Ingin Menanyakan Lowongan Kerja via WhatsApp? Pertimbangkan Hal Ini Dulu ya!

Reporter : Mila
Rabu, 26 Mei 2021 08:57
Ingin Menanyakan Lowongan Kerja via WhatsApp? Pertimbangkan Hal Ini Dulu ya!
Tidak boleh sembarangan, perhatikan dulu tata caranya di bawah ini.

Mudahnya akses informasi saat ini, memungkinkan kita menggunakan banyak media komunikasi yang berbeda. WhatsApp jadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan, hampir semua orang sudah menikmati layanan ini sejak lama.

Kalau kamu adalah job seeker yang sedang mencari dan melamar pekerjaan, kamu tentu sudah biasa menemukan kontak WhatsApp recruiter pada iklan lowongan. Tapi apakah itu artinya kamu bisa menggunakan nomor WhatsApp ini untuk menanyakan tentang lowongan pekerjaan kepada recruiter?

1 dari 2 halaman

Menanyakan Lowongan Kerja via WhatsApp

Sebagian besar recruiter memang menyertakan kontak WhatsApp mereka di dalam lowongan pekerjaan yang mereka sebar. Tapi hal ini tidak selalu berarti bahwa mereka siap sedia untuk menjawab berbagai pertanyaan pelamar terkait lowongan pekerjaan tersebut. 

Seperti yang diketahui recruiter juga punya banyak tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan. Mereka tentunya tidak punya waktu untuk menjawab satu persatu pesan yang masuk melalui WhatsApp ini.

Melansir Cermati, CEO dan Founder Ducci & Associates Jackie Ducci mengatakan bahwa menanyakan lowongan pekerjaan melalui WhatsApp memang dianggap kurang tepat, karena beberapa alasan berikut:

  • Komunikasi via WhatsApp kurang formal
  • Sulit membangun komunikasi yang tepat melalui pesan teks.
  • Sulit menebak sikap dan juga perasaan recruiter di balik teks yang kamu kirimkan kepada mereka.

2 dari 2 halaman

Tips Menanyakan Lowongan Pekerjaan via WhatsApp

Meski kurang tepat, dalam beberapa kondisi tertentu, kamu bisa saja melakukan hal tersebut. Tentunya dengan cara yang lebih tepat dan bijak seperti di bawah ini:

  • Jangan Jadikan Kontak Utama
    Jangan jadikan WhatsApp sebagai langkah utama mendapatkan pekerjaan. Setidaknya, kamuharus berusaha mendapatkan informasi pekerjaan melalui media lainnya terlebih dahulu, seperti website resmi perusahaan, job site, atau bahkan media sosial perusahaan yang bersangkutan.

    Kalau hal tersebut tak membuahkan hasil, barulah kamu bisa menjadikan WhatsApp sebagai pilihan terakhir.

  •  

    Pakai Bahasa Formal dan Profesional
    Pastikan kamu menggunakan kata-kata yang tepat dan formal, sebagaimana ketika berkomunikasi dengan pihak perusahaan melalui email. Jangan lupa hindari typo dan penempatan kata yang tidak tepat.
  • Singkat, Padat, Jelas
    Hindari pesan yang terlalu panjang di WhatApp, sebab ini akan membuat recruiter bingung atau bahkan malas untuk membacanya.
  • Fast Response
    Kamu harus selalu siap menunggu dan tidak membiarkan pesan mereka begitu saja. Segera respon pesan yang datang dari recruiter, agar kamu bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait pekerjaan tersebut.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya!

Beri Komentar