Cara Membuat CV Menarik Menggunakan Microsoft Word, Tips beserta Contohnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 19 Oktober 2020 20:56
Cara Membuat CV Menarik Menggunakan Microsoft Word, Tips beserta Contohnya
Sebagai brosur promosi dirimu, sudah jelas banget kamu harus tahu gimana cara membuat CV menarik untuk para HRD.

Salah satu tips paling ampuh biar lamaran pekerjaan kamu diterima adalah dengan cara membuat CV menarik. Karena bisa dibilang CV adalah brosur untuk kamu berjualan skill kamu kepada perusahaan. Aduh, jangan sampai deh CVkamu berakhr di keranjang pembuangan sampah para HRD.

CV atau curriculum viate adalah kontak pertama kalmu dengan calon pemberi kerja kamu. Cv kudu ringkas, disajikan dengan format yang mudah dibaca dan menggunakan format sederhana. Selain itu, CV kudu mengandung poin-poin tajam yang memuat informasi tentang kamu.

Untuk memastikan CV kamu kali ini berhasil memikat HRD, simak aja yuk tips dan cara membaut CV menarik berikut yang Diadona kumpulkan dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat CV Menarik di Word

Cara Membuat CV MenarikCara Membuat CV Menarik © 2020 Bram Naus on Unsplash

Eits, sebelum ke gimana cara membuat CV menarik, kamu kudu tahu dulu nih informasi apa yang yang kduu disertakan dan CV kamu.

Nama, Alamat dan Detail Kontak

Buat daftar detail kontak yang bisa dihubungi oleh perusahaan dengan mudah dan kapan aja. Pastikan ditampilkan secara jelas ya, serta pastikan nggak ada salah ketik.

Perkenalkan Diri

Untuk cara membuat CV yang menarik, perkenalan diri kamu juga kudu keren nih. Kasih sorotan pada pengalaman kerja atau skill kamu yang nantinya membuat kamu menonjol pada posisi yang kamu lamar.

Rangkum Skill Kamu

Gunakan poin-poin yang singkat untuk membuat daftar ketrampilan dan pengalaman yang kamu miliki secara spesifik dan relevan dengan jabatan yang akan kamu lamar. Ingat, HRD bakalan membaca dengan cepat CV kamu sehingga kamu kudu tahu gimana cara membuat CV menarik.

Pengalaman Kerja yang Relevan

Bagian ini kudu menyertakan riwayat pekerjaan dalam urutan yang paling baru, termasuk pekerjaan sebagai relawan yang ada hubungannya dengan pekerjaan yang akan kamu tuju. Untuk cara membuat CV menarik. tambahin juga tentang tanggung jawab utama dalam pekerjaan-pekerjaan tersebut ya.

Tuliskan Pencapaian

CV adalah peluang kamu buat 'menjual diri' dan menunjukkan kenapa sih kamu yang paling sesuai dengan jabatan tersebut, jadi penting banget untuk memasukkan apa aja yang udah kamu raih dan apa aja yang kamu lakukan untuk membuat pencapaian yang signifikan.

Daftar Pelatihan, Pendidikan atau Kursus

Bikin daftar pendidikan apa aja namun hahya yang relevan dengan peran yang kamu lamar, diurutkan dengan yang paling terbaru.

Penghargaan

Siapa tahu kamu pernah mendapatkan penghargaan yang akan membuatmua mendapat nilai lebih di mata HRD, maka nggak ada salahnya kamu sertakan lho. Ini bakalam ampuh banget dalam cara membuat CV menarik.

Hibah atau Beasiswa

Kalau kamu mendapatkan beasiswa karena berprestasi, poin ini bakalan keren banget untuk cara membuat CV mu menarik.

Lisensi dan Sertifikat

Cantumkan nama lisensi atau sertifikat keahliah yang berkaitan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar, tanggal kamu mendapatkannya dan institus yang memberikannya.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat CV Menarik di Word 2019

Hal lain yang nggak kalah penting dalam cara membaut CV menarik, yakni

Pertahankan Sedikit Halaman

Penelitian membuktikan kalau rata-rata HRD cuman menghabiskan waktu 10 detik aja untuk meninjau CV kamu. Makanya dalam cara membuat CV menarik, penting untuk menjaganya seramping dan seringkas mungkin.

Tampilan Profesional

Karena HRD cuman punya waktu singkat untuk meninjau CV kamu, maka jangan bikin mereka susah membacanya. Permudah mereka dengan tampilan berikut ini

  • Font : Helvetica, Calibri, dan Cambria
  • Ukuran font antara 12 sampai 14
  • Jarak yang tepat
  • Nggak lebih dari enam 'bullet point di masing-masing kategorinya
  • Margin sekitar 1
  • Format rata kiri dan kanan

3 dari 3 halaman

Cara Membuat CV Menarik

Kalau kamu butuh bantuan gimana cara membuat CV menarik dengan Microsoft Word, kayaknya kamu kudu memulainya dengan memakai template. Kenapa?

Template mmebantu kamu menunjukkan gimana cara mengatur tata letak CV, juga ngasih tahu kamu nih mana informasi yang harus disertakan dan mana yang tidak.

Template dalam cara membuat CV menarik bisa kamu akses dari komputer kamu melalui langkah-langkah berikut ini:

Buka Microsoft Word, klik 'New from Template'

Ketik 'CV' di bilah pencarian dan kamu baklan langsung disuguhi banyak banget template menarik. Pilih mana yang cocok untuk industri yang kamu lamar.

Terkahir, pilih template tersebut dan Microsoft Word bakalan meluncurkan template siap pakai tersebut.

Cara Membuat CV Menarik di Microsoft Word dari Template Online

Untuk pilihan yang lebih banyak lagi, kamu bisa mendownlod template dari situs Microsoft Word sendiri. Begini nih caranya

Kunjungi Microsoft Template 

Trus telusuri 'CV' di bilah pencarian atau 'Free CV' yang bisa kamu download secara gratis.

Klik pada judul dokumen yang kamu minati untuk melihat pratinjaunya.
Selanjutnya, klik tombol 'Unduh' trus ikuti petunjuk untuk mengunduh template CV ke komputer kamu. Trus edit dengan data diri kamu nih.

Saat mengunduh template dalam cara membuat CV menarik, pastikan kalau templatenya sesuaid engan versi Microsoft Word yang kamu miliki ya!

Kayak begini nih contoh hasildari cara membuat CV menarik melalui template Microsoft Word.

Cara Membuat CV MenarikCara Membuat CV Menarik © 2020 templates.office.com/

Cara Membuat CV MenarikCara Membuat CV Menarik © 2020 templates.office.com/

Cara membuat CV menarik harusnya sudah kamu ketahui begitu kamu lulus dan mencari pekerjaan. Susah-susah gampang dalam menyusunnya, tapi jangan menyerah ya! Promosikan dirimu ke perusahaan dengan CV yang keren.

Beri Komentar