Bukannya Atasan, Rekan Kerja yang Nggak Suportif Justru Penyebab Timbulnya Stres!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 9 Juni 2020 10:15
Bukannya Atasan, Rekan Kerja yang Nggak Suportif Justru Penyebab Timbulnya Stres!
Nggak nyangka bisa begitu..

Biasanya, saat kita mengalami stres ketika menghadapi pekerjaan, kita cenderung menyalahkan atasan. Nggak salah sih, tapi ternyata atasan bukan satu-satunya penyebab stres yang kita alami di tempat kerja.

Para peneliti di Tel Aviv University telah melakukan penelitian selama bertahun-tahun pada responden dari berbagai bidang pekerjaan. Hubungan dengan rekan kerja, atasan, budaya kerja, bahkan kondisi kesehatan responden pun telah dipantau secara ketat.

1 dari 3 halaman

Hasilnya, stres di tempat kerja bukan dipengaruhi oleh bos yang buruk atau jam kerja yang berlebih. Faktor rekan kerja yang nggak suportif justru memberikan pengaruh paling buruk terhadap kesehatan pekerja.

Studi yang dimuat dalam jurnal Health Psychology ini menyatakan bahwa sebenarnya kita memerlukan dukungan sosial dari rekan kerja.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Bertengkar dengan Rekan Kerja © Diadona

Mengutip dari Times of India, studi serupa pernah dilakukan pada karyawan TINY pulse dan menunjukkan kesimpulan yang serupa. Kebahagiaan seorang pekerja berhubungan secara langsung dengan rekan-rekannya, bukan dengan sang atasan.

Sedangkan penelitian lain menyimpulkan bahwa sekitar 62% karyawan justru merasa tertekan dengan keberadaaan sang rekan kerja daripada bosnya sendiri.

Beri Komentar