Bukan Perkara Gaji, Hal-Hal ini yang Justru Melemahkan Semangat Karyawan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 30 April 2020 11:15
Bukan Perkara Gaji, Hal-Hal ini yang Justru Melemahkan Semangat Karyawan
Kalo bukan gaji, terus apa dong?

Sebagian besar orang pasti beranggapan bahwa gaji memiliki peran penting dalam semangat karyawan saat bekerja. Ternyata hal ini nggak sepenuhnya benar lho.

Mengutip dari The Ladders, manajemen di kantor juga bisa memengaruhi semangat karyawan. Manajemen yang buruk sudah pasti memberikan efek negatif pada karyawan.

Studi yang dimuat dalam American Psychological Association mengungkapkan bahwa karyawan yang merasa terkekang dalam pekerjaannya bisa saja mengalami kecemasan bahkan depresi. Lantas hal apa aja sih yang bisa melemahkan semangat karyawan? Simak ulasan berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Overworking

Banyak manajemen yang seringkali atau bahkan mengharuskan karyawan memiliki jam kerja berlebih. Nyatanya, overworking justru membuat karyawan tidak produktif.

The Ladders mengungkapkan bahwa ketidakseimbangan antara jam kerja dan kompensasi yang diterima justru bisa membuat karyawan tergoda mencari pekerjaan lain yang lebih manusiawi.

2. Kemajuan Karier Dihambat

Mungkin hampir semua karyawan ingin memajukan kariernya, tapi sayangnya peluang tersebut tidak terbuka bagi semua kalangan. Manajemen yang buruk seringkali berusaha menahan peluang tersebut, sehingga tak mengherankan jika hal ini menjadi penyebab padamnya semangat kerja karyawan.

2 dari 3 halaman

3. Sering Disalahkan di Depan Umum

Pernahkah kamu disalahkan di depan tim atau justru di depan karyawan lain? Ternyata, hal tersebut akan membentuk kultur kerja yang penuh rasa takut dan kecemasan. Akibatnya, karyawan tersebut tidak akan bisa meraih performa yang optimal karena terus dibayangi ketakutakan akan kesalahan.

4. Ancaman Pemecatan

Setiap karyawan sudah sepantasnya dihormati dan dihargai agar kinerjanya pun bisa membaik. Tapi sayangnya ada beberapa manajemen yang menggunakan ancaman pemecatan guna mengendalikan sang karyawan.

Hal tersebut dimaksudkan agar karyawan bisa bekerja lebih baik. Tapi karyawan yang tegas justru akan menggunakan kesempatan ini untuk menemukan pekerjaan lain yang bisa menghargai kerja keras mereka.

3 dari 3 halaman

5. Dilarang Mengejar Passion

Setiap karyawan pasti memiliki passion. Tapi sayangnya banyak manajemen yang takut produktivitasnya akan berkurang jika sang karyawan lebih mengutamakan passion. Sedikit tidak masuk akal, tapi hal ini banyak terjadi di sekitar kita.


Sudah selayaknya manajemen memberikan perlakuan yang baik pada karyawan. Jika karyawan merasa dihargai di tempat kerjanya, sudah pasti mereka akan semangat bekerja dan menunjukkan kinerja yang optimal.

Beri Komentar