Gak Punya Pengalaman Kerja? Tenang, Cantumin Ini Aja di CV!

Reporter : Mila Ismiranda
Sabtu, 9 Januari 2021 09:57
Gak Punya Pengalaman Kerja? Tenang, Cantumin Ini Aja di CV!
pengalaman kerja bukanlah satu-satunya penentu ya!

Ketatnya persaingan kerja jadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi para pelamar. Semakin banyak pelamar, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan juga bakal semakin kecil.

Hal ini bahkan semakin sulit, kalau ternyata kamu masih menjadi fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja sama sekali. Gak bisa dipungkiri, pengalaman kerja jadi salah satu pertimbangan perusahaan dalam merekrut karyawan.

Terus gimana nih nasibnya kalau belum punya pengalaman kerja?

Tenang, beberapa lowongan terbuka lebar untuk fresh graduate, sehingga kamu punya peluang untuk mendapatkan posisi di sana.

Selain itu, jangan lupa lengkapi CV kamu dengan tepat, agar perusahaan tetap memiliki pertimbangan lainnya untuk menerimamu sebagai karyawan. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu cantumkan di dalam CV, kalau kamu belum punya pengalaman kerja sama sekali.

1 dari 3 halaman

Pengalaman Volunteer

Gak Punya Pengalaman Kerja? Tenang, Camtumin Ini Aja di CV!Gak Punya Pengalaman Kerja? Tenang, Camtumin Ini Aja di CV! © shutterstock

Senang menjadi volunteer tentunya memberi kesan bahwa kamu orang yang aktif. Pengalaman sebagai volunteer atau sukarelawan ini bisa kamu jadikan sebagai pengganti pengalaman kerja di dalam lamaranmu. 

Hal seperti ini bisa jadi nilai lebih di mata perusahaan, karena mereka selalu menginginkan karyawan yang loyal dan bisa bekerja dengan maksimal di dalam sebuah tim. Jika melihat pengalamanmu sebagai seorang relawan, peluang kamu untuk bergabung di perusahaan bakal lebih besar.

2 dari 3 halaman

Pengalaman Magang

Magang adalah salah satu aktivitas yang banyak dilakukan sebelum bekerja. Pada umumnya sebagian besar kampus akan menjadikan magang sebagai salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswanya. Tapi ada juga beberapa anak muda juga magang setelah mereka kuliah, tepatnya di sela-sela mencari pekerjaan. Saat magang kamu bisa merasakan dunia kerja yang sesungguhnya.

Kamu bisa menjadikan pengalaman magang ini sebagai pengalaman untuk melamar bekerja. Cantumkan di dalam CV supaya perusahaan bisa melihat pengalaman kamu sebelum bergabung dengan mereka. 

3 dari 3 halaman

Sertakan Sertifikat

Sertifikasi jadi salah satu tolak ukur kemampuan seseorang dalam bidang tertentu. Bukan hanya keahlian semata, tapi juga mendapatkan pengakuan yang jelas atas keahlian tersebut.

Hal ini bisa jadi nilai lebih di mata perusahaan, bahkan walaupun kamu belum punya pengalaman kerja sama sekali. 

Mulailah cari tahu standar apa yang lazim digunakan di dalam bidang yang kamu geluti. Kamu bisa mengikuti sertifikasi untuk berbagai keahlian tersebut. Ikuti sertifikasi yang sesuai bidangmu, supaya kamu bisa mengasah skill dan sekaligus mempermudah mendapatkan pekerjaan.

Pengalaman kerja memang sering menjadi pertimbangan perusahaan dalam merekrut karyawan. Tapi walaupun belum punya pengalaman kerja, kamu gak perlu ragu untuk mengirimkan lamaran ke perusahaan impianmu dengan tips-tips di atas. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Beri Komentar