Awas Dimanfaatkan, Bersikap Terlalu Baik di Tempat Kerja Justru Berpotensi Merugikan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 1 Mei 2020 11:15
Awas Dimanfaatkan, Bersikap Terlalu Baik di Tempat Kerja Justru Berpotensi Merugikan
Jadi, kudu gimana dong?

Jadi orang baik tuh sebenarnya nggak salah. Bahkan banyak yang beranggapan bahwa jadi orang baik akan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan.

Tapi ternyata, bersikap baik pada orang lain nggak selamanya menguntungkan lho. Karena justru ada saja orang yang akan memanfaatkan kebaikan yang kamu tunjukkan.

Bahkan dalam dunia kerja sekalipun, perbuatan baikmu bisa jadi boomerang yang justru merugikan kamu sendiri. Merangkum dari cermati.com, berikut adalah dampak negatif yang akan kamu rasakan jika 'terlalu baik' dalam dunia kerja.

1 dari 5 halaman

1. Tanggung Jawab Pekerjaan Sendiri bisa Terbengkalai

Ilustrasi Lelah Bekerja © Diadona

Dalam setiap pekerjaan, setiap orang pasti sudah memiliki job description-nya masing-masing. Tapi kadang kala, masih ada saja rekan kerja yang kadang meminta kita membangu pekerjaannya.

Nggak salah sih, tapi alangkah baiknya jika sebelum memberi bantuan, kamu 'melirik' pekerjaanmu lebih dahulu. Jika kamu sudah selesai, kamu bisa membantunya. Tapi jika belum, alangkah baiknya jika kamu menolak permintaan tersebut agar pekerjaanmu sendiri tidak terbengkalai.

2 dari 5 halaman

2. Keuangan Berantakan karena Menghadiri Banyak Undangan

Teman kantor pasti nggak jarang mengundangmu dalam berbagai kesempatan. Kadang kala kita merasa perlu mendatangi undangan tersebut karena merasa segan sekaligus ingin menghargai si empunya acara.

Tapi jika kebetulan kamu juga menerima undangan lain, nggak ada salahnya untuk menolak undangan dari teman kantormu kok. Sebisa mungkin prioritaskan orang yang lebih dekat dan perhitungkan setiap dana yang dipakai agar pengeluaranmu tidak membengkak.

3 dari 5 halaman

3. Banyak Uang Terbuang karena Piutang

Ilustrasi Pria Sedih © Diadona

Namanya juga teman, meskipun pertemanan itu terjalin di kantor, bukan berarti utang piutang bisa dihindari kan. Jika kamu berbaik hati meminjamkan uangmu pada teman kantor, nggak ada salahnya untuk tetap mengingatkan kok.

Atau lebih baik kamu dan dia membuat kesepakatan mengenai pembayaran utang piutang agar uangmu tidak raib begitu saja.

4 dari 5 halaman

4. Membuang Waktu dengan Percuma

Ada beberapa jenis teman kantor yang suka nongkrong dan mengajak kamu ikut serta bersamanya. Sesekali boleh lah, tapi jangan sampai terlalu sering hanya karena kamu ternyata bingung menolaknya.

Jika memang kamu nggak suka kongkow-kongkow nggak jelas, kamu bisa menolak ajakannya kok. Lagipula, untuk apa sih buang-buang waktu hanya untuk kegiatan yang nggak bermanfaat?

5 dari 5 halaman

Berbuat baik itu perlu. Tapi kamu harus tetap peka jika memang dimanfaatkan. Berbuat baiklah kepada orang yang tepat, agar kebaikanmu tidak lagi disalahgunakan. 

Beri Komentar