Sudah Jadi Mahasiswa Tingkat Akhir, Mending Magang Dulu atau Langsung Skripsi ya?

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 19 November 2021 15:40
Sudah Jadi Mahasiswa Tingkat Akhir, Mending Magang Dulu atau Langsung Skripsi ya?
Curhatan seorang Diazens yang tengah dibingungkan dengan dua pilihan di akhir masa kuliah. Adakah yang memiliki permasalahan serupa? Yuk kita simak!

Dokter Dona, saya mau numpang cerita yaa.

Perkenalkan, nama saya Dera. Saya adalah seorang mahasiswa semester akhir. Saat ini saya sedang ada di tahap kebingungan, apakah sebaiknya saya ambil program magang terlebih dahulu atau langsung skripsi saja?

Jujur saya ingin lulus cepat, tapi juga ingin punya pengalaman kerja sebelum sarjana. Penghambatnya adalah ada sedikit ketakutan kalau kuliah jadi molor gara-gara magang.

Mohon masukannya ya, Dokter Dona yang baik. Terima kasih!

1 dari 5 halaman

Tanggapan Dokter Dona

Halo Dera yang sedang gamang, hehe. Terima kasih sudah menceritakan problemamu kepada kami ya. Sekarang Dokter Dona akan coba jawab pertanyaan hidupmu.

Seingat dan setahu Dokter Dona, kalau di masa kuliah dulu biasanya tahap magang selalu ada sebelum skripsi. Namun kalau melihat kebingungan Dera, maka Dokter Dona asumsikan kalau magang di jurusanmu bukanlah suatu kewajiban, melainkan sebuah pilihan. Bener nggak tuh?

2 dari 5 halaman

Dokter Dona merasa kalau dari dua pilihan tersebut memiliki poin yang sama-sama positif. Kalau cepat mengerjakan skripsi, kemungkinan untuk lulus tepat waktu sangat terbuka lebar sehingga Dera bisa langsung melanjutkan hidup ke tahap yang berikutnya.

Walaupun berpotensi membuat masa kuliah jadi lebih panjang, namun mengambil program magang pun bukan keputusan yang buruk. Sebab, masa molor kuliah tersebut diisi dengan kegiatan yang berfaedah, bukan sekedar nggak ngapa-ngapain.

Dengan pertimbangan tersebut, secara subyektif, Doter Dona lebih condong untuk memilih ambil program magang terlebih dahulu sebelum mengerjakan skripsi.

3 dari 5 halaman

Kalau Dera masih bingung, coba refleksikan kembali ke dirimu sendiri. Apakah Dera tipikal orang yang bisa fokus pada satu hal dan menyelesaikannya dengan cepat? Kalau jawabannya iya, maka langsung mengerjakan skripsi adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa tetap mencari program internship di masa menunggu wisuda nanti kok.

Namun kalau Dera adalah tipikal orang yang masih sering bingung memulai sesuatu, nampaknya magang bisa sangat membantumu. Saat magang, Dera akan dihadapkan pada suatu pekerjaan yang terikat pada standar operasional sehingga mau tidak mau kamu harus menjadi orang yang disiplin.

Selain itu, setelah magang Dera juga masih harus membuat laporan magang, yang mana bisa diposisikan sebagai pemanasan jelang menyusun skripsi.

4 dari 5 halaman

Nah, Dokter Dona sudah beberkan beberapa hal yang bisa mencerahkan kamu. Sekarang giliran Dera yang menentukan pilihan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas.

Semoga jawaban ini bisa membantumu, ya!

Beri Komentar