Biar Ga Dicap Kurang Prefesional, Gimana Cara Pisahkan Urusan Personal dan Kerjaan?

Reporter : Mila
Senin, 8 Juni 2020 12:57
Biar Ga Dicap Kurang Prefesional, Gimana Cara Pisahkan Urusan Personal dan Kerjaan?
Karena urusan personal dan kerja ga boleh dicampur aduk!

Meskipun fase the new normal ini sudah memperbolehkan beberapa pekerja masuk kantor, tapi beberapa yang lain masih harus tetap bekerja dari rumah alias work from home.

Tentunya, bekerja dari rumah punya banyak tantangan dan distraksi dibanding kerja dari kantor. Salah satunya adalah masalah personal, terutama dengan orang-orang di rumah. Padahal, kedua hal ini harus dipisah. Kalau kamu nggak tau cara memisahkan urusan personal dan kerja, bakal kacau deh. Jadi, kita kasih tipsnya ya!

 

1 dari 3 halaman

Komunikasi

Memisahkan Urusan Personal dan Kerjaan © Diadona

Adanya rapat atau pertemuan secara virtual sudah menjadi bagian dari WFH. Untuk meminimalisir distraksi dan gangguan, ada baiknya untuk memberitahu orang rumah terlebih dahulu. Jika itu tidak berhasil, pindahlah ke tempat yang lebih sepi seperti pojokan ruangan misalnya.

2 dari 3 halaman

Atur Batasan Waktu

Memisahkan Urusan Personal dan Kerjaan © Diadona

Waktu untuk bekerja dan berkegiatan di rumah kalau bisa jangan sampai tercampur. Oleh karena itu aturlah waktu berapa jam kira-kira kamu akan fokus bekerja, selanjutnya luangkan waktu untuk orang-orang rumah.

3 dari 3 halaman

Istirahat

Memisahkan Urusan Personal dan Kerjaan © Diadona

Kerja dari rumah somehow bikin tambah lelah. Karena itu, ada baiknya ambil beberapa menit untuk istirahat kecil, agar badan dan pikiran kembali segar. Misalnya dengan menghirup udara segar, keluar kamar dan cuci muka, hingga minum air putih. Jangan lewatkan makan siang, karena perlu energi kembali.

Hindari untuk memaksakan diri jika sudah lelah. Jam kerja yang berlebihan juga kurang bagus untuk tubuh dan pikiran.

Semoga tips di atas bermanfaat ya!

Beri Komentar