3 Cara Membuat CV di HP Android Online, Gratis!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 12 Oktober 2022 10:41
3 Cara Membuat CV di HP Android Online, Gratis!
Gak perlu khawatir, kini dengan menggunakan HP, kamu sudah bisa bikin CV secara online dan gratis. Yuk simak cara membuat CV di HP dengan mengikuti langkah-langkahya di bawah ini

Curriculum Vitae atau CV menjadi hal penting yang kamu harus miliki ketika mendaftar sebuah pekerjaan. Di dalam CV kamu dapat mencantumkan detail biografi diri, Riwayat Pendidikan serta skill kamu.

Saat ini, kamu dapat membuat CV secara praktisi tanpa takut kesusahan. Jika kamu tidak memiliki Laptop, kamu bisa membuatnya di smartphone kamu dengan mudah.

Ada banyak jenis CV yang dapat kamu buat. Pada saat ini, umumnya bentuk CV didesain seperti infografis. Kamu juga bisa membuat CV ATS yang lebih sederhana.

Kamu bisa membuat beragam jenis CV di smartphone kamu dengan mudah secara online maupun offline. Berikut diadona rangkumkan beberapa cara membuat CV di HP dengan praktis dan pastinya gratis.

 

1 dari 3 halaman

Cara Membuat CV di HP dengan Canva

Untuk membuat CV di smartphone, kamu bisa membuatnya dengan aplikasi Canva. Kamu bisa  membuatnya dengan cepat dan mudah. Canva sendiri merupakan platform pembuatan desain grafis dan juga konten publikasi. 

Di Canva, ada banyak fitur yang dapat mendukung kamu dalam membuat CV. Kamu bisa menggunakan beberapa template yang disediakan. Berikut, cara membuat CV di hp dengan Aplikasi Canva.

  1. Pertama, kamu dapat mengunduh terlebih dahulu aplikasi Canva di PlayStore.
  2. Login jika sudah memiliki akun, jika belum kamu dapat mendaftar terlebih dahulu dengan email.
  3. Selanjutnya, kamu bisa memilih jenis template yang ingin kamu gunakan. Pilih template berjenis CV atau Resume.
  4. Setelah itu, pilih template yang menarik sesuai selera kamu.
  5. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengisi data diri, Pendidikan, pengalaman, serta keahlian kamu sesuai dengan template.
  6. Kamu juga dapat mengedit desain sesuai template sesuai keinginan.
  7. Jika sudah, simpan dalam bentuk PDF pada menu “ simpan” di bagian atas kanan.

 

2 dari 3 halaman

Cara Membuat CV di HP dengan Website

Ada cara lain yang dapat digunakan untuk membuat CV di HP. Kamu bisa membuatnya tanpa perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Cara ini dapat kamu lakukan secara online dan tentunya gratis. Berikut Diadona rangkumkan cara membuat CV di HP online gratis.

  1. Beberapa website yang bisa kamu akses untuk membuat CV online antara lain: cakeresume, resume.com, resume.id, cvmaker.co.id, dan lain – lain. 
  2. Di Situs tersebut kamu dapat memilih beberapa template yang disediakan. Pilih salah satu template dengan desain menarik sesuai selera.
  3. Jika sudah memilih, kamu hanya perlu mengisi data diri sesuai template.
  4. Selanjutnya, jika kamu ingin mendesain lebih lanjut seperti menambahkan foto atau elemen lain, kamu dapat mengeditnya.
  5. Kamu juga bisa melihat preview desain CV kamu.
  6. Jika sudah, simpan file tersebut dalam bentuk PDF.

 

3 dari 3 halaman

Cara Membuat CV di HP dengan WPS Office

Aplikasi selain canva yang bisa kamu gunakan adalah WPS Office.  WPS Office sendiri memiliki beberapa layanan yang bisa diakses seperti, spreadsheet, writer, dan juga presentation. Aplikasi ini memiliki kemiripan fungsi dengan Microsoft office. Namun, yang membedakan WPS Office adalah aplikasi ini dapat digunakan secara gratis serta tersedia untuk versi mobile. Kamu bisa mengaksesnya menggunakan smartphone kamu. Berikut Diadona rangkumkan cara membuat CV di HP dengan WPS office.

  1. Pertama, download dan install terlebih dahulu aplikasi WPS Office di playstore.
  2. Setelah selesai, buka aplikasi dan masuk di halaman utama WPS, kemudian klik simbol plus yang ada di kanan bawah.
  3. Kemudian, pilih “ doc” lalu gulir ke bawah dan pilih “ resume”.
  4. Selanjutnya, pilih template yang ingin kamu gunakan.
  5. Setelah selesai memilih, kamu dapat memasukkan data diri kamu sesuai dengan template CV. Biasanya berisi data diri seperti Pendidikan, pengalaman kerja, skill, dan lain sebagainya.
  6. Kamu bisa mengedit jika terdapat kolom yang tidak sesuai dengan keinginan kamu.
  7. Langkah terakhir, masukkan foto kamu pada CV.
  8. Cek Kembali kelengkapan data CV, koreksi kalimat dengan benar.
  9. Setelah selesai, kamu bisa menyimpannya dalam bentuk PDF.

Bagaimana? Cara membuat CV di HP sangat mudah dan cepat bukan? Kamu bisa menggunakan kedua aplikasi tersebut serta mengakses website dengan gratis. Jadi, tidak perlu khawatir lagi ketika ingin membuat CV di smartphone. Kalau begitu selamat mencoba ya, Diazen!

Penulis: Rafli Husein

Beri Komentar