Jangan Takut Gagal, Yuk Simak Tips Memulai Bisnis di Usia Muda

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 25 Mei 2020 14:15
Jangan Takut Gagal, Yuk Simak Tips Memulai Bisnis di Usia Muda
Gagal tu wajar, tapi kamu tetap perlu berjuang untuk meraih kesuksesan.

Belakangan ini, banyak anak-anak muda yang tertarik untuk menjalankan bisnis daripada bekerja di bawah pimpinan orang lain. Nggak salah kok, malah justru lebih baik karena bisa membuka lapangan pekerjaan kan?

Meski keliatannya gampang dan membawa misi mulia, menjalankan bisnis nggak semudah itu lho. Siapapun yang terjun ke dalam dunia bisnis pasti pernah merasakan kegagalan.

Tapi kamu nggak perlu kuatir kok. Merangkum dari business.com, ada beberapa trik yang bisa diterapkan oleh pebisnis pemula agar tingkat kegagalan bisa diminimalisir.

1 dari 4 halaman

1. Temukan Passion

Jika kamu ingin menjalankan suatu bisnis, ada baiknya jika hal tersebut sesuai dengan passion yang kamu miliki. Jika kamu menjalankan bisnis tersebut dengan semangat, maka kamu akan lebih mudah mendapatkan ide-ide segar yang membuatmu lebih fokus dan termotivasi.

2. Pahami Target Pasar

Seringkali, kegagalan suatu bisnis yang baru dirintis adalah karena sang pebisnis tidak memahami target pasar yang ditujunya. Nah, jika kamu ingin bisnismu bisa berjalan lancar, maka akan lebih baik jika kamu mengidentifikasi lebih dulu target pasar yang akan kamu jangkau.

2 dari 4 halaman

3. Miliki Dana yang Jelas

Membangun sebuah bisnis tentu tak lepas dari yang namanya modal. Nah, sebelum usaha tersebut berjalan, maka kamu harus memastikan perputaran dana dalam bisnis tidak mengalami kemacetan. Kamu bisa menggunakan dana pribadi atau mungkin mencari pinjaman di tempat yang bisa dipercaya.

4. Siap Berkorban

Bukan sekedar berkorban di bidang finansial, sebagai pebisnis pemula kamu juga perlu mengorbankan waktu, tenaga, dan pemikiran. Dengan tekad dan kerja keras, kamu perlu mengabdikan diri pada usaha yang sedang kamu rintis.

3 dari 4 halaman

5. Minta Bantuan Mentor

Menjalankan bisnis juga memerlukan berbagai keterampilan dan keahlian yang bisa jadi belum kamu kuasai. Nah, untuk itulah kamu memerlukan seorang mentor yang akan membimbingmu dalam menjalankan bisnis. Jangan ragu untuk terus belajar, agar bisnis yang kamu jalankan bisa berjalan terus.

6. Temukan Partner yang Sesuai

Yang satu ini juga perlu diperhatikan. Kamu nggak mungkin bisa menjalankan bisnis seorang diri, bagaimana pun juga kamu memerlukan tim yang kompeten untuk memajukan bisnismu. Sebisa mungkin carilah orang yang memiliki visi yang sama denganmu, agar kemajuan bisnis bisa diperjuangkan bersama.

Beri Komentar