Mengejar Pendidikan Sambil Meniti Karir, Sepadan dengan Hasilnya Nggak sih?

Reporter : Mila
Jumat, 29 Mei 2020 10:57
Mengejar Pendidikan Sambil Meniti Karir, Sepadan dengan Hasilnya Nggak sih?
Harus lebih mengutamakan yang mana nih?

Untuk beberapa orang, memilih untuk terjun langsung ke dunia karir seringkali diambil daripada harus merasakan bangku kuliah terlebih dahulu. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari masalah ekonomi, hingga privilege.

Tapi sebenernya mana nih yang harus fokus untuk dijalani? Apa worth it untuk melakukan keduanya secara bersamaan?

1 dari 2 halaman

Mengejar Pendidikan dan Karir © Diadona

Well, untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang besar, dibutuhkan juga sebuah keahlian yang baik. Keahlian ini bisa didapatkan dari ilmu selama belajar di bangku kuliah. Dengan kata lain, jabatan yang tinggi idealnya harus berbanding lurus dengan pendidikan yang kita tempuh.

Oleh karenanya kalau kamu mendapatkan kesempatan untuk berkuliah, ambilah kesempatan itu ya.

2 dari 2 halaman

Tapi mungkin banyak orang yang akan bertanya 'apakah tidak bisa kuliah sambil bekerja?'. Tentu saja bisa. Kamu bisa mengambil pekerjaan sesuai minat bakatmu di perkuliahan, atau kamu juga bisa mengambil part-time yang tidak terlalu menganggu jam kuliah, seperti barista, penulis, ataupun guru les bimbel.

Hal ini juga bisa disebut sebagai meniti karir sejak dini. Dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan itu, kamu bisa membuka koneksi untuk dikemudian harinya. Bukannya nggak mungkin suatu saat akan ada orang yang ingat kamu dengan hal yang baik-baik. Sehingga dapat membantu untuk mendapatkan tawaran pekerjaan atau mempermudah dalam mencari pekerjaan.

Tapi perlu diingat lagi ya, dengan catatan keduanya baik perkuliahan maupun pekerjaan harus seimbang. Semoga informasi ini bermanfaat :)

Beri Komentar