thriving, menyatakan bahwa toxic success adalah kondisi di mana seseorang merasa tak pernah puas padahal sudah meraih banyak pencapaian dalam hidupnya.

Kesuksesan itu dianggap sebagai hal yang toxic karena seringkali mengorbankan kesehatan, masalah psikis terhadap diri sendiri, dan hubungan dengan orang lain.

Mungkin kalau dilihat dari luar mereka sukses luar biasa, tapi jauh di dalam hati, mereka tidak merasa bahagia sama sekali.

2 dari 2 halaman

Cara Menghentikan Toxic Success

Kenali 'Toxic Success', Saat Ambisi Merenggut Kebahagiaan Diri Sendiri © Diadona

Melansir Forbes, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk keluar toxic success ini.

1.  Buatlah tujuanmu sendiri dan fokus terhadapnya, alih-alih mengikuti milik orang lain.

2. Buatlah definisi bahagia dan sukses versi dirimu sendiri. Lagi-lagi jangan ikuti kata orang lain.

Mungkin sulit untuk mulai keluar dari kondisi ini karena kamu merasa masih ada banyak sekali hal yang bisa dicapai. Tapi percayalah, sukses dalam bentuk nominal tak sebanding dengan hati yang bahagia.

Jangan lupa untuk selalu semangat!

Beri Komentar