Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar, untuk Melamar Pekerjaan dan Skripsi

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 12 Oktober 2022 07:22
Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar, untuk Melamar Pekerjaan dan Skripsi
Terdapat beberapa poin penting yang bisa digunakan untuk menulis daftar riwayat hidup. Simak baik-baik artikel ini, karena diadona akan membagikan tips-tips cara membuat daftar riwayat hidup yang baik

Daftar riwayat hidup merupakan seputar informasi jati diri yang kamu miliki. Namun, tidak semua informasi yang kamu miliki bisa ditulis dalam daftar riwayat hidup. Daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) ini merupakan salah satu syarat penting ketika kalian melamar suatu pekerjaan. Diadona bakal jelasin secara lengkap dan ringkas beberapa hal yang penting atau hal wajib mengenai cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan yang baik dan benar.

 

1 dari 3 halaman

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan

 Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaanCara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan © lifehack.org

Dilansir dari gramedia.com, ini dia cara membuat daftar riwayat hidup yang pertama, hal-hal apa saja yang perlu dan penting ada di dalam daftar riwayat hidup:

  • Identitas pribadi

Identitas pribadi termasuk nama lengkap, gelar, usia, alamat saat ini, social media, dan lainnya.

  • Pendidikan terakhir

Dalam menuliskan pendidikan terakhir kalian dapat menulis 2 pendidikan terakhir ya!

  • Pengalaman dan kemampuan

Tentu saja menuliskan pengalaman dan kemampuan sangat  penting ketika kamu akan membuat daftar riwayat hidup. Karena kedua hal ini lah yang dicari oleh recruiter. Kemampuan disini terdapat dua perbedaan yang dapat kamu tulis yakni hard skill dan soft skill. Kemampuan hard skill berisi kemampuan yang bisa diukur dan spesifik. Spesifik disini kemampuan yang sesuai dengan apa yang dicari oleh perusahaan ya! Untuk soft skill sendiri kemampuan yang memiliki sifat lebih general, misalnya memiliki komunikasi yang baik, kecerdasan sosial, dan lainnya.

Pengalaman bisa ditulis tentang berapa lama kalian telah bekerja di suatu bidang. Misalnya, menjadi script writer di perusahaan xx dari tahun 2019-2021. Tidak hanya itu, pengalaman kalian mengenai hal lain seperti telah menghandle berapa project, pengalaman yang bersifat kuantitatif juga bisa ditulis dalam daftar riwayat hidup, dan pengalaman organisasi.

Cara membuat daftar riwayat hidup yang kedua, informasi yang tidak perlu dimasukkan dalam daftar riwayat hidup:

  • Agama

Informasi mengenai agama tidak perlu dicantumkan pada daftar riwayat hidup kamu. Lihat dan perhatikan terlebih dahulu posisi yang akan dilamar. Karena biasanya banyak lowongan pekerjaan yang lebih memperhatikan dan mencari mengenai pengalaman dan kemampuan kerja pelamar.

  • Foto non formal

Disini jika kamu melamar pekerjaan dengan menyertakan daftar riwayat hidup menggunakan foto non formal, maka akan membuat recruiter tidak akan memperhatikan daftar riwayat hidup yang telah kamu apply lagi. Recruiter berfokus pada informasi penting tentang pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki. Selain itu, menggunakan foto non formal juga dirasa kurang pas dan tidak sesuai dengan standar profesional pekerjaan. Tips juga dari diadona, jika ada lowongan yang tidak menyebutkan untuk menggunakan foto, maka daftar riwayat hidup kamu tidak usah di beri foto. Namun, jika iya, berikan foto formal terbaik yang kamu miliki.

Cara membuat daftar riwayat hidup juga perlu memperhatikan design ya diazen! Tidak perlu yang berwarna-warni dan tidak harus keren. Yang terpenting daftar riwayat hidup kamu dengan jelas menerangkan pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki. Selain itu, gampang dibaca dan dipahami oleh recruiter juga menjadi point plus.

Selanjutnya diadona akan bagikan cara membuat daftar riwayat hidup di word, berikut penjelasannya

Ada dua cara membuat daftar riwayat hidup di microsoft word, yakni dengan menggunakan template dan tidak menggunakan template.

2 dari 3 halaman

Cara membuat daftar riwayat hidup di word menggunakan template

Yuk perhatikan gimana sih cara membuat daftar riwayat hidup di word menggunakan template di bawah ini!

  • Buka aplikasi microsoft word, lalu di halaman awal telah ada beberapa template yang telah dibagikan. Namun, jika tidak muncul di halaman awal kamu bisa mengklik file dan pilih ‘New’.

  • Unduh template yang telah kalian pilih secara online

  • Kemudian selesaikan daftar riwayat hidup kamu dengan mengubah-ubah beberapa kalimat dan lainnya sesuai dengan template yang tersedia dengan memasukkan beberapa data diri yang kamu miliki.

3 dari 3 halaman

Cara membuat daftar hidup di word tanpa menggunakan template

Ini dia nih cara membuat daftar hidup di word tanpa menggunakan template:

Menuliskan daftar riwayat hidup juga diperlukan ketika kalian sedang menyelesaikan skripsi. Hal ini penting karena penulis skripsi juga perlu diketahui asal-usulnya seperti profil dan biadotanya. Berikut cara membuat daftar riwayat hidup di skripsi

  • Daftar riwayat hidup di skripsi hanya perlu menjelaskan secara singkat tentang latar belakang pendidikan dan prodi atau jurusan yang kamu ambil di universitas, lalu di simpan menggunakan format pdf atau doc.

  • Paragraf pertama, bisa menulis perkenalan diri mengenai nama, TTL, nama orang tua, berapa bersaudara dll

  • Lalu dilanjut dengan menjelaskan latar belakang pendidikan dari sd sampai kuliah.

  • Kemudian tulis beberapa pengalaman atau prestasi yang kamu peroleh selama kamu menjadi mahasiswa

  • Bagian akhir bisa kamu tulis tentang pernyataan kamu bahwa telah berhasil menyelesaikan tugas akhir skripsi dengan baik. Tulis ucapan rasa syukur kepada tuhan serta kepada beberapa pihak yang telah membantu kamu menyelesaikan skripsi ini.

  • Kemudian beri foto yang formal di samping kiri dari paragraf riwayat hidup.

Itu dia beberapa cara membuat riwayat hidup yang bisa kamu ikuti untuk melamar pekerjaan maupun untuk keperluan skripsi. Perhatikan langkah-langkahnya ya!

Penulis: Safira Aulia Putri 

Beri Komentar