Cara Cek Nilai UTBK 2023 dan Langkah Mengunduh Sertifikatnya

Reporter : Riza Umami
Senin, 26 Juni 2023 22:10
Cara Cek Nilai UTBK 2023 dan Langkah Mengunduh Sertifikatnya
Ini nih cara cek nilai UTBK 2023.

Hasil Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 untuk penerimaan perguruan tinggi telah tersedia bagi para peserta yang telah mendaftar. Pada hari ini, Senin (26/6/2023), peserta dapat melihat hasilnya.

Dikutip dari laman liputan6.com, para peserta juga dapat melihat nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer atau yang disingkat dengan UTBK 2023 dan mengunduh sertifikatnya.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Laptop © Diadona

Hasil dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) ini pun nantinya akan digunakan untuk mendaftar ulang bagi peserta yang diterima, sedangkan untuk yang tidak lolos hasil UTBK ini berguna untuk mendaftar ke PTN melalui jalur mandiri.

Pengunduhan sertifikat dan akses ke hasil nilai UTBK dapat dilakukan hingga tanggal 31 Juni 2023. Baik peserta yang lolos maupun yang tidak lolos dapat sama-sama mengaksesnya.

Untuk cara cek nilai UTBK 2023, peserta dapat mengunjungi situs resmi Kemdikbud di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Langkah-langkah yang lebih rinci akan dijelaskan dalam artikel berikut. Ini informasi lebih lanjut yang kamu perlukan.

2 dari 4 halaman

Cara Cek Nilai UTBK 2023

Cara Cek Nilai UTBK 2023 © Diadona

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk mengakses dan melihat skor nilai dari hasil UTBK-SNBT yang telah kamu ikuti sebelumnya. Ini nih langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs resmi Kemdikbud di https://portal-snpmb.bppp.kemdidkbud.go.id/.
  2. Login ke dalam situs menggunakan akun email dan password yang telah terdaftar sebelumnya.
  3. Setelah berhasil login, cari opsi 'Unduh Sertifikat' dan klik pada bagian tersebut.
  4. Selanjutnya, temukan dan klik opsi 'Lihat Sertifikat Hasil'.
  5. Setelah itu, pilih opsi 'Unduh Sertifikat Hasil'.
  6. Simpan file 'Sertifikat Hasil' di tempat penyimpanan berkas yang kamu inginkan.
  7. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan dapat mengakses dan menyimpan sertifikat hasil UTBK-SNBT dengan mudah.

Sertifikat UTBK SNBT ini nantinya akan digunakan saat mendaftar ulang di PTN yang kamu tuju bagi para peserta yang telah dinyatakan lolos melalui jalur tersebut.

3 dari 4 halaman

Seleksi untuk Jalur Mandiri

Ilustrasi Laptop © Diadona

Bagi peserta yang tidak berhasil lolos usai mengikuti cara cek nilai UTBK 2023, tidak perlu merasa putus asa atau kecewa, karena masih ada pilihan lain yang dapat dicoba, yaitu melalui seleksi jalur mandiri.

Kamu juga tetap memerlukan sertifikat UTBK SNBT yang akan digunakan untuk mendaftar ke PTN lain dengan jalur mandiri.

4 dari 4 halaman

Seleksi jalur mandiri umumnya dibuka oleh universitas yang ingin dituju, oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan informasi terkait dengan hal ini.

Yang terpenting, siapkan dulu segala keperluan dan mental untuk mengikuti seleksi jalur mandiri. Semangat terus dan jangan mudah menyerah ya. Itulah cara cek nilai UTBK 2023, semoga berguna.

Beri Komentar