Industri adalah Kegiatan Ekonomi, ini Pengertian Menurut Ahli, Jenis dan Revolusi Industri 4.0

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 28 Mei 2021 17:54
Industri adalah Kegiatan Ekonomi, ini Pengertian Menurut Ahli, Jenis dan Revolusi Industri 4.0
Industri adalah kegiatan di bidang ekonomi yang bersifat produktif

Industri adalah suatu aktivitas ekonomi. Mendengar kata industri membuat kita melayangkan pikiran pada deretan pabrik besar kan? Namun industri bukan hanya suatu tempat melainkan suatu proses produksi dan kegiatan ekonomi.

Istilah industri sendiri mencangkup dua pengertian, yakni secara luas dan sempit. Secara luas, industri adalah segala usaha atau kegiatan bidang ekonomi yang sifatnya produktif. Sementara dalam artian sempit, industri merupakan kegiatan yang mengubah bahan baku dengan memanfaatkan sumber daya industri menjadi barang lain yang punya nilai tambah dan manfaat.

Produk industri sendiri nggak cuman berupa barang tapi juga bentuk jasa, misalnya nih asuransi, transportasi, jasa pengiriman, perbankan, dan masih banyak lagi.

1 dari 3 halaman

Pengertian Industri

Industri Adalah © Diadona

Memahami industri kayaknya nggak lengkap tanpa mengetahui gimana definisi industri menurut beberapa ahli. Berikut ulasannya:

Kuncoro

Menurutnya, industri adalah kumpulan perusahan yang menghasilkan produk sejenis dan ada kesamaan dalam bahan baku yang digunakan, proses, produk akhir dan juga konsumen akhir. Sedangkan dalam artian yang luas, industri merupakan kumpulan perushaan yang memproduksi baang dan jasa dengan elastisitas silang yang positif dan tinggi.

Badan Pusat Statistik

BPS merumuskan pengertian industri adalah sebagai kegiatan ekonomi pengolahan barang mentah atau bahan baku menjadi barang setengah jadi, atau barang untuk diolah kembali menjadi barang jadi.

I Made Sandi

Industri adalah bentuk usaha guna memproduksi barang jadi melalui proses produksi penggarapan di dalam jumlah yang besar, sehingga barang produksi tersebut dapat diperoleh dengan harga yang rendah namun dengan kualitas yang setinggi-tingginya.

2 dari 3 halaman

Jenis Industri

Industri Adalah © Diadona

Ada beragam jenis industri di Indonesia yang berbeda di setiap daerah. Ini karena keberadaannya tergantung pada ketersediaan sumber daya, teknologi tinggi dan juga ekonomi di daerah tersebut.

Jenis industri tersebut menurut Lendo bisa diklasifikasikan berdasarkan bahan baku, contohnya nih industri kain, pertanian, peternakan, juga berdasarkan tenaga kerja seperti industri rumahan, kecil, menengah atau industri besar.

Jenis Industri Berdasarkan Klasifikasi

Industri Kimia Dasar
Contohnya, industri semen, obat-obatan, pupuk, kertas dan sebagainya.

Industri Mesin dan Logam Dasar
Seperti halnya industri pesawat terbang, kendaraan bermotor, industri tekstil dan lain sebagainya.

Industri Kecil
Adalah industri roti, makanan ringan, es, minyak goreng curah, kompor minyak dan lain sebagainya.

Aneka Industri
Seperti halnya industri pakaian, industri makanan dan minuman dan lain sebagainya

Industri Berdasarkan Modal

Industri padat modal, yaitu industri yang dibangun dengan modal yang jumlahnya besar untuk kegiatan operasional maupun pembangunannya.
Industri padat karya, yaitu industri yang lebih dititik beratkan pada sejumlah besar tenaga kerja atau pekerja dalam pembangunan serta pengoperasiannya.

Jensi Industri Berdasarkan Jumlah Tenaga Kerja

Industri rumah tangga di mana jumlah karyawannya antara 1-4 orang
Industri kecil dengan jumlah karyawan antara 5-19 orang
Industri sedang adalah industri dengan jumlah tenaga kerja antara 20-99 orang
Industri besar merupakan industri dengan jumlah tenaga kerja mencapai lebih dari 100 orang

Industri Berdasarkan Produktiviats Perorangan

Industri Primer
Pengertian industri primer adalah industri di mana barang produksinya bukan merupakan hasil langsung atau tanpa diolah lebih dahulu

Industri Sekunder
Merupakan industri di mana bahan mentahnya diolah lalu selanjutnya hasil dari olahan tersebut akan menghasilkan barang untuk diolah kembali

Industri Tersier
Adalah industri di mana produk dan barangnya adalah layanan jasa

3 dari 3 halaman

Revolusi Industri 4.0

Industri Adalah © Diadona

Ngomongin industri ini lekat dikaitkan dengan istilah Revolusi Industri yang saat ini sedang digadang oleh pemerintah. Tapi apa sih artinya Revolusi Industri 4.0 itu?

Ini semua berawal dari revolusi industri di seluruh dunia. Disebut dengan revolusi karena memberikan efek yang besar banget di seluruh dunia dan mengubah tata cara kehidupan. Revolusi industri adalah perubahan besar-besaran dari ekonomi agraria dan kerajinan tangan ke ekonomi yang didominasi oleh industri dan mesin. Perubahan ini dipercaya bisa meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi penduduk dunia.

Revolusi industri 4.0 menerapkan konsep automatisasi. Apa artinya? Yakni mengalihkan penggunaan tenaga manusia ke penggunaan mesin untuk efisiensi waktu, tenaga kerja, dan biaya. Penerapan Revolusi Industri 4.0 di pabrik-pabrik saat ini juga dikenal dengan istilah Smart Factory. Konektivitas internet dimanfaatkan untuk pengambilan atau pertukaran data sehingga proses produksi bisa dimonitorisasi oleh pihak yang berkepentingan kapan saja dan di mana saja.

Revolusi industri 4.0 bermula dari 1.0 yang terus berkembang dan dialami oleh dunia saat ini.

Revolusi Industri Pertama

Terjadi di akhir 1700 sampai awal 1800-an. Dikutip dari Epicor, selama periode ini, manufaktur berkembang dari pekerjaan manual yang dilakukan oleh manusia menjadi bentuk yang lebih optimal dengan penggunaan mesin.

Revolusi Industri Kedua

Yakni saat mulai diperkenalkannya baja dan penggunaan listrik di pabrik untuk meningkatkan efisiensi dan menggerakkan mesin. Di masa yang terjadi pada awal abad-20 ini, konsep produksi massal mulai diterapkan.

Revolusi Industri Ketiga

Terjadi saat produsen secara perlahan memasukkan lebih banyak teknologi ke industri mereka. Ada pergeseran antara teknologi mekanik atau analog ke digital dan software otomasi,

Revolusi Industri Keempat atau 4.0

Adalah revolusi industri yang yang menekankan penggunakan teknologi digital dari beberapa dekade terakhir ke tingkat yang sama sekali baru. Perubahan ini terjadi dnegan bantuan interkonektivitas melalui Internet of Things (IoT), akses ke realtime data, dan pengenalan sistem fisik siber. Di masa ini, revolusi industri adalah menekankan para pemilik bisnis buat lebih mengontro dan memahami setiap aspek operasi, pemanfaatan data instan untuk peningaktan produktivitas, meningkatan proses dan mendorong pertumbuhan.

Beri Komentar