Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 46, Jadwal hingga Syarat yang Perlu Kamu Penuhi

Reporter : Nasa
Selasa, 27 September 2022 13:37
Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 46, Jadwal hingga Syarat yang Perlu Kamu Penuhi
Daftar Kartu Prakerja bisa kamu lakukan dengan syarat dan ketentuan berikut ini...

Program Kartu Prakerja merupakan upaya pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan yang ditujukan kepada para pencari kerja. Program ini sudah berlangsung sejak April 2020.

Menurut data yang dilaporkan oleh laman CNBC Indonesia, Selasa (27/9/2022), jumlah peserta program Kartu Prakerja sudah diikuti oleh setidaknya 12,8 juta peserta per Juni 2022 lalu.

Menjelang penghujung 2022, pendaftaran gelombang program kartu prakerja gelombang 46. Untuk mendaftar pada gelombang kali ini, kamu harus menyiapkan sejumlah syarat untuk memenuhi kriterianya.

Berikut merupakan cara daftar Kartu Prakerja gelombang 46:

1 dari 5 halaman

Cara Daftar Prakerja

1. Login www.prakerja.go.id
2. Siapkan Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan data diri lengkap.
3. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses verifikasi akun.
4. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
5. Setelah mengikuti tes secara online, klik 'Gabung' pada gelombang Kartu Prakerja yang dibuka.
6. Tunggu pengumuman lolos program Kartu Prakerja.

2 dari 5 halaman

Syarat Daftar Kartu Prakerja

1. WNI berusia 18 tahun ke atas.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.

5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

3 dari 5 halaman

Fakta-Fakta Kartu Prakerja yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Daftar Prakerja © Diadona

1. Peroleh Biaya Pelatihan Hingga Rp 7 Juta

Berdasarkan informasi yang diberikan Kemenko Perekonomian, Jumat (20/3/2020), besaran bantuan biaya pelatihan yang diterima oleh peserta bervariasi, hingga maksimal sebesar Rp 7 juta sekali seumur hidup. Pemerintah akan membayarkan biaya pelatihan itu kepada lembaga pelatihan melalui platform digital.

2. Boleh Pilih Jenis Pelatihan

Terdapat dua jenis pelatihan yang diberikan, yakni daring (online) maupun tatap muka (offline). Juga ada pilihan program pelatihan three in one berupa pelatihan, sertifikasi, dan penempatan yang tepat untuk pencari kerja.

Untuk setiap jenis program, pemerintah bersama platform digital menyeleksi lembaga pelatihan yang berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Para penyedia pelatihan dalam program Kartu Prakerja bervariasi, mulai dari lembaga pelatihan swasta, lembaga pelatihan pemerintah, training center industri, universitas, hingga institusi pendidikan vokasi.

4 dari 5 halaman

3. Bekerjasama dengan Platform Digital

Platform digital yang bekerja sama antara lain: Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker. Informasi terkini mengenai Kartu Prakerja sudah dapat diakses di situs resmi Kartu Prakerja (www.prakerja.go.id) mulai Jumat 20 Maret 2020. 

4. Diprioritaskan Bagi Pekerja dan Pencari Kerja Muda

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto menjelaskan kartu ini menyediakan biaya pelatihan bagi yang sedang mencari pekerjaan ataupun yang tidak sedang mencari pekerjaan.

" Jadi baik itu buruh, karyawan, korban PHK maupun lulusan SMA ataupun kejuruan yang berusia 18 tahun keatas, yang tidak sedang sekolah atau kuliah itu boleh mencaftar. Dan prioritas diberikan kepada pekerja muda, pencari kerja muda," jelasnya.

 

5 dari 5 halaman

5. Registrasi Dimulai Awal April 2020

Pemerintah memilih untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu sebelum para pencari kerja muda bisa mendaftar kartu ini. Sedangkan, registrasi akan dimulai pada awal April 2020.

6. Anggaran Rp 10 Triliun

Pada tahun anggaran 2020, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 10 triliun untuk sekitar 2 juta penerima manfaat program Kartu Prakerja. Dengan begitu, diharapkan ke depannya kompetensi pekerja dan pencari kerja dapat meningkat signifikan.

Lewat Kartu Prakerja, pemerintah pun akan mendorong lembaga pelatihan dan dunia usaha untuk saling bekerja sama, sehingga lulusan lembaga pelatihan menjadi lebih mudah memperoleh pekerjaan.

Nah itu dia cara daftar Prakerja yang sudah dihadirkan sama Diadona. Semoga ulasan kali ini bermanfaat, semoga beruntung ya!

Beri Komentar